5 Hal Menakjubkan yang Bikin Anda #BeraniTraveling di Wisata Air Terjun Blangsinga Gianyar

3
1083
Air Terjun Blangsinga (Sumber: dokumen pribadi)

 

Pulau Bali merupakan destinasi idaman bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Banyak wisatawan yang merencanakan liburan (vacation) ke Pulau Bali  baik untuk acara honeymoon, bisnis maupun traveling ala backpacker.  Banyak tempat wisata dari pemandangan pantai hingga sejuknya pegunungan. Oleh sebab itu, keindahannya akan membuat anda #BeraniTraveling  ke Pulau Seribu Pura tersebut.

Salah satu destinasi menarik adalah Air Terjun Blangsinga (Blangsinga Waterfall). Setiap hari tempat wisata tersebut dipenuhi oleh pengunjung. Apalagi, tempat wisata tersebut masih tergolong baru, wisatawan menjadi penasaran ingin mengunjunginya.

Air Terjun Blangsinga terletak di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Jaraknya kurang lebih 15 km dari pusat Kota Denpasar atau 25 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Anda bisa menuju lokasi dengan kendaraan pribadi baik roda 2 maupun roda 4. Jika, dari arah Kota Denpasar, 200 meter sebelum Pasar Blahbatuh anda berbelok ke kanan menuju lokasi wisata. Kurang lebih 1 km, anda akan sampai di lokasi. Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat peta berikut ini:

Peta menuju Air Terjun Blangsinga (Sumber: google maps)

 

Air Terjun Blangsinga mempunyai beberapa hal menakjubkan yang membuat banyak pengunjung. Setidaknya, ada 5 hal menakjubkan Air Terjun Blangsinga, yaitu:

  1. Air Terjun Betingkat Tiga

Air Terjun Blangsinga mempunyai 3 tingkat. Setelah membeli karcis sebesar Rp 10.000,- dekat kawasan parkir, anda akan menuruni ratusan anak tangga terbuat dari semen. Anak tangga ini lumayan menguras tenaga. Tetapi, pemandangan pepohonan dan sejuknya udara mampu mengurangi rasa kekelahan. Apalagi, suara gemericik air terjun terdengar khas membuat anda lebih menyenangkan.

 

Menaiki anak tangga saat arah balik ke tempat parkir (Sumber: dokumen pribadi)

 

Saat anda menyelesaikan ratusan anak tangga, pemandangan aliran air sungai  Petanu berasal dari arah Tampaksiring merupakan tingkat teratas. Ingat, jangan sekali-kali mendekati spot turunnya air karena sangat berbahaya. Larangan keras ditandai penanda kain warna merah yang diikatkan pada kayu.

 

Bagian teratas air terjun (Sumber: dokumen pribadi)

 

Ingin menikmati tempat air terjun lebih dekat, anda bisa turun ke tingkat di bawahnya. Anda perlu menuruni kurang lebih 50 anak tangga yang terbuat dari besi. Di kawasan ini masih ada larangan agar tidak terlalu mendekat ke pinggir jurang. Apalagi, para pecalang (petugas keamanan Bali) sigap melarang anda jika “berbahaya”.

 

Bagian kedua air terjun (Sumber: dokumen pribadi)

 

Selanjutnya, turun ke tingkat terbawah, anda perlu menuruni kurang lebih 50 anak tangga kembali. Untuk mencapai spot jatuhnya air, anda harus melewati bongkahan batu. Pengelola Air Terjun Blangsinga menyediakan potongan kayu sebagai pijakan kaki. Sayangnya, pengelola belum memperbolehkan pengunjung untuk mandi di spot jatuhnya jutaan kubik air.

Menurut pengelola, kawasan jatuhnya air masih berbahaya sebagai tempat berenang. Tetapi, masih banyak pengunjung yang bandel ingin berenang di kawasan tersebut. Akibatnya, sang Pecalang menegur “keras” karena takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat musim hujan. Larangan tersebut “mungkin” berubah saat musim kemarau karena debit airnya “agak berkurang”.

 

Bagian utama air terjun (Sumber: dokumen pribadi)

 

  1. Air Suci (Holy Water) untuk Obat

Air Terjun Blangsinga mempunyai area “Holy Water” atau air suci. Di area ini sering dilakukan persembahyangan oleh masyarakat Hindu Bali. Kondisi tersebut ditandai dengan adanya tempat sesaji dari janur berupa canang. Area ini berada di tingkat teratas air terjun berbentuk seperti bak mandi kecil yang mempunyai pancuran kecil. Jika mau, anda bisa meminumnya langsung.  Air suci tersebut dipercaya bisa mengobati berbagai penyakit seperti pegal linu dan syaraf  kejepit.

 

Holy water (air suci) di bagian teratas air terjun (Sumber: dokumen pribadi)

 

  1. Banyak Spot yang Instagrammable

Air Terjun Blangsinga mempunyai spot yang instagrammable. Ada beberapa spot yang bisa membuat kunjungan anda lebih menakjubkan, seperti:

  1. Bagian atas air terjun yang berupa aliran air sungai Petanu. Kawasan ini sering digunakan para pengunjung untuk mandi saat ada larangan berenang di tempat utama jatuhnya air terjun . Anda pancuran air lumayan besar yang keluar di antara rimbunnya pepohonan. Saya melihat beberapa kali turis bule dan India mandi di kawasan ini. Pengunjung lokal juga memanafaatkan kawasan ini menjadi ajang fotografi.

 

Aliran air sungai Petanu (Sumber: dokumen pribadi)

 

  1. Kawasan dekat jatuhnya air terjun merupakan spot yang tidak bisa dilewatkan untuk menjadi momen terindah. Saya pun menyempatkan diri untuk mengambil jepretan kamera saat rasa kagum memandangi air terjun. Percikan air yang membentuk seperti uap air setiap saat menampar wajah saya tiada henti. Siapapun tidak ingin meninggalkan spot ini, bukan?

 

Tak henti-hentinya memandangi air terjun (Sumber: dokumen pribadi)

  1. Spot yang bertuliskan “I LOVE” yang tercetak dari semen di dekat jatuhnya air juga merupakan spot bagi pengunjung untuk mengabadikan momen indah. Saya melihat beberapa turis bule mengabadikannya melalui jepretan kamera. Spot dengan berlatar belakang air terjun atau pepohonan hijau menjadi menarik saat terekam dalam sebuah foto.

 

Spot I LOVE (Sumber: dokumen pribadi)

 

  1. Mengambil jepretan foto dengan berlatar belakang gambar “LOVE” yang berada di bagian lebih tinggi dari spot “I LOVE“ pertama tadi juga menarik untuk disinggahi. Anda bisa selfie atau wefie di spot yang bertuliskan “Waterfall in Love” ini. Lansekap Air Terjun Blangsinga dari ketinggian terlihat di bagian tengah gambar “LOVE” benar-benar indah.

 

Waterfall in Love (Sumber: dokumen pribadi)

 

  1. Tumpukan Batu Kali

Hal menakjubkan lainnya yang berada di Air terjun Blangsinga adalah banyaknya tumpukan batu yang dibentuk seperti menara. Bukan itu saja, kumpulan batu-batu kali yang dibentuk seperti ucapan ”I Love You” juga ada.  Anda bisa menikmati di area sungai yang merupakan kelanjutan aliran sungai dari tempat air terjun utama.

 

Tumpukan batu kali membentuk menara dan I Love You (Sumber: dokumen pribadi)

 

  1. Bisa Akses Langsung ke Air Terjun Tegenungan

Hal menakjubkan terakhir adalah akses langsung ke Air Terjun Tegenungan. Perlu diketahui bahwa Air Terjun Tegenungan dikenal lebih dahulu sebelum Air Terjun Blangsinga. Dan, fakta menakjubkan adalah anda bisa langsung menuju ke  Air Terjun Tegenungan melewati jalan tanjakan sisi kanan Air Terjun Blangsinga. Tentunya, saat melewati kawasan Air Terjun Tegenungan, anda perlu membayar tiket  masuk yang besarannya sama dengan tiket masuk Air Terjun Blangsinga. Seperti pepatah, ”sekali masuk,  dua wisata air terjun terlampaui”.  Asik, bukan?

 

Akses menuju Air Terjun Tegenungan (Sumber: dokumen pribadi)

 

Itulah 5 hal menakjubkan yang bisa anda dapatkan saat anda berkunjung ke Air Terjun Blangsinga. Jadi, saat anda berlibur ke Pulau Bali, anda wajib berkunjung ke tempat wisata menarik ini. Dapatkan pengalaman dan momen yang menakjubkan untuk liburan anda. Yuk, atur koper anda dan selamat traveling.

3 COMMENTS

WordPress spam blocked by CleanTalk.