#BeraniTraveling Ke Pulau Terluar Indonesia, Eksotisme Pulau Morotai

2
174
Sumber; Dokpri
Pasir Putih membentuk senyuman dan sapaan hangat dari bibir pasifik pulau Morotai

Siapa yang tak terpikat akan panorama pantai? Pantai jernih dengan deburan ombak dan hamparan pasir putih sehalus terigu sungguh membuat kita betah dan berlama-lama mencari inspirasi. Terkadang juga untuk rehat sejenak dari rutinitas padatnya aktivitas. Pantai memang lokasi eksotis untuk melepas penat dan lelah. Selama setahun belakangan ini penulis yang berprofesi sebagai dosen di kabupaten pulau Morotai tak henti-hentinya takjub akan keindahan alam bumi Moro ini.

Sumber; Dokpri
Wisata pantai pasir Putih Pulau Morotai
Sumber; Dokpri
Pulau Dodola di kabupaten Pulau Morotai menyimpan sejuta keindahan
Sumber ; Dokpri
Pulau Morotai dengan segala Keindahannya

Pulau Morotai merupakan salah satu pulau  terluar Indonesia yang sering dilupakan . Namun keindahan alam pesona laut serta gugusan terumbu karangnya membuat anda bisa takkan lupa bahwa Indonesia juga punya spot destinasi wisata laut yang tak kalah menarik dari beberapa destinasi lainnya seperti Raja Ampat, Bali atau Lombok.

Rute penerbangan menuju pulau Morotai dengan menggunakan pesawat kecil wings air  dari kota Ternate Maluku Utara menuju pulau Morotai dengan durasi 45 menit.  Dari Ternate menggunakan pesawat Wings Air. Penerbangan ini anda take of  pada pukul 12.00 dan landing pada pukul 13.00. Harga tiket saat ini berkisar Rp.400.000. Penerbangan ini berlaku setiap hari dan hanya sekali sehari jadwal penerbangan dari Ternate ke Morotai dan Morotai ke ternate.

Sumber; Dokpri
Rute Penerbangan ke Morotai Menggunakan pesawat Wings Air.

 

Suasana pulau Morotai, masih cukup sepi, asri dan sejuk. Untuk wisatawan yang menginginkan ketenangan dan hening Morotai layak di kedepankan. Umumnya penduduk morotai masih belum paham potensi wisata di daerah mereka sendiri.

Sumber; Dokpri
Jalan-jalan mulus di Morotai Cukup sepi dari kebisingan kota

Hal-hal kecil yang kalau di kota besar bisa di permak dan mendatangkan potensi spot wisata. Contohnya sebagai bagian dari sejarah perang dunia mobil tank bekas perang dunia ke 2 kini tak terawat dan hanya seperti besi tua yang teronggok. Padahal jika dipercantik dengan nilai sejarah dan tentu menghasilkan duit bagi penduduk setempat.

Wisata Pantai.

Wisata pantai adalah andalan bagi destinasi wisata pulau Morotai. Suasana pulau dengan deru ombak di pantai dan sapaan hangat biru laut yang memeluk pasir putih dipastikan menambah suasana romantis dengan alam. Ada beberapa spot-spot yang bisa dinikmati

Pulau Morotai mempunyai berbagai macam spot wisata menarik

Pulau dodola

 Ingin liburan ke pantai namun kadang terlalu ramai dan tidak bisa menikmati secara bebas saking padatnya lokasi wisata terlebih saat musim liburan.

Sumber ; Dokpri
Pulau Dodola berpasir putih dan Lembut

 Pulau Dodola di kabupaten pulau Morotai patut jadi destinasi wisata alternatif  sebab lokasinya masih relatif asri, sepi dan natural  dengan lautan terbentang luas dan dapat langsung menatap samudera pasifik.

Sumber; Dokpri
Langit Biru,dan air laut sebening ini membuat siapa pun seakan tak mau kembali ke rumah dan ingin menetap disini
Sumber; Dokrpi
Menyaksikan sunset

Deru Suara ombak dari laut mengalun lembut. Pulau ini cukup sensual di bibir pasifik.  Semburat jingga merah di waktu petang akan membuat siapa pun akan menatikan detik-detik pergantian waktu dari senja ke malam hari.

Sumber; Dokpri
di Pulau ini juga tersedia wahana Banana Boat
Pulau Morotai dengan apiknya

Keindahan alam terasa sempurna membuat  penulis terkesima. Sebab pulau ini adalah 2 pulau yang dipisahkan oleh deburan pasir putih yang menggoda. Kandang jika air laut surut kita bisa menyebarang leluasa ke pulau seberang hanya bertelanjang kaki.

 Pulau Zum-Zum

Pulau ini merupakan tempat peristirahatan tokoh penting perang dunia ke 2 Jendral Douglas Mc Arthur. Layaknya sebagai pulau pribadi sang Jendral disini bisa anda saksikan patung sejarah sang Jenrdral Mac Arthur yang berdiri tegak.

Sumber; Dokpri
Patung Jend. Douglas Mc Arthur. di Pulau Zum-Zum

 

Sumber; Dokpri

 Sungguh aduhai suasana di pulau ini. Pasir putih dan suasana alam yang sangat tenang dan nyaman tentu membuat sang Jendral begitu betah di masa lalu untuk beristirahat di pulau ini pada masa lampau.  Hal ini juga menjadi saksi sejarah akan keberadaan tokoh perang dan panglima Tentara Amerika di Filipina.

 

Wisata Sejarah

Sumber; Dokpri
Pulau Morotai adalah Pulau sejarah banyak pahlawan gugur dalam serangan Jepang dan Amerika

Wisata sejarah pulau morotai cukup apik tertata disini. Ada banyak warisan dari masa perang dunia ke 2 tersimpan rapi di museum. Tidak hanya itu butiran peluru dan amunisi bekas peninggalan tentara USA juga masih ada dan dikoleksi oleh salah satu warga  penikmat sejarah Muhklis Aso di rumahnya.

 

Pulau Zum-zum sebagai pulau bersejarah di Morotai

Selain benda peninggalan sejarah perang dunia. Di Pulau Morotai juga terdapat spot bersejarah dimana saat itu Jendral Douglas Mc.Arthur yang memimpin pasukan sekutu mengalahkan Jepang mempunyai tempat mandi khusus yang kini dikelola oleh pemda Morotai yakni air kaca.Air kaca adalah tempat beristirahat dan mencuci muka dengan segar.

Sumber; Dokpri
Objek Wisata Air Kaca merupakan tempat mandi Jendral Douglas Mc Arthur pada Perang Dunia Ke 2

 Segarnya air kaca masih bisa dinikmati hingga saat ini. Air kaca terletak di jalan poros melewati bandara. Tiket masuk ke air kaca cukup membayar Rp.5000 tiap orang. Setelah itu anda akan dipandu melewati lekuk-lekuk jalan menuju pusat kedalaman gua dimana air kaca terletak.

Sumber; Dokpri
Segarnya membasuh wajah di Air Kaca.

Menyusuri pahatan-pahatan alam bumi Morotai saja para pengunjung  pasti akan membayangkan bagaimana segarnya air yang ada di tempat ini. Ya, sejuk dan segar dan airnya jernih.

Sumber ; Dokpri
Jalan menuju Air Kaca

Selain menuju air kaca ada pula pesona alam yang indah yang patut anda kunjungi taatkala di pulau Morotai. Apalagi jika bukan pantai pasir putih yang menggoda siapa pun untuk berlarian dan menikmati panorama alam indah dan syahdu.

Hotel dan Penginapan.

Cukup banyak hotel dan penginapan kelas melati disini. Untuk menyewa penginapan dengan nuansa cottage dan  villa juga tersedia. D’aloha resot ini terletak di pantai tanjung dehegila. D’Aloha resort ini cukup nyaman. Cottage yang ada juga cukup bersih dan fasilitas seluruhnya  berfungsi dengan sempurna. Untuk ukuran daerah pulau terluar  tentunya ini hal ini sangat menakjubkan. Resort juga memiliki pemandangan langsung ke pantai  dan fasilitas  akses speedboat ke pulau-pulau wisata di sekitar pulau  Morotai seperti pulau dodola yang jadi ikon daerah ini.

Penginapan D’Aloha Resort…
Rumah dengan dinding kayu

Bagi turis yang backpacker tentunya anda bisa menemukan hotel murah meria kelas melati seperti Pacific INN, Dodola Hotel, dan Ria Hotel.

Tunggu apa lagi saatnya #BeraniTraveling dengan menjelajah Indonesia termasuk pulau-pulau terluarnya yang masih alami seperti pulau Morotai

2 COMMENTS

WordPress spam blocked by CleanTalk.