Wisata Air Terjun Oehala di Kupang NTT

0
33
SAMSUNG CAMERA PICTURES

Air Terjun Oehala ini Letaknya berada di Desa Oehala, Kota So’E, Kecamatan Mollo Selatan, Kabupaten TTS, Nusa Tengara Timur. Aliran air Air Terjun Oehala ini berasal dari Gunung Mutis, maka tak diragukan lagi kesegaran dan kejernihan airnya yang berasal dari air pegunungan tersebut. Terbukti dari airnya yang terasa masih sangat alami dan bersih dengan warnanya yang hijau kebiru-biruan. Air Terjun Oehala juga sering dikenal dengan sebutan Air Terjun 7 Tingkat, karena memang air terjun ini mempunyai 7 tingkatan air terjun yang pada akhirnya bermuara di Samudera Hindia.

 

Meskipun memiliki debit air yang cukup besar, namun kedalaman kolam air alaminya tidak terlalu dalam sehingga pengunjung dapat menikmati setiap tingkatan kolam alaminya dengan sekedar berfoto-foto ria, berenang ataupun bermain air. Dikelilingi oleh rindangnya pepohonan hijau yang menjulang tinggi dan letaknya yang memang berada di tengah-tengah hutan, membuat suasana di kawasan air terjun ini semakin asri dan sejuk.

 

Harga Tiket Masuk

Jika kalian ingin berkunjung ke air terjun Oehala akan dikenakan biaya 3.000 rupiah perorang.

 

Akses Menuju Lokasi Wisata

Akses untuk menuju wisata Air Terjun Oehala ini cukup mudah, pengunjung dapat menyewa kendaraan/ menggunakan kendaraan pribadi dari Kupang ataupun dari So’E. Apabila memulai perjalanannya dari Kupang, maka arahkan kendaraan ke Kota So’E dengan jarak 110 km (kurang lebih 3 jam lama perjalanan) menuju arah Kota Kapan ±10 km (±0,5 jam). Atau bagi para traveler muda yang ingin menghemat ongkos dapat menggunakan bus dengan tujuan Kupang – Kefamenanu/ Kupang – Atambua lalu minta diturunkan di pertigaan yang menuju Kota Kapan (±3,5 jam) kemudian dilanjutkan dengan naik ojek sampai ke lokasi Air Terjun Oehala (± 45 menit). Kondisi jalan di sepanjang jalan menuju kawasan Oehala beraspal mulus, hanya beberapa titik aspal yang terlihat berlubang namun tidak terlalu menghambat perjalanan.

 

Sesampainya di area parkir lokasi wisata, pengunjung akan disuguhi jajaran warung kecil yang menjajakan berbagai macam makanan dan minuman ringan. Namun disarankan untuk membawa/ membeli bekal makanan maupun minuman sebelumnya dari kota agar harganya lebih miring jika dibandingkan membeli di warung yang berada di lokasi wisata. Selanjutnya untuk menuju spot utama Air Terjun Oehala, pengunjung harus menyiapkan sedikit tenaga ekstra dan penuh hati-hati karena pasalnya terdapat 132 anakan tangga berkelok-kelok yang harus dituruni sebelumnya. Kurang lebih 10 menit berjalan kaki lamanya menuruni anakan tangga, pengunjung akan disambut oleh pesona indahnya air terjun 7 bertingkat ini.

 

Dari foto aja udah menarik banget kan KawanJo?! Ada tempat lain lagi ga sih yang menurut kamu wajib kita ulas? ditunggu komennya ya..

Source : Indonesiakaya.com

WordPress spam blocked by CleanTalk.