10 Objek Wisata Yang Makin Populer Berkat Film

0
344

Selain sebagai hiburan, ternyata film juga bisa dijadikan media promosi di bidang pariwisata. Lokasi wisata yang awalnya biasa saja bisa menjadi lebih tenar ketika dipopulerkan oleh suatu film. Bahkan tempat yang tak pernah dikunjunginpun juga mulai ramai didatangin oleh turis. Berikut beberapa objek wisata yang semakin terkenal karena pernah menjadi lokasi syuting film.

1. Observatorium Bosscha – Petualangan Sherina

Bosscha Observatory (Source: Azmie Kasmy, lisensi dari Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported)

Jika kalian lahir di 90-an pasti pernah  menonton film yang dibintangi oleh Sherina dan Derby Romero ini. Ada salah satu scene dimana lokasi syuting berada di Observatorium Bosscha, tempat dimana Sherina dan Saddam melihat bintang melalui sebuah teropong raksasa. Sejak film tersebut tayang, banyak orang yang berbondong-bondong ingin melihat bi1ntang melalui teropong di observatorium yang berlokasi di Bandung, Jawa Barat ini.

2. Belitung – Laskar Pelangi

 

Tanjung Tinggi – Bangka Belitung (Source: HeyFromINDO, lisensi dari Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International)

Dulu, belitung hanya terkenal dikarenakan memiliki pertambangan timah. Namun ketika Film Laskar Pelangi mulai tayang di layar lebar, dimana di film itu juga menayangkan keelokan Pantai Tanjung Tingi, sekarang belitung menjadi begitu popular dan menjadi destinasi wisata yang hits.

Pantai Tanjung Tinggi sendiri terlihat menyenangkan ketika ada adegan di mana ada anak-anak kecil berdiri di atas batu granit besar lalu memandang ke arah laut luas. Nah, pada adegan itulah yang namanya Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini memiliki pasir putih bersih dengan bebatuan granit raksasa yang menyembul ke permukaan air dan bertebaran di sekitar pantai.

3. Gunung Sumeru – 5 CM

Gunung Semeru (Source: Arabsalam, lisensi dari Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International)

Setelah film 5 CM tayang di bioskop, demam naik gunung mulai memuncak. Puncak Mahameru dan Danau Ranu Kumbolo yang terletak di Gunung Semeru, Jawa Timur ini langsung diserbu oleh para pendaki baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru pertama kali mendaki gunung. Kisah persahabatan dan percintaan yang mewarnai film ini semakin membuat para wisatawan ingin merasakan pengalaman Genta dan kawan-kawan saat menjelajah Semeru.

4. Punthuk Setumbu – Ada Apa Dengan Cinta 2

Sunrise di Punthuk Setumbu (Source: Ridwanad, lisensi dari Creative Commons Attribution-Share Alike 4.0 International)

Dari semua lokasi syuting AADC 2, Punthuk Setumbu yang berada di Magelang, merupakan salah satu adegan yang menggetarkan pada film tersebut dimana Rangga dan Cinta menikmati matahari terbit dari puncak sebuah gereja. Sebelum AADC mengangkat Punthuk Setumbu, sebenarnya lokasi ini sudah populer untuk melihat matahari terbit, namun setelah AADC 2, jumlah wisatawan yang berkunjung kesini semakin meningkat.

5. Ubud dan Uluwatu – Eat Pray & Love

Kecak Dance at Uluwatu Temple (Source: Carfiend, lisensi dari GNU Free Documentation License)

Film Hollywood Eat Pray Love yang dibintangi oleh Julia Robert boleh dibilang sangat sukses menyedot wisatawan asing terlebih Filmnya sangat sukses dan menjadi salah satu box office dunia sehingga beberapa tempat lokasi syuting di Bali langsung diserbu wisatawan lokal maupun wisatawan asing demi mendapatkan sensasi seperti yang dirasakan oleh Julia Robert selama berada di Bali.

Bahkan beberapa tempat yang tidak terdapat dalam scene shooting turut pula kebanjiran berkah, misalnya seperti tempat wisata kuliner resto bebek tepi sawah yang saat ini menjadi salah satu magnet bagi wisatawan karena resto tersebut pernah dikunjungi Julia Robert.

6. Wamena dan Danau Habema – Denias

Salah satu film yang mengangkat keindahan Tanah Papua adalah film Denias. Di dalam film tersebut ada sebuah danau itu danau habema yang dijadikan lokasi tempat syuting film Denias.

7. Puncak Penanjakan Bromo – Pasir Berbisik

Gurun Pasir Bromo

Film yang dibintangi dua orang aktor perempuan ternama seperti Christine Hakim dan Dian Sastrowardoyo berhasil mengangkat tempat wisata gunung Bromo menjadi lebih terkenal dan semakin banyak dikunjungi wisatawan

8.Benteng Van der Wijck, Kebumen – The Raid 2

 

Film action Indonesia yang terkenal hingga ke penjuru dunia ini ternyata juga mengambil lokasi syuting di Indonesia yaitu di Benteng Van Der Wijck yang terletak di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah. Lewat film The Raid 2 ini, Benteng ini menjadi tempat wisata dan ramai dikunjungi pengunjung saat liburan tiba.

9. Kawah Ijen dan Taman Nasional Baluran – King

Salah satu tempat yang diangkat sutradara Ari Sihasale dalam karyanya film King adalah Puncak Kawah Ijen dan lokasi syuting sekitar Taman Nasional Baluran di Banyuwangi. Kedua tempat ini menjadi tempat wisata unggulan pada tahun 2017 dan semakin gencar menarik wisatawan dengan mempermudah transportasi layanan online untuk masuk ke Banyuwangi.

10. Candi Borobudur – Java Heat

Java Heat adalah salah satu film yang mendapatkan izin syuting di kawasan Candi Borobudur. Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini memang memiliki aturan yang sangat ketat.
Untuk mendapatkan izin syuting, tim film Java Heat ini bahkan harus mengurus izin ke pihak UNESCO, pemerintah Indonesia, kelompok masyarakat Buddha, dan beberapa lembaga lain.

 

Gimana KawanJO? Udah pada nonton semua film di atas belum? Jadi penasaran kan seperti apa alam Indoesia di dunia perfilman ini? Masih ada film lain lagi ga ya yang menggunakan pesona keindahan alam Indonesia? Sebutkan di kolom komen ya gaes..

 

WordPress spam blocked by CleanTalk.