#BeraniTravelingWithEiger “puncak mahameru” gn. semeru

0
76
ranu kumbolo
ranu kumbolo merupakan spot favorit semua pendaki semeru

 

f

Malang adalah sebuah kota yang wajib dikunjungi bagi yang suka traveler ataupun backpacker menurut saya. ini kali kedua saya melakukan traveling di luar pulau Sulawesi Selatan setelah Bandung yaitu Malang. dimana letak kota yang sangat strategis dari banyaknya tempat wisata yang terdapat di jawa timur. tujuan saya kali ini yaitu puncak tertinggi jawa “mahameru” yang dikenal dengan taman nasional gunung semeru. buat para sobat #beranitravelingwitheiger jangan lupa memakai carrier yang nyaman. kalau aku sih pakai equator 30 selain model yang simpel, mudah mengambil barang didalamnya dan pasti tdk gerah saat perjalanan.

Perjalan dimulai dari bandara Sultan hasanudin Makassar menuju bandara Juanda Surabaya, dari sini menuju untuk sampai ke homstay pendaki di tumpang, lebih baik gunakan angkutan umum, biaya keseluruhan 55rb . sesampai di home stay disini saya bertemu para pendaki yang inngin ke gunung semeru dari berbagai penjuru indonesia, oh iy guys home stay ini milik mas paino pemilik jasa antar jemput ke semeru memakai jeep. adapun biayanya sekitar 1,3jt, nah karena aku dan teman-teman yang ingin beraangkat ke semeru hari itu berjumlah 8 0rang jdai biayanya di bagi 8 jadi sekitar 160ribuan.perjalanan dari home stay ke ranu pani selama 2 jam. setelah melakukan administrasi dan brifieng perjalanan kita mulai butuh waktu 3-4 jam untuk sampai di ranu kumbolo. nah ini salah satu spot favorit saya dimana udaranya sejuk dan pemandangan yang keren bangetapalagi klo nyampe di sore hari jadi bikin betah nyantai sambil seruput segelas kopi hehee. nah jangan lupa bawa duit karena di setiap pos terdapat warung jd jangan takut kelaparan dan kehausan. ke esokan harinya kami pun melanjutkan perjalanan Kalimati, disini kita ngecamp lagi sebelum lanjut muncak di malam hari. tepat jam 1.30 dini hari kami bersiap memulai perjalanan ke puncak dan tidak lupakami sarapan sedikit  buat nambah energi dan berdoa agar diberi keselamatan. jika perjalanan dari pos 1 sampai kalimati kita disuguhi indah pemandangan bukit , ranu kumbolo dan indahnya bunga eidelweis. perjalanan menuju puncak memakan waktu 5 jam namun perjalanan dimalam hari juga sangat indah karena bisa melihat gemerlap lampu dikota malang dari arcopodo. namun treck menuju puncak  tidaklah muda karena berpasir dan kerikil, yang katanya naik 1 langkah turun 2 langkah tapi benar loh ini gila buat gue cuy, mungkin yang pertama selama muncak, dibandingin treck pegunungan di sulawesi selatan. dari banyak yang muncak waktu itu ada beberapa dari mereka yang turun mungkin udah gak sanggup, seetalah setengah perjalanan sempat kepikiran udah mau nyerah padahal udah latihin fisik seminggu sebelum kesini. tapi aku pikir lagi masa jauh-jauh dari Makassar gak sampai puncak rugi dong hehee.  akhirnya setelah berjuang  lagi  sampai dah puncak mahameru. dan yang pertama aku sangat bersyukur dan takjub dengan pemandangan yang disuguhkan. ternyata keren banget cuy, kita bisa liat jejeran pegunungan sampai pantai selatan. setelah puas menikmati keindahan di puncak, waktunya turun dan waktu turunnya itu gak sampai 2 jam loh, dan sempat heran juga ternyat jalur yang kita lewati semalam itu gila beud, untung naiknya malam jadi gak keliatan coba naiknya pagi / siang mungkin udah nyerah sebelum sampai arcopodo hahaa. 

setelah kembali ke homestay esok harinya kepikiran gimana kalo bromo,  bermodalkan nyewa motor trail, sekitar 200rb 24jam. gue cus lagi dah ke bromo, oh iya tiket masuknya sekitar 20rb. perjalanan dimulai melewati lautan pasir, namanya  juga latan pasir udah jauh dan berapa kali hampir jatuh tapi tetep aja seru euy hehee, sepanjang perjalanan ada tempat yang menarik untuk dikunjungi seperti bukit teletubis dan sesampai di bromo akhirnya terbayarkan lagi capeknya. karena gak bawa peralatan jadi harus pulang sebelum gelap, karena ydara dingin euy.

lanjut cerita esok harinya harus ke kota malang mumpung ada teman disana yang kuliah, sekalian berkunjung, namu gak cukup kalo hanya numpang tidur, jadi gak boleh kelewatan nobain kuliner malang selain enak harga juga bersahabat gaes. hmmm kaya ada yang kurang nih, mungkin udah candu menikmati alam indonesia, gak lengkap rasanya klo belum nyebur hehee, inginnya sih air terjun tumpak sewu tapi tempatnya agak jauh dan budget udah menipis, akhirnya diajakin temen sehabis subuh berendam air panas di cangar, lengkap dah abis naik gunung terus berendam air panas, jadi fit lagi.

meski masih ingin rasanya mengeksplore kota malang tapi apa daya kantong udah kempes hehee, akan tetapi ini aja udah besyukur dan senang  banget 5hari perjalanan. sekian dari perjalanan seru saya di Malang.

#BeraniTravelingwithEiger
#Pigijoxeiger
#EigerAdventure

#EigerTropicalAdventur

WordPress spam blocked by CleanTalk.