Liburan mepet nyasar ke tiga kota

0
104

LIBURAN MEPET

 

Kenapa gue sebut liburan kali ini “Liburan Mepet”? Judulnya aja liburan mepet semuanya serba kepepet dan mepet dari drama banget yang ketinggalan kereta pas mau berangkat ke Tasikmalaya padahal cuma telat 2 menit, alhasil gue naik bus huft yaudahlah, keabisan duit pas lagi ngetrip, dan  waktu yang mepet mau masuk kuliah. Liburan mepet ini dimulai pas pertengahan Januari, sebenernya gue ngga ada rencana buat traveling tapi karena udah bosen parah dirumah terus, jadi gue #BeraniTraveling diwaktu yang mepet. Gue rencana solo traveling explore beberapa daerah di Jawa Barat ini kali kedua gue #BeraniTraveling sendiri. Ditulisan kali ini gue bakal jabarin destinasi yang gue kunjungi selama  explore Jawa Barat khususnya Tasikmalaya, Bandung, Sumedang.

 

TASIKMALAYA

Destinasi pertama gue yaitu Tasikmalaya. Selama tiga hari gue numpang di rumah temen yang kebetulan emang orang asli sana. Ini salah satu kampung budaya yang pengen banget gue datengin yaitu Kampung Naga.

                                  Kampung Naga 

Kampung Naga menjadi salah satu kampung yang masih mempertahankan kearifan lokal dan budaya leluhurnya. Kampung ini terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Perjalanan menuju Kampung Naga dari Tasikmlaya kota sekitar 1 jam 30 menit, desanya ada disebelah kiri jalan. Jangan lupa kalo mau masuk harus lapor dulu.

Kampung Naga adalah desa budaya yang ada di perbatasan antara Garut dan Tasikmalaya, untuk sampai kesana kita mesti menuruni anak tangga yang lumayan banyak. Gue sempet baca blog tentang review Kampung Naga. Jadi Kampung ini merupakan kampung adat yang masih lestari, masyarakatnya masih memegang adat tradisi nenek moyang mereka. Dan warganya juga menolak intervensi dari pihak luar seumpama itu mencampiri dan merusak kelestarian kampung.

Souvenir Kampung Naga 

Selama perjalanan menuruni anak tangga, ada yang menarik perhatian gue, nah ini juga salah satu kerajinan warga kampung Naga. satu lukisan kecil sepert itu dihargai 5rb aja terus kita juga bisa request ditulisin nama.

                                                                      Kerajinan tangan warga kampung naga

 

Rumah Tradisional Kampung Naga 

Kalo explore Tasikmalaya, Kampung Naga wajib banget masuk ke daftar list lo karena kampung ini unik banget, bisa diliat dari rumah yang masih tradisional yang ada disekeliling kampung Naga. pesan gue  kalo lo berkunjung ke suatu tempat jangan cuma selfie foto-foto terus pulang, luangin waktu untuk sekedar berinteraksi dengan warga lokal, FYI warga Kampung Naga hampir semua beragama islam dan mereka ramah banget terus welcome sama wisatawan/turis yang berkunjung. Sebenernya bisa nginep di kampung ini tapi harus izin dulu ya jangan dadakan, btw di kampung ini ngga ada aliran listrik loh. Jadi jangan lupa bawa powerbank ya.

            Keramahan warga Kampung Naga 

 

Hari kedua mandi di sungai Cireong letaknya di Kp. Cireong Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis. Perjalanan untuk sampai kesini memakan waktu sekitar 30 menit dengan melewati jalan berbatu. Letak sungainya dikelilingi pemandangan indah yang masih alami, tapi sayang banget banyak orang yang belum tau kalo ada sungai yang airnya sejernih ini di Tasikmlaya. Fasilitas disini juga bisa dibilang cukup memadai seperti kamar mandi, warung-warung, dan lahan parkir.

                              Sungai Cireong

 

              Berasa bidadari mandi di sungai

 

Hari ketiga destinasi ke Batu Mahpar letaknya di kampung Benjan desa Sukamulih kecamatan Sariwang. Kenapa di bilang Batu Mahpar, karena banyak batu-batu yang terhampar. Batu di sungai ini lebar banget dan panjang dan air sungainya cuma ngalir pas musim hujan.  Ada beberapa air terjun di Batu Mahpar, ini adalah salah satunya gue lupa nama air terjunnya. Untuk sampai sini gue mesti ngelewatin anak tangga yang lumayan curam, dan sebelum sampai air terjun kita bisa melihat salah satu peninggalan prasasti.

                                                                           Salah satu air terjun di Batu Mahpar 

BANDUNG

Setelah explore Tasikmalaya gue lanjut ke Bandung dengan menaiki bus. Sampai di Bandung destinasi pertama gue yaitu Situ Patenggang. Walaupun perjalannya lumayan jauh gue ngga bosen karena sepanjang perjalanan di kelilingi kebun teh yang bagus banget. Yang paling gue suka dari Situ Patenggang adalah pohon warna warni

                          Situ Patenggang 

 

                    Kebun Teh Ciwidey 

                                                                             

Mau keliling dunia tapi budget belom ada? Nih gue kasih solusinya cobain deh mampir ke Farm House Lembang Bandung. Disini kita berasa lagi di Eropa beneran karena miniaturenya dibuat persis seperti bangunan-bangunan di Eropa dan ada rumah The Hobbit loh. Masih belom puas keliling dunia? Nih gue saranin mampir juga ke Floating Market yang ngga jauh dari Farm House tempatnya lucu banget terus banyak spot-spot yang cocok buat hunting. Disana ada kota mini, rainbow garden, miniature kereta api, penyewaan kostum Jepang dan Korea

 

              Lagi di Eropa 

 

       Lanjut ke Korea 

 

      Pindah ke Jepang 

Pindah aja deh ke rumah  The Hobbit 

 

Nyantai di Kota Mini 

SUMEDANG

Sebenernya ngga ada rencana buat mampir ke Sumedang. karena kehasut kata temen gue kalo  di Sumedang ada tempat wisata yang miri sama Labuan cermin di Kalimantan yaudah gue langsung batalin buat explore Bandung dan memutuskan buat lanjut ke Sumedang. benerrrr banget fix mirip Labuan Cermin. Kalo di Kalimatan terkenalnya Labuan Cermin tapi beda dengan di Sumedang namanya Situ Biru Cilembang. Gue baru tau kalo di Sumedang ada danau yang airnya super jernih kayak gini, saking beningnya gue bisa liat ikan-ikan yang ada di dalam danau itu. Danaunya ngga jauh dari tempat parkiran Cuma tracking sekitar 10-15 menit, tapi kalo mau berenang ngga boleh disini yak karena di danau ini masih di jaga kelestariannya, kalo mau berenang bisa di sumber air sebelum danau ini. FYI! Karena letaknya bener-bener ditengah hutan nyamuknya super banyak jadi gue saranin bawa lotion anti nyamuk.

Neng… Nengok dongg 

 

                 Labuan Cermin ala Sumedang 

Itu adalah beberapa referensi dari  buat lo yang mau traveling ke Jawa Barat. Trip kali ini budget gue pas-pasan sekitar 400rb buat seminggu keliling tapi bisa keliling tiga kota, cuma  modal nekat dan niat.

Sampai ketemu di tulisan selanjutnya….

Salam Traveler

WordPress spam blocked by CleanTalk.