Pura Lempuyang, Pura Tertua di Bali

0
680

Pulau Bali sering disebut-sebut sebagai Pulau Dewata dikarenakan banyaknya pura yang tersebar. Tapi, apakah kalian tahu Pura tertua di Bali? Pura Lempuyang yang berada Karangasem Bali ini ┬ámerupakan salah satu pura yang tertua di Bali. Di sana juga dapat dijumpai ‘pintu surga’.

Banyak wsatawan asing menjuluki Pura ini sebagai The Gateway to Heaven. Bahkan ada yang memperkirakan Pura ini sudah ada sejak jaman pra Hindu-Buddha. Pura Lempuyang terletak di lereng sampai puncak Bukit Bisbis atau Gunung Lempuyang, Kabupaten Karangasem. Berada di puncak gunung pastinya memiliki pemandangan yang menakjubkan.

Tidak hanya menjadi yang tertua, ternyata Pura Lempuyang merupakan salah satu dari tiga pura terbesar di Bali selain Pura Besakih dan Pura Ulun Danu Batur. Oleh sebab itu, Pura Lempuyang pun menjadi target kunjungan wisatawan.

Di sini wisatawan bisa melihat kekuatan spiritual penduduk Bali dalam hal kepercayaan. Pura Lempuyang memiliki tiga bagian, yaitu Lempuyang Sor, Lempuyang Madya, dan Lempuyang Luhur. Tidak hanya atmosfer religius yang dirasakan saat berada di kawasan pura ini, tapi panorama alam dan keindahan arsitekturnya juga sangat memukau.

Bangunan yang memiliki arsitektur kuno ini masih sangat terlihat alami. Lumut hijau yang menempel pada batu-batuan bangunan ini juga memberikan kesan eksotis. Udaranya terkesan lembab karena pura ini harus dicapai melewati 1700 anak tangga.Nah buat kalian yang ingin mengunjungi pura ini pastikan dalam kondisi yang fit, karena akan menguras banya tenaga.

WordPress spam blocked by CleanTalk.