Festival Budaya Atas Awan

0
92

Festival budaya yang paling ditunggu – tunggu setiap tahun ada lagi KawanJO!

Dieng Culture Festival IX 2018 akan diselenggarakan pada:
Tanggal: 3 –5 agustus 2018
Waktu: 08 pagi sampai 12 malam
Tempat: Komplek Candi Arjuna, Desa Wisata Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, 53456

Acara ini ditujukan untuk mengangkat pelestarian adat budaya dieng, promosi pariwisata serta peningkatan ekonomi masyarakat.

Bagi kalian yang belum pernah ke Dieng, datanglah ke acara ini karena banyak sekali sejarah, kepercayaan, adat dan budaya yang bisa kalian lihat, pelajari dan percayalah kalian akan terkesima setelah pulang dari sini. Dieng pada masa lalu adalah pusat peradaban kebudayaan. Dieng disebut juga Di Hyang  yang artinya taman dewa/ Negeri Para Dewa.

 

Sebagai pusat peradaban masa lalu, leluhur masyarakat Dieng meninggalkan warisan kebudayaan berikut tatanan nilai yang telah dibangun sebagai paugeran(aturan) tatanan kehidupan umat Hindu waktu itu.Sejumlah peninggalan purbakala berupa bangunan candi yang diperkirakan dibangun pada abad ke-7 pada masa Dinasti Sanjaya itu membuktikan adanya peradaban yang telah terbangun diketinggian 2200 meter di atas permukaan laut

Main Event

Acara ini seru banget, dari traditional performances sampai konser jazz ada dong! Main event nya antara lain:

  1. Ritual Pemotongan Rambut Gimbal

Inilah yang wajib banget kamu lihat. Pemotongan rambut anak-anak gimbal dilakukan di Candi Arjuna pagi hari sekitar jam 08.00 didahului dengan mengarak anak-anak gimbal ini se desa dieng yang diikuti oleh parade tarian adat, kostum daerah, dll. Merekalah bintang tamu terbesar di acara ini.

Mengapa acara ini penting? Dipercaya oleh masyarakat dieng bahwa mereka – mereka yang berambut gimbal dan keturunan Dieng harus dikabulkan keinginannya jika ingin rambut gimbalnya menghilang.

Bingung kan? Dipercaya mereka yang berambut gimbal adalah keturunan punggawa pada masa Mataram Islam (sekitar abad ke 14).  Siapakah punggawa pada masa Mataram Islam ini? Apa hubungannya dengan Rambut Gimbal?

Jawabannya hanya ada pas kalian datang ke acaranya..

 

  1. Penerbangan Lampion

Selain tiket, setiap peserta akan diberikan souvenir dimana salah satunya adalah lampion. Tujuannya adalah pada malam ke – 2 acara, kita akan menerbangkan lampion-lampion ini dari tengah tempat acara. Pemandangannya bakal keren banget Jo! Bayangin aja sekitar 5000 lampion bakal diterbangin berbarengan dimalam hari!

 

  1. Jazz Atas Awan

Asik banget kan judulnya?! Ga pake bohong, konser jazz ini beneran bakal di atas awan, karena kalian aja kalo udah sampe dieng bakal berada di atas awan. Posisi dieng berada di ketinggian 2200 meter di atas permukaan air laut. Dingin-dingin ditemenin lagu jazz.. kurang asik apa lagi?!

Artisnya siapa aja? Rahasia dong..

 

Panggung

Ada 3 panggung yang berdekatan di lokasi acara, jadi jalan kaki aja gaes. Panggung utama, panggung ritual dan panggung budaya.

 

Bagian serunya..

Selain ketiga main event diatas, masih banyak traditional performances yang bisa kalian nikmati, diantaranya ada tari lengger, rampak yakso, panji cakil dan kebo giro. Tarian ini untuk menghibur para anak gimbal.

 

KawanJO juga bisa ikutan berpartisipasi di beberapa segmen acara seperti aksi dieng bersih dan festival caping. Kalo ada yang ga tau caping itu apa, caping itu topinya petani. Kalian akan dibagikan caping saat penukaran tiket. Saat festival caping kalian bisa menggunakan cat berwarna warni yang disediakan panitia di beberapa spot untuk mewarnai dan memperindah caping kalian yang polos itu.

Jangan lewatin juga festival bunga, festival domba dan festival tumpeng, karena selain aksi dieng bersih, ketiga acara ini adalah program baru di Dieng Culture Festival.

 

Tiket

Udah pengen banget kesana kan?

Tiket bisa kalian beli di link dibawah ini:

http://diengpandawa.com/dieng-culture-festival.html

Harga: 350.000

Include: lampion,goodiebag,t shirt,kain batik,syal,caping,tiket wisata,tiket festival,merchandise

 

Cara Kesana

Bisa melalui jalur darat dan udara

  1. Darat : kereta ke stasiun Jogja/Purwokerto atau dengan bus turun di Terminal Wonosobo,dilanjut dengan bus jurusan Dieng.
  2. Udara : turun di bandara Semarang/Jogja/Solo

Karena dilaksanakan pada awal bulan agustus, KawanJO yang berniat kesana harus bersiap-siap membawa jaket tebal ya.. dingin banget booo.. inget ga kemarin ada berita di dieng ada embun beku, yaaa kurang lebih begitu deh suhunya..

Jangan pikir panjang lagi, langsung pesen tiketnya dan siapkan perjalanan kamu kesana..

For more info, cek instagram mereka di @festivaldieng

WordPress spam blocked by CleanTalk.