#BeraniTravelling ke Malino, Kota di Sulawesi Selatan yang mempesona

0
213

Indonesia memiliki pesona alam yang luar biasa indah dan tersebar ke berbagai daerah-daerah di seluruh Indonesia. Setiap daerah juga pasti memiliki pesona dari objek wisatanya masing-masing. Kota ‘Anging Mamiri’. Begitulah julukan bagi ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan, Kota Makassar. Julukan ini diambil dari sebuah lagu daerah yang berarti “angin yang bertiup” dikarenakan Letak kota Makassar yang berada dekat dengan tepi pantai. Makassar memang identik dengan laut. Konon katanya, ada mitos yang beredar jika nenek moyang suku-suku yang ada di Makassar terkenal suka menjelajahi lautan, hingga ke lautan Afrika.

Makassar merupakan mutiara dari Sulawesi Selatan. Hal ini dibuktikan dengan Kota Makassar yang memiliki segudang objek wisata alam hingga kuliner yang menggugah selera. Ada banyak pilihan destinasi objek wisata yang tersebar di kabupaten di Sulawesi Selatan. Salah satu yang populer dan hits yang viewnya instagramable terdapat di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Tepatnya di Malino. Malino merupakan sebuah kota kecil Kabupaten Gowa yang merupakan penghasil beras terbesar di Sulawesi Selatan. Ciri khas dari Malino ini berupa pemandangan hutan pinus yang terlihat sejauh mata memandang, yang membuatnya menjadi destinasi wisata terfavorit bagi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Tak hanya itu, ada juga menyediakan destinasi wisata alam ala-ala Eropa yang memberikan sensasi seperti sedang berada di luar negeri.

Beberapa waktu lalu saat liburan, saya diajak oleh keluarga untuk #BeraniTravelling ke objek wisata alam yang ada di Malino. Perjalanan dari tempat saya ditempuh selama 3-4 jam. Namun, kelelahan itu seakan terbayar saat melihat pemandangan indah saat menempuh perjalanan. Pemandangan bukit-bukit hijau yang menyegarkan mata, jalanan yang berkelok-kelok, serta pepohonan hijau yang rimbun seakan menghilangkan kepenatan dan menemani perjalanan kami. Kami berencana menginap satu malam di sebuah villa di Malino dikarenakan kami sampai tepat pada tengah malam, dan membuat semua anggota keluarga lelah dan akan mengunjungi objek wisata di hari berikutnya. Disini saya mengunjungi dua macam tempat yang keduanya sangat indah dan wajib untuk dikunjungi jika kalian mengunjungi Sulawesi Selatan.

  1. Hutan Pinus Malino

Seperti yang sudah saya bilang diawal, Malino merupakan surganya pohon pinus. Disana sini pasti akan terlihat pohon pinus yang tumbuh berjejer menutupi daerah sekitarnya. Kawasan ini pun memiliki cuaca yang sangat sejuk, segar, serta menenangkan karena  berada di dataran tinggi. Pemandangan hijau akan terlihat dimana-mana.

Selain pemandangan pohon pinus, kita juga dapat menikmati spot-spot menarik lainnya, seperti wisata petik strawberry, wahana outbond, serta terdapat taman bermain bagi anak-anak.

Selain itu, disini juga ada yang menyewakan kuda, sehingga para pengunjung dapat merasakan sensasi berkuda sambil berkeliling menikmati pemandangan hutan pinus. Para pengunjung datang dari berbagai daerah ramai terlihat dimana-mana, bahkan ada yang mendirikan tenda beserta api unggun ditengah-tengah hutan pinus tesebut.

  1. Malino Highlands

Malino Highland ini merupakan objek wisata yang wajib dikunjungi jika kalian pelesir ke Sulawesi Selatan. Awalnya, Malino Highlands itu adalah aset kebun teh peninggalan masa penjajahan jepang, hingga kemudia disulap menjadi salah satu lokasi wisata yang sangat instagramable. Malino Highlands ini menawarkan sensasi wisata alam ala dataran tinggi dengan hamparan kebun teh di sekitarnya. Tidak hanya itu, disini juga ada kafe yang memiliki view yang sangat cantik dan mengesankan. Disini sangat cocok untuk menikmati pemandangan sunset yang indah.

Selain menyediakan pemandangan yang indah yang memanjakan mata, disini juga terdapat wahana-wahana lain seperti kegiatan outbond, bungee jumping, hingga menunggang kuda.

Ada juga kebun binatang yang didalamnya ada hewan-hewan khas Sulawesi serta hewan-hewan lain. Disini untuk memberikan makanan pada hewan-hewan yang ada disana harus didampingi oleh petugas, karena kebanyakan hewan masih liar dan masih jarang berinteraksi dengan manusia.

Kitapun juga dapat melihat pemandangan bunga-bunga yang indah, karena terdapat kebun bunga yang berisi lebih dari 100 jenis bunga yang berwarna-warni.

Dan yang tak kalah menariknya, terdapat Air Terjun yang untuk mencapainya harus berjalan kaki sekitar 600 meter. Namun saat saya berkunjung kesana, saya tidak dapat menikmati pemandangan air terjunnya karena saat itu sedang musim hujan. Karena ditakutkan akan terjadi hal yang tidak diinginkan jika menuju kesana saat cuacanya seperti itu.

Yuk, teman-teman yang suka travelling kunjungi Kota Malino, yang tak kalah indahnya dari daerah lain. Mari kita #BeraniTravelling untuk mengeksplor pesona-pesona Indonesia, khususnya menjelajahi daerah pelosok Indonesia yang masih jarang di ketahui.

WordPress spam blocked by CleanTalk.