PERTAMA DAN TERAKHIR DEH KE BELITUNG !

0
141

“Duh.. cukup lah terakhir ini aku ke Belitung” percakapan pertama aku cerita ke teman. “loh kenapa ? bukannya banyak orang bilang kalau Belitung itu indah ya” jawab teman aku. “Iya, cukup terakhir bulan ini. Tapi bulan depan aku mau lagi ke Belitung, hehe” itu lah sepenggal canda ku dengan teman ku.  Mau tau hal apa yang buat aku nagih ke Belitung, yuk di baca sampai akhir. Selain kamu tau bagaimana cara kesana. Tulisan aku kali ini juga akan bahas tips #BeraniTraveling di seribu pantai Belitung.

 

Bagaimana cara murah ke Belitung?

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk #BeraniTraveling adalah mencari tau akses dari tempat kamu ke tujuan. Nah, kali ini pembahasan kita adalah ke Belitung. Cara mudah dan murah untuk bisa sampai ke Belitung yaitu lewat jalur udara. Kok murah ? kan naik pesawat mahal. Duh.. cari nya yang promo ya. Kalau harga biasa bisa sampai 1.6 jt. Kalau promo berapa ? Jangan kaget ya…. Aku promo dapat harga 375rb PP hehe.  Kok bisa? Trik nya adalah sering pantau travel fair di Kota mu.

 

Hari H Belitung (Bandara Hanandjoeddin)

Setelah ditunggu-tunggu, hari h pun tiba tepat hari Sabtu, 03 Maret 2018. Dan karena niatnya backpacker jadi aku pun mengajak 5 teman untuk gabung ke perjalanan ku di Belitung kali ini. Sesampai nya di Bandara, aku langsung menuju ke penginapan yang jaraknya sekitar 10 menit kendaraan roda empat.  Aku pun memilih transportasi ojek online roda empat untuk bisa sampai ke penginapan yang berada di Jalan Kebun Jeruk. Jadi, di Bandara banyak tersedia transportasi untuk kamu menuju ke penginapan. Sesampainya di penginapan, aku sudah rencanakan untuk malam hari saja ke luar dari penginapan menuju kopi “Kong Djie”. Di belitung banyak kopi kong djie. Tapi yang paling terkenal ada di jalan siburik.

Kopi Kong Djie Siburik

—————————————————————

Rp. 375.000 Tiket PP Jkt Belitung 6 orang Rp. 2.250.000

Rp. 500.000 Penginapan 1 hari x 3 malam Rp. 1.500.000

Rp. 75.000 motor 1 hari x 3 motor x 3 hari Rp. 675.000

Rp. 60.000 bensin full 1 motor x 3 motor Rp. 180.000

Total Rp. 4.605.000

————————————————————–

Hari Ke-2 (Hoping Island)

Saatnya bermain dengan biota laut. Hal utama  untuk aktivitas hoping island di Belitung, kalian harus menuju Tanjung Kelayang. Tanjung Kelayang seperti dermaga nya hoping island. Disini kalian bisa cari kapal mana yang sesuai budget untuk aktivitas hoping island. Tepat Jam 7 pagi, kami pun bergegas menuju Tanjung Kelayang. Bahagianya, sebelum sampai gerbang Tanjung Kelayang ada Bapak yang menghampiri kami menawarkan dirinya untuk mengajak kami semua hoping island dengan harga 400ribu saja dan perlengkapan snorkling seharga 25ribu / orang. Menurut aku itu harga sudah murah sekali. Karena biasanya untuk kapal di harga 500-600ribu. Nanti aku kasih tau contact si Bapak ke kalian kalau kalian mau baca sampai akhir ya.

 

PULAU BURUNG MANDI

Pulau dimana kita hanya bisa mengabadikan nya saja. Jadi, tempat ini terdapat batu yang sekilas seperti burung. Dan biasanya, pengunjung hanya jadikan background foto saja tanpa harus turun dari kapal.

Pulau Burung Mandi

 

PULAU LENGKUAS

Nah, ini adalah pulau yang paling terkenal di Belitung. Jadi, kalian hanya bisa kesini dengan menyebrang kapal ya. Selain ada mercusuarnya, disini pun juga banyak tanaman lengkuas. Mungkin itu sebabnya dinamakan Pulau Lengkuas. Ohya, untuk saat ini mercusuar hanya bisa sampai lantai 3 saja, sudah tidak bisa masuk sampai lantai paling atas karena takut terjadi keroposan pada bangunannya. Dan mercusuar dibuka pada jam 10 pagi. Kalau kalian terlalu pagi datang ke pulau ini, kalian bisa masuk ke samping mercusuar dan coba jalan ke arah batu besar. Disana ada spot bagus untuk foto loh.

SPOT SNORKLING

Tidak jauh dari pulau lengkuas, kami pun di ajak snorkling dan jangan lupa untuk membawa roti sebagai pancingan agar ikan mendekat ke kita.

 

PULAU TANJUNG KELAYANG

Aku ga tau kenapa namanya sama seperti dermaga awal tadi. Tapi ini bukan dermaga yang tadi ya, Tanjung Kelayang disini punya goa dimana sebenarnya adalah batu-batu besar yang saling berdekatan dan sisi nya terdapat rongga-rongga berbentuk seperti pintu goa. Hati-hati kalau kesini ya, karena batu nya yang licin dan besar-besar.

 

PULAU BATU BERLAYAR

Wah, spot disini meskipun tempatnya tidak terlalu luas tapi airnya jernih dan bisa ketemu bintang laut juga. Jadi, kalau kesini harus lihat ke bawah ya, jangan sampai bintang laut nya ke injak karena saru dengan pasir putihnya.

Dan hari pun semakin siang mengiringi berakhirnya hoping island kami semua kali ini. Karena masih jam 1 siang akhirnya kami makan seafood di dermaga Tanjung Kelayang. Setelah makan kami bergegas menuju  Pantai Tanjung Tinggi untuk melihat sunset. Disini kalian cukup bayar parkir kendaraan saja.

—————————————————————

Rp. 400.000 hoping island

Rp. 25.000 perlengkapan snorkling x 6 orang Rp. 156.000

Rp. 2.000 parkir pantai Tanjung Tinggi x 3 motor Rp. 6.000

Total Rp. 562.000

—————————————————————

Hari Ke-3 ( DANAU KAOLIN, LASKAR PELANGI, RUMAH KEONG, VIHARA DEWI KWAN IN)

Pagi hari kami semua menuju danau kaolin dan sepi tapi tidak bisa lagi foto di dalamnya karena sudah di kasih pagar. Siang nya kami menuju Replika SD Laskar Pelangi. Kemudian tepat di sebrangnya ada Rumah Keong ( Dermaga Kirana ). Menuju sore kami semua ke vihara Dewi Kwan In sekitar 1.5 jam dari Laskar Pelangi.

—————————————————————

Rp. 3.000 masuk laskar pelangi x 6 orang Rp. 18.000

Rp. 5.000 masuk dermaga kirana x 6 orang Rp. 30.000

Rp. 3.000 masuk motor x 3 motor Rp. 9.000

Rp. 30.000 besin motor x 3 motor Rp. 90.000

Total Rp. 147.000

—————————————————————

 

HARI TERAKHIR (PANTAI PENYABONG & BATU BAGINDA)

Belitung memang terkenal dengan banyaknya batu besar dan Batu Baginda adalah yang paling besar disini. Namun, untuk menuju kesana harus ada guide karena melewai hutan dan kami pun tidak menemukan pintu masuk nya. Akhirnya memutuskan pergi ke Pantai Penyabong di dekatnya. Wah… pantainya tenang sekali dan indah. Kedua tempat ini tidak di kenakan biaya.

Begitulah perjalanan aku dan teman-teman di Belitung yang buat kami semua ketagihan. Jadi total keseluruhan Rp. 5.314.000 dibagi 6 orang menjadi Rp. 885.000 termasuk tiket pesawat PP. Murah bukan ke Belitung ? Ayo #BeraniTraveling !

—————————————————————

Contact:

Bp. Chandra 087896401438/082186119023 Sewa Kapal

Yuta Cozy House Penginapan

Surga Belitung Rent 085945894817 Sewa Motor

Instagram @ibamisbah
WordPress spam blocked by CleanTalk.