Tomohon International Flower Festival 2018 (TIFF 2018)

0
412

Sesuai dengan namanya, Festival ini bertema bunga yang diselenggarakan di Kota Tomohon. Sebagai Kota penghasil bunga, TIFF menjadi wadah kreatif bagi para pencinta bunga dan pelaku industri yang berhubungan dengan dunia pariwisata dan florikultura.

 

Main Event

Festival ini adalah rangkaian acara yang terdiri dari 4 main event, yaitu:

  1. Tournament of Flowers (Parade Kendaraan Hias)
  2. Tomohon Flower Carnival
  3. Tourism Trade Investment and Floriculture Expo
  4. National Art and Culture Exhibition

 

Sebenarnya masih ada satu lain main event yang cukup terkenal yaitu Kontes Ratu Bunga, tetapi untuk program ini hanya diselenggarakan 2 tahun sekali. Untuk tahun ini Kontes Ratu Bunga tidak kami selenggarakan karena jadwal pelaksanaan berikutnya tahun depan.

 

Selain mata kalian akan dimanja oleh banyaknya bunga – bunga indah ini, akan ada pertunjukan dari seniman dan musisi lokal dan nasional, ditambah dengan tari tradisional khas Tomohon diantaranya ada Tari Maengket, Tari Kabasaran dan juga ada penampilan dari grup kolintang.

 

Untuk Tournament of Flowers acaranya dilaksanakan di jalan utama Kota Tomohon dan panggung kehormatannya berada di pusat Kota Tomohon, di kompleks Menara Alfa Omega. Untuk Tomohon Flower Carnival dilaksanakan bersamaan dengan Tournament of Flowers. Untuk Tourism, Trade, Investment dan Floriculture Expo lokasinya ada yang indoor dan ada juga booth yang letaknya outdoor. Sementara untuk Art and Cultural Performance akan dilaksanakan di panggung di area terbuka, berdekatan dengan lokasi Tourism Trade Investment and Floriculture Expo.

 

Acara ini dimeriahi juga dengan banyak games – games berhadiah di beberapa booth. Biasanya di lokasi pameran tahun lalu booth dari SETNAS ASEAN mengadakan kuis yang berhadiah macam macam merchandise bertema ASEAN.

Setiap tahun tema yang diangkat berbeda seperti contohnya tahun lalu tema TIFF adalah The 7 Wonders of Tomohon, yang bertujuan mempromosikan objek wisata alam Kota Tomohon yaitu ; 7 Danau, 7 Gunung dan 7 Air Terjun.

Tahun ini tema yang dipakai adalah 8eautiful Tomohon, angka delapan berhubungan dengan pelaksanaan TIFF yang sudah ke 8 kalinya, selain itu acara ini adalah ajang menunjukkan keindahan objek wisata Kota Tomohon.

 

Tiket

Akhirnyaaa ada acara yang gratis gaes..

TIFF terbuka untuk umum dan tidak ada tiket masuk. Tetapi untuk kursi penonton di panggung utama pada saat Tournament of Flowers dan tenda di sekitar panggung utama hanya terbatas untuk tamu undangan saja, selain itu semua orang bebas menonton dan datang di semua main event TIFF 2018

 

Kapan

TIFF dilaksanakan dari tanggal 8 – 12 Agustus 2018, untuk acara pembukaannya dimulai dengan pelaksanaan Tournament of Flowers di pusat Kota Tomohon pada tanggal 8 Agustus 2018 jam 14.00 WITA

 

How to Get There

Bandara terdekat dari Kota Tomohon adalah Bandar Udara Internasional Sam Ratulangi di Kota Manado. Jarak dari Bandara ke Kota Tomohon kurang lebih 1 jam perjalanan lewat jalan darat.

 

Menginap dimana??

Ada banyak penginapan yang bisa dihubungi di Kota Tomohon, tapi ada baiknya untuk reservasi harus beberapa minggu sebelum TIFF karena biasanya 1 bulan sebelum pelaksanaan TIFF hotel dan penginapan di sekitar Kota Tomohon sudah mulai fully book.

 

Informasi Lebih Lanjut

Jika butuh informasi lebih lanjut bisa menghubungi Dinas Pariwisata Kota Tomohon di (0431 – 3156826) atau ke alamat email resmi kami di dispar@tomohon.go.id

 

Kalian bisa cek juga untuk updatean terbarunya di instagram official mereka :

@pariwisatatomohon

@tomohoninternationalflowerfest

WordPress spam blocked by CleanTalk.