Ke Medan, Ini Spot Wajib Wisata Tanah Batak

0
255
Screen Shot 2018-08-01 at 14.30.50
Photo by @eliseclt_ on Instagram

Hai KawanJO! Dikenalnya Sumatera Utara sebagai tanah kelahiran suku Batak nampaknya menyimpan begitu banyak warisan alam dan budaya yang bernilai bagi Indonesia. Salah satu yang paling ikonis adalah danau vulkanik yang memiliki panjang lebih dari 100km dan lebar sekitar 30km, yaitu Danau Toba. Danau yang dilengkapi dengan pulau kecil di tengahnya ini dikenal memiliki pemandangan matahari tenggelamnya yang indah. Dengan lokasinya yang bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam perjalanan menggunakan rute Medan – Parapat atau Medan – Brastagi, Danau Toba masuk dalam salah satu destinasi wajib di tahun ini.

Berikut itinerary yang dapat KawanJO ikuti ketika singgah di Medan. Bila Anda bepergian ke Sumatera Utara dengan pesawat, Anda akan tibadi Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang. Dari bandara berdesain modern ini, pusat kota Medan dapat ditempuh dengan mobil maupun kereta ekspres hanya dalam waktu kurang lebih 1,5 jam. Namun sebelum bertandang ke ibu kota Sumatera Utara, tidak ada salahnya bila Anda berkunjung ke daerah lain terlebih dahulu, seperti Pematang Siantar. Kota terbesar kedua di propinsi ini menawarkan objek wisata seperti Kawah Putih Siantar, sebuah sumber air panas dengan belerang yang baik untuk kesehatan kulit.

Usai berwisata di Siantar, coba mampir ke Parapat yang berada persis di tepi Danau Toba. BeberapaDengan kapal feri, Anda dapat menikmati indahnya mengelilingi danau vulkanik yang terbesar di Asia Tenggara ini. Sesampainya di Pulau Samosir yang terletak di tengah danau, kunjungan ke Desa Ambarita, tempat objek wisata budaya Batu Kursi Raja Siallagan berada. Selain rumah tradisional Batak dan jajaran kain ulos di desa ini, Anda dapat melihat Batu Persidangan tempat pelaku kejahatan diadili di Kerajaan Batak masa lampau.

Dataran tinggi medan yang terkenal yaitu Brastagi juga terletak tidak jauh dari Danau Toba. Lokasinya ada di Dataran Tinggi Karo, yang juga memiliki di Air Terjun Sipiso-piso, yang merupakan salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Jangan lewatkan pula Pasar Brastagi yang terkenal akan aneka buah-buahan segar seperti markisa, jeruk, dan alpukat mentega medan yang terkenal sangat digemari sebagai oleh-oleh.

Selain wisata alam, coba kunjungi juga daya Tarik budaya Medan, seperti Istana Maimun dengan arsitektur klasik menawan. Memiliki luas lebih dari 2.700 meter persegi, istana ini merupakan lambang kebesaran Kerajaan Deli di Sumatera Utara pada abad ke-19. Kunjungan ke kota Medan tentunya belum lengkap tanpa wisata kuliner. Datangi Durian Ucok di Jalan Wahid Hasyim untuk menikmati durian segar asli Medan yang dikupas langsung setelah Anda memesan.

WordPress spam blocked by CleanTalk.