7 Spot Diving Di Indonesia yang Dikenal Dunia

0
24

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak pantai cantik yang menarik wisatawan-wisatawan. Namun kecantikan alam maritim di Indonesia bukan hanya dari pantainya saja, melainkan dari bawah laut. Ternyata dengan kekayaan laut yang dimiliki Indonesia, banyak lokasi diving yang sangat dikenal oleh dunia. Berikut spot-spot diving di Indonesia yang sudah dikenal oleh dunia.

 

1. Karimun Jawa

Karimun jawa memiliki sedikitnya 30 site penyelaman. Kedalamannya antara 5 – 40 meter, dengan jarak pandang antara 5 – 25 meter dan Arus yang bervariasi. Karimun jawa memiliki wreck berupa kapal batubara. Berumur sekitar 50 tahun , kapal ini menjadi tempat favorit untuk para penyelam.

2. Nusa Penida


Nusa Penida merupakan salah satu spot diving di Bali yang memiliki banyak ragam ikan yang bisa ditemuin disini. Salah satu ikan yang paling sering dijumpai adalah manta ray. Selain itu, penampakan ikan mola-mola yang sangat langka juga tak kalah menarik peminat diver dari seluruh penjuru dunia.

3. Kepulauan Gili


Pulau gili merupakan surganya bagi para diver dan snorkeling di Indonesia. Pulau ini terletak di barat laut Lombok, dikelilingi oleh terumbu karang dan tiga pulau kecil yaitu: Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan, ditambah dengan jernihnya air membuat pemandangan indah di dalamnya terlihat begit luar biasa. Umumnya banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke lokasi wisata ini, suasana pantai yang natural ditambah alaminya alam membuat mereka sejenak bisa melupakan ketegangan di kehidupan sehari mereka yang penuh sesak dan bising.

4. Kepulauan Banda


Terletak sekitar 132 kilometer dari tenggara Ambon, pulau-pulau ini adalah bagian Indonesia terpencil dan terindah. Dengan terumbu multi-warna, laut hangat dan kehidupan laut yang eksotis, Banda adalah surga bagi para penyelam yang datang dari seluruh dunia untuk menjelajahi beberapa tempat menyelam yang paling terpencil dan belum terjamah di dunia.

5. Pulau Biak

Pulau Biak, Papua merupakan sebuah pulau yang berada di kawasan Teluk Cenderawasih, yang memiliki keindahan alam, keindahan bawah air dan terdapat wreck berupa pesawat bekas peninggalan Perang Dunia.

6. Pulau Weh

Pulau weh adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di barat laut Pulau Sumatra. Pulau ini terkenal dengan ekosistemnya. Pemerintah Indonesia telah menetapkan wilayah sejauh 60 km² dari tepi pulau baik ke dalam maupun ke luar sebagai suaka alam. Hiu bermulut besar dapat ditemukan di pantai pulau ini. Selain itu, pulau ini merupakan satu-satunya habitat katak yang statusnya terancam, Bufo valhallae (genus Bufo).

7. Derawan Archipelago


Terletak di Kalimantan Timur Kabupaten Berau, Kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau, paling terkenal di antaranya adalah pulau Derawan. Pulau Derawan merupakan tempat bersarang spesies penyu hijau raksasa yang langka dan terancam punah. Di pulau ini kita bisamelihat keseharian kura-kura ketika bertelur maupun berenang.

 

Sebelum kalian mencoba diving, sebaiknya ikuti kelas diving dari licensed diving operator dulu ya.. supaya kalian mendapatkan dasar-dasar tentang menyelam. Setelah itu, mariii nikmati ketujuh spot diving ini..

Ada spot diving lain yang jadi favoritmu? Komen dibawah yaaa…

WordPress spam blocked by CleanTalk.