Inilah 7 Summit Indonesia dan Keindahannya

1
38

Seven Summits Indonesia atau 7 gunung tertinggi dari 7 kepulauan di Indonesia, adalah satu konsep pendakian yang terinspirasi dari 7 World Summits yang digagas oleh Richard Bass, pendaki asal Tulsa, Oklahoma. Konsep ini diadaptasi oleh Hendri Agustin pada tanggal 20 November 2008 untuk gunung-gunung di Indonesia. Bagi para pendaki yang telah menyelesaikan pendakian ke 7 puncak tersebut, akan dicatat dalam book of record 7 Summits Indonesia setelah bisa menunjukkan bukti-bukti pendakian.

Penasaran dengan 7 puncak gunung tersebut? Mari kita simak, Sobat Jo.

  1. Gunung Jayawijaya, Papua

Gunung ini dahulu disebut Carstensz Pyramid, sesuai dengan nama penjelajah yang pertama kali melihat gletser di puncaknya, Jan Carstenszoon, di tahun 1623. Puncak dari gunung ini disebut Puncak Jaya yang terkenal dengan quote Salju Abadi, dan merupakan salah satu puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 4884 mdpl.

Gunung ini terkenal sebagai satu-satunya gunung di wilayah tropis dengan gletser dan puncak saljunya. Sayangnya, diperkirakan gletser dan salju tersebut akan hilang pada tahun 2022, dikarenakan pemanasan global.

 

  1. Gunung Kerinci, Sumatra Barat.

Inilah puncak gunung tertinggi di Sumatra. Puncak gunung Kerinci dinamakan Puncak Indrapura, berada pada ketinggian 3805 mdpl. Dari Puncak Indrapura dapat terlihat indahnya kota Jambi, Padang dan Bengkulu, serta pesona danau Gunung Tujuh dan matahari terbit yang memukau.

 

  1. Gunung Rinjani, NTB

Berada di gugusan kepulauan Sunda Kecil yang terbentang dari Bali hingga Nusa Tenggara dan Flores dengan ketinggian 3726 mdpl, Rinjani merupakan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Pesona pemandangan dan Danau Segara Anak di dalamnya sangat terkenal.

 

  1. Gunung Semeru, Jawa Timur

Adalah gunung tertinggi di pulau Jawa dengan ketinggian 3676 mdpl. Terkenal dengan danau Ranu Kumbolo yang sangat indah, puncak gunung Semeru disebut Puncak Mahameru, dengan kawahnya yang disebut Jonggring Saloko. Pendaki harus berhati-hati terhadap udara disekitar kawah ini, karena kawah terkadang mengeluarkan uap beracun.

 

  1. Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan

Puncak tertingginya disebut Rante Mario. Dengan ketinggian 3478 mdpl,  pegunungan Latimojong terbentang dari Selatan ke Utara, dan sebagian besar berada di tengah-tengah Sulawesi Selatan. Puncaknya ditandai dengan sebuah tugu bertuliskan Puncak Rante Mario. Di Rante Mario, pendaki dapat menikmati pemandangan dari puncak-puncak pegunungan Latimojong.

 

  1. Gunung Binaiya, Maluku Tengah

Terletak di pulau Seram, Maluku tengah, dengan ketinggian 3027 mdpl, ini adalah gunung tertinggi di kepulauan Maluku. Puncaknya disebut puncak Siale dan bisa dicapai dalam waktu 6 jam dari pelabuhan Wahai. Gunung Binaya memiliki hutan dengan tanaman eksotis yang beragam dan pemandangan dari puncak gunung yang memukau.

 

  1. Gunung Bukit Raya, Kalimantan Tengah
Source : backpackerjakarta.com

Disebut juga gunung Raya, gunung tertinggi di Kalimantan ini berada pada ketinggian 2278 mdpl dan puncaknya disebut puncak Kakam. Kawasan sekitarnya menjadi cagar alam, dan bersama-sama dengan Cagar Alam Bukit Baka di Kalimantan Barat menjadi Taman Nasional Bukit Baka-Bukit Raya. Banyak tumbuhan dan hewan eksotis yang hidup di dalam hutan gunung yang asri ini.

 

Writted by Dhee

1 COMMENT

WordPress spam blocked by CleanTalk.