Taman Nasional di Jawa Ada Mistisnya?!

0
67
taman nasionallll

Iklim di Indonesia yang terletak di Equator tidak banyak berubah dalam setahun, kebanyakan adalah tropis, Lebih tepatnya hutan hujan tropis mendominasi sebagian besar kepulauan Indonesia. Beberapa area seperti utara Jawa, Sulawesi Selatan dan Bali beriklim Monsoon, sedangkan beberapa area terioslasi seperti Jawa Timur, Jawa Tengah dan Lombok beriklim Sabana. Walaupun di iklim tropis, beberapa daerah dengan ketinggian 1.300 – 1.500 diatas permukaan air laut memiliki cuaca yang cukup dingin.

Perbedaan iklim ini mempengaruhi perbedaan curah hujan yang terjadi menyebabkan beberapa pulau seperti Kalimantan dan Sumatera memiliki perbedaan curah hujan yang tidak signifikan selama setahunnya dibandingkan dengan Nusa Tenggara. Di Kalimantan Barat, Sumatera Barat, Jawa Barat dan Papua bisa ditemukan hutan hujan tropis besar sedangkan di Nusa Tenggara, lansekap relatif kering dan banyak sabana.

Perbedaan lansekap yang tersebar ini menyebabkan keberagaman flora dan fauna yang tinggal di dalamnya. Berdasarkan buku yang ditulis oleh Marco Lambertini di tahun 2011, 36% dari 1.531 spesies burung dan 39% dari 515 mamalia di Indonesia adalah hewan endemik. Tidak heran Indonesia memiliki lebih dari 20 Taman Nasional yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Kamu mau liat apa? Badak? Gajah? Harimau Sumatera? Kasuari? Rusa? Komodo? Jangan khawatir, kita punya daftarnya. Inilah beberapa Taman Nasional di Jawa yang harus kamu datangi.

 

  1. Taman Nasional Ujung Kulon

Source: https://id.wikipedia.org

 

Mau liat Badak Bercula Satu atau biasa disebut Badak Jawa??? Yup disinilah tempatnya. Selain itu kamu bisa melihat Owa Jawa, Surili dan Anjing Hutan. Mereka adalah hewan-hewan yang termasuk kategori dilindungi karena populasinya tidak banyak. Tidak hanya itu, Banteng, Rusa, Kijang, Macan Tutul, Luwak bahkan Babi Hutan masih bisa kamu temukan disana.

Ada berbagai macam tipe ekosistem yang bisa kamu temui, diantaranya Hutan Pantai, Hutan Mangrove, Hutan Rawa Air Tawar, sampai Padang Rumput pun ada. Jadi selain banyaknya fauna yang bisa kamu lihat, kamu akan dikelilingi berbagai macam hutan dan pemandangan yang sangat menarik KawanJO.

Oiya kalo kesana jangan lupa ke Gunung Anak Krakatau ya.. keren loh..

Posisinya berada di bagian paling barat Pulau Jawa. Jangan lupa disana ada Uang Tiket Masuk yang dikelola oleh dinas kehutanan, cuma 5000 untuk perorangan hari kerja, dan 7500 perorangan hari libur.

 

  1. Taman Nasional Alas Purwo

Oke, sekarang kita beranjak ke Jawa Timur. Lokasi tepatnya adalah Kecamatan Tegaldimo dan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi. Cara kesana paling dekat adalah dari Banyuwangi menutu Kecamatan Rogojampi – Srono – Muncar – Tegaldimo, kemudian masuk melewati jalan berbatu sekitar 10 km sampai bertemu Pos Perhutani.

Nama Alas Purwo diambil dari bahasa Jawa Alas yang artinya Hutan, Purwo yang artinya kawitan atau permulaan. Sehingga Alas Purwo adalah Hutan Permulaan.

Uniknya Taman Nasional ini adalah Misterinya. Dikenal sebagai tempat bertapa, semedi, sayan dan selamatan lainnya yang berkaitan dengan mencari ketenangan lain masih bisa kamu temukan disana. Masyarakat sekitar percaya bahwa disana ada sebuah istana jin tempat berkumpulnya para jin dari seluruh jawa. Seru kaaannn!!

Mungkin selain jin, kamu bisa menemukan sesuatu yang bisa dilihat dengan kasat mata seperti Kera Abu-Abu, Macan Tutul, Rusa, Banteng, Kijang, dan sekali lagi, Babi Hutan. Selain itu dari sisi hutannya kamu bisa lihat hutan bamboo dan mangrove, pantai berkoral, goa bahkan pura giri seloka dan situs kawitan.

  1. Taman Nasional Baluran

Satu lagi taman nasional yang berada di jawa timur. Diambil dari nama Gunung Baluran, Taman Nasional ini berlokasi diantara kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Jalan terbaik adalah berangkat dari Banyuwangi menuju Batangan sekitar 35 km, lalu ke arah Bekol sekitar 12 km atau 45 menit dengan jalan berbatu tapi pemandangan kanan kiri dikelilingi oleh hutan dengan monyet – monyet bergelantungan dan macan tutul bahkan di tengah jalan.

Disini kamu bisa melihat bentangan sabana sejauh mata memandang, dikenal sebagai Afrikanya Indonesia, Baluran memiliki 26 jenis mamalia diantaranya Banteng, Kerbau, Ajag, Rusa Muncak, Panter, Kucing Mangrove dan lainnya.

Tidak hanya sabana, jika kamu menuju ke arah laut, kamu bisa melihat Pantai Balanan dari Bukit Balanan. Selain mamalia, ada sekitar 155 spesies burung bisa ditemukan di Baluran.

 

  1. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berlokasi di 4 kabupaten penyokong yaitu Pasuruan, Malang, Lumajang dan Probolinggo, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia maupun internasional. Dengan kawasan yang sangat luas sekitar 50 hektar, Taman Nasional ini merupakan taman nasional dengan jumlah gunung terbanyak, diantaranya ada gunung bromo, semeru, batok, kursi, watangan, widodaren, linggo, penanjakan, pundak lembu, gandera, ringgit, widangan, sumbersenami, pranten, dan bajangan.

Hampir segala macam ekosistem ada di Taman Nasional ini, sabana, padang pasir, sampai hutan lindung bisa ditemukan di kawasan ini. Tidak hanya gunung, air terjun terkenal Madakaripura yang terletak lebih ke Probolinggo ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia.

Hal yang paling suka dilihat orang disini adalah sunrise di penanjakannya. Kamu bisa sewa jeep atau motor trail untuk pagi-pagi naik ke penanjakkan untuk melihat sunrise dengan latar belakang gunung batok dan kawah. Percayalah, worth the wait!

Melengkapi pemandangan gunung, populasi flora yang berusia ratusan tahun seperti cemara gunung, edelweis, berbagai jenis anggrek, akasia, dan centigi juga bisa kamu temukan disini.

Selain keindahan alam, disini juga bisa kamu temukan salah satu pure tertua di Jawa yang biasa digunakan oleh masyarakat adat tengger untuk upacara besar agama hindu.

Jika suka naik gunung, Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau jawa, sebelum sampai atas kamu bisa juga menemukan danau di atas gunung Ranu Kumbolo yang biasanya dijadikan tempat peristirahatan para pendaki.

Satu artikel tidak akan muat menjelaskan betapa banyaknya hal yang bisa kamu lihat disini. Taman nasional ini memiliki jalur akses dari keempat kabupaten di atas, jadi dimanapun kamu turun pasti ada jalur masuk yang dekat dari kabupaten tersebut.

 

  1. Taman Nasional Meru Betiri

 

Pantai Bande Alit, Taman Nasional Meru Betiri, Tempurejo, Jember, Jawa Timur

Masih di Jawa Timur, lokasi taman nasional ini berada di kecamatan pesanggaran, banyuwangi dan jember. Caranya bisa dari Banyuwangi menuju – Jajag – pesanggaran – Sungai Lembu – Kandangan – Sarongan – Pantai Rajegwesi sebagai pintu gerbang taman nasional – Sumbersuko – Sukamade.

Disini kamu bsia menemukan bunga rafflesia yang endemik di jawa. Selain itu ada bakau, rengas, bungur, dan beberapa jenis tumbuhan obat – obatan. Paling tidak ada sedikitnya 27 jenis tanaman disini. Tidak terlalu banyak untuk faunanya, disini hanya terdiri dari mamalia dan burung.

Tapi yang bisa kamu lihat disini yang paling menarik adalah pantainya, paling tidak ada 3 pantai yaitu Bandealit, Rajegwesi dan Sukamade (tempat peneluran penyu). Namun memang ketiga pantai ini tidak dijadikan lokasi pariwisata permanen untuk menjaga kelestariannya.

Jadiii… bersiaplah untuk berbekal sebelum kesana, tapi tetap jangan mengotori lokasinya..

 

  1. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Sekarang kita menuju Jawa Barat, dekat dengan kebun raya cibodas. Taman nasional ini terbentang antara Gunung Gede dan Pangrango dengan hutan pegunungan disekitarnya. Jika kamu pecinta tanaman, tutupan vegetasi yang melingkupi taman nasional ini bahkan dibedakan menjadi dua jenis yaitu hutan tinggi dan hutan elfin atau lumut. Jika kamu pecinta tanaman, disini merupakan surga buat kamu meneliti dan menikmati bentangan kebun alam yang berisi lebih dari 1200 spesies tanaman.

Cara kesananya bisa dari jakarta menuju puncak, cibodas atau cipanas melalui bogor. Bisa kesana dalam satu hari bolak balik jadi ini merupakan weekend gateway yang tepat jika kamu tidak mau menghabiskan waktu terlalu banyak menginap.

 

  1. Taman Nasional Karimunjawa

Sekarang mariii kita beralih ke kepulauan..

Taman Nasional Karimunjawa merupakan gugusan dari 22 pulau yang terletak di Laut Jawa, 5 diantaranya tidak berpenghuni. Disini merupakan salah satu taman nasional tempat perlindungan ekosistem perairan laut. Fauna yang bisa ditemukan adalah terumbu karang, spons, karang lunak, akar bahar, kerang merah, penyu hijau, penyu sisik dan ikan hias yang jumlahnya…. banyak banget pokoknya, sekitar 444 spesies ikan lah bisa ditemukan.

Dua biota spesies yang dilindungi adalah koral hitam (black coral) dan karang pipa organ (organ pipe coral).

Bagi pecinta snorkeling, disini menjadi surga buat kamu, yang paling terkenal adalah pulau gosong, menjangan kecil, tengah, tanjung gelam dan cemara kancil kancil. Selain itu disana juga ada pulau menjangan besar dimana ada kolam hiu tapi kamu bisa berenang bersama mereka loh..

Selain bawah laut, hutan mangrove karimunjawa juga menjadi destinasi menarik untuk dilihat.

Cara kesananya?

Sekarang kamu ga harus dari Jepara gaes, kamu bisa ke Semarang dan Surabaya dulu kemudian naik Susi Air kamu bisa langsung sampai di bandara Karimunjawa 2x seminggu yaitu kamis dan jumat. Perjalanan hanya memakan waktu 30 menit dari semarang dan 40 menit dari surabaya.

Jika ingin dari Jepara, kamu bisa naik ferry langsung ke Karimunjawa. Jadwal ferry menuju Karimunjawa ada di senin, rabu, jumat dan sabtu, sendangkan baliknya itu selasa, kamis, jumat dan minggu. Waktunya sekitar 4 jam lah..

 

 

Masih belum semua taman nasional di jawa disebutkan disini, masih ada Taman Nasional Gunung Merbabu, Merapi, Halimun – Salak, Kepulauan Seribu dan Ciremai yang sama layaknya harus dikunjungi seperti yang lainnya.

Jadi dari sekian banyak Taman Nasional ini, mana aja yang pernah kamu datangi? Komen dibawah ya.. dan seberapa bagus sih keadaannya sekarang?

 

 

sumber: Wikipedia.com

WordPress spam blocked by CleanTalk.