Home / beaches / Menemukan Hidden Paradise di Halmahera Utara

Menemukan Hidden Paradise di Halmahera Utara

Buat kamu para traveller yang sedang mencari hidden paradise cocok banget nih buat datengin taman laut yang satu ini. Apalagi kalian yang hobi banget diving atau snorkeling karena Taman Laut Tobotobo beda banget sama wisata laut lainnya. Tempat ini memiliki laut yang sangat indah karena masih bersih dan jernih tanpa polusi air atau sampah yang mengganggu.Karena masih jarang wisatawan datang ke sini, kamu bakal ngerasa itu pulau milik sendiri deh! Ada beberapa fenomena langka serta berbagai spesies hewan endemis juga loh! Penasaran kan?

(sumber foto: aderiussero.web.ugm.ac.id)
(sumber foto: google.com)

Eitss, tapi kalian pada tau nggak tempat ini berlokasi di mana? Desa Tobotobo ini ada di Kecamatan Loloda Utara, Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Gimana? Masih cukup asing dengan daerahnya?

Supaya kamu lebih familiar, aku bakal ngasih tau cara untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Syarat utamanya, kamu harus punya jiwa #BeraniTraveling biar bisa sampe tujuan. Kalo udah berani dan niat, baru deh kamu bisa menggunakan penerbangan menuju Ternate yang apabila ditempuh dari Jakarta akan membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Pemandangan bandara yang terlihat dari dalam pesawat beberapa saat sebelum landing tampak agak berbeda dari bandara lain. Terlihat sangat bersih dan terdapat bukit dengan latar belakang langit cerah. Pemandangan seperti ini bisa didapatkan saat tiba di bandara Sultan Babullah ketika pagi hari.

(sumber foto: www.nusatravelguide.com)

Untuk melanjutkan perjalanan, kamu perlu menyebrang ke kota Sofifi selama 45 menit dengan mengeluarkan uang sekitar Rp350.000,- untuk charter speedboat. Setibanya di Sofifi, banyak mobil sewaan yang menunggu untuk mengantarkan ke kota Tobelo. Kamu harus mengeluarkan skill tawar menawarmu di sini karena harga yang mereka tawarkan cukup mahal. Kalau kamu jago, kamu pasti bisa mendapatkan harga yang sesuai. Meskipun perjalanan darat ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam, tapi kamu akan terhibur dengan pemandangan laut yang sangat indah selama perjalanan.
Terakhir, kamu harus menggunakan jalur laut dari pelabuhan Tobelo menuju Pulau Tobotobo menggunakan kapal penumpang. Perjalanan ini menghabiskan waktu sekitar 9 jam, cukup lama karena rute perjalanan nya berbalik arah sehingga harus mengelilingi bagian utara Kabupaten Halmahera Utara.

(sumber foto: pambontar.blogspot.com.id)

Terdengar rumit dan butuh perjuangan memang, makanya biar bisa menjelajahi pelosok Indonesia kamu harus punya jiwa #BeraniTraveling. Kalo kamu punya tekad dan mental yang kuat justru perjalanan ini malah bikin fun banget loh. Secara kamu bisa nempuh 3 jalur sekaligus tuh dari udara, darat, sampe laut sambil menikmati keindahan alamnya juga selama perjalanan. Lengkap deh! Lagipula, yang paling memorable saat liburan itu justru saat perjalanannya loh! Setuju nggak? Buat kamu yang masih newbie buat traveling ke tempat jauh atau gak mau ribet ngurus ini itu, kamu bisa daftar ke travel agent dan mengambil paket liburan ke sana. Udah mulai banyak kok yang menyediakan paket ke sana.
Pokoknya kalau sudah sampai di Tobotobo, rasa capek kamu pasti langsung hilang setelah melihat keindahan alamnya. Kamu bisa main bareng ikan-ikan hias di laut dengan diving atau snorkeling. Lalu melihat fenomena alam yang jarang ada di kota, seperti ribuan kelelawar yang ada di antara hutan bakau.

(sumber foto: www.google.com)
(sumber foto: www.east-indonesia.info)

Di sana juga ada tempat mandi burung merpati putih dan biru loh! Apalagi, Maluku Utara termasuk peringkat 10 daerah Endemic Bird Area terpenting di dunia. Daerah tersebut mencakup bagian barat Pulau Halmahera, termasuk Pulau Tobotobo ini. Pasti di sana terdapat beragam spesies burung endemik. Penasaran kan pemandangannya kayak apa? Nah, kamu harus buktiin sendiri dong buat dateng langsung. Yang penting harus #BeraniTraveling!

Pulau Tobotobo ini tidak cukup dinikmati hanya dalam sehari, kamu bisa menginap di rumah warga sekitar untuk tinggal lebih lama. Warga Tobotobo sudah terbiasa menerima wisatawan untuk menginap di rumahnya karena di pulau tersebut belum ada penginapan khusus wisatawan. Kamu malah bisa lebih dekat dengan penduduk asli Tobotobo, apalagi listrik juga masih sulit dijangkau. Jadi kamu pasti akan terhindar dari kebiasaan buruk gadget addict dan akan fokus menikmati hidden paradise dari Indonesia. Karena keadaan yang belum cukup modern juga, banyak warga yang masih menggunakan bahasa daerah untuk berkomunikasi. Tapi tidak sedikit juga penduduk yang fasih berbahasa Indonesia yang dapat menemani kamu traveling selama di sana. Intinya, gak akan rugi deh perjuangan kamu buat pergi ke Tobotobo. Semuanya akan terbayar dengan pengalaman yang gak bisa dinilai.

About nblslsbl

Check Also

Berani Travelling ke Negeri Para Raja

Bagi saya, keindahan Indonesia itu nomor SATU. Dan jika harus memilih bagian Indonesia yang paling …

Leave a Reply

WordPress spam blocked by CleanTalk.