Cerita @AkunRino, Jadi Traveler karena Profesi

0
206
Screen Shot 2018-08-03 at 16.11.28
All photo credit : @AkunRino

Siapa sangka, bermula dari kecintaannya pada fotografi sejak tahun 2010, Dwi Rino yang akrab disapa Rino kini memiliki akun Instagram dengan hampir dari 9000 pengikut karena kontennya yang menyajikan keindahan panorama dari berbagai tempat di Indonesia, terutama dari kawasan Lampung. Selain memang suka mengeksplorasi keindahan alam di daerah sekitarnya tempat tinggalnya, Krui, Pesisir Barat Lampung, pekerjaan Rino yang merupakan seorang pilot juga menambah khasanah destinasinya ketika traveling. Kesempatan untuk lebih banyak menjelajah pun terus meningkat.

 

Dari akun Instagram @akunrino, kita bisa lihat sebagian besar postingan favorit Anda adalah landscape, bagaimana ceritanya Anda bisa menyukai fotografi landscape dan bagaimana akhirnya akun IG Anda akhirnya dibanjiri followers dan dikenal sebagai akun Instagram traveler?

Mulai sekitar tahun 2010 saya sudah suka memotret, sejak smartphone mulai ada fitur kamera yang sudah beresolusi tinggi. Kemudian di tahun 2014 saya menjadi semakin menyukai fotografi landscape, saat saya mendapat pekerjaan dan mengharuskan untuk berdomisili di Krui, Pesisir Barat – Lampung, yang memang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Meskipun dengan memotret menggunakan smartphone, saya tambahkan juga dengan sedikit sentuhan seni dan teknik fotografi. Akhirnya di 2016 saya mulai sering mengunggah foto landscape Krui, Pesisir Barat di Instagram dan akhirnya menjadi objek repost/unggah ulang oleh akun media besar lokal Lampung. Sejak itu akun Instagram saya mulai dibanjiri pengikut dan mulai dikenal sebagai akun IG Traveler.

 

Sejak kapan Anda mulai sering jalan2?

Dari kecil memang sudah suka ngebolang, karena memang anak kampung dan bisanya cuma main di kebun belakang rumah. Kalau jalan-jalan yang agak jauh dan sedikit menantang dimulai tahun 2013, bergabung di Open Trip ke Krakatau. Berteman, berkenalan dan ngobrol asik bareng peserta yang sehobi yang juga dari luar Lampung yang semakin memupuk jiwa petualang saya. Setelah ini baru mulai mencoba traveling ke luar Lampung. 

 

Apa menjadi traveler merupakan salah satu keuntungan Anda sebagai seorang yang berprofesi sebagai pilot?

Sangat menguntungkan terlebih mengasyikkan, karena sembari jalan-jalan kita bisa mendapatkan footage aerial destinasi wisata di daerah yang kita kunjungi. Bahkan biasa difasilitasi akomodasinya dari pihak lain untuk jasa pilot yang diinginkannya dan bahkan sedikit penghasilan dari itu. 

 

Di sela-sela pekerjaan, seberapa harus Anda menyempatkan waktu untuk explore destinasi tempat Anda ‘mendarat’?

Tergantung dari keinginan hati yang tiba-tiba ingin berpiknik ria, atau minimal sebulan sekali untuk traveling yang agak sedikit jauh. Kalau explore di tempat domisili sekarang, bisa tiap minggu bahkan setiap hari.

 

Kamera apa yang Anda gunakan?

Untuk Kamera DSLR Canon 60d, Mirror less Samsung NX300, untuk Outdoor GoPro Hero 4+ dan untuk Aerial DJI Mavic Pro (Kadang juga cuma Pakai Kamera Ponsel).

 

Anda juga kerap postimg video, apa itu juga Anda lakukan sendiri?

Lebih banyak saya lakukan sendiri, terkadang berkolaborasi dengan kawan. 

 

Bagaimana dengan budget, apa Anda mengalokasikan dana khusus untuk rencana traveling Anda?

Harus mengalokasikan dan menyisihkan agar tidak bercampur dengan budget masa depan. Atau bisa juga dari rezeki yang tidak diduga-duga.

 

Pengalaman apa yang paling berkesan selama menjelajah Indonesia?

Paling berkesan saat berkesempatan menjelajah Raja Ampat, destinasi paling diimpikan oleh semua traveler. Dengan kawan seperjalanan yang luar biasa asik, dan keindahan Raja Ampat yang sudah tidak diragukan lagi. Kedua, beberapa bulan lalu saat melakukan pendakian dan sampai di Puncak Gunung Merbabu, tiba-tiba Gunung Merapi Yang tepat Di depan Merbabu tiba-tiba meletus/erupsi di depan mata,  yang paling membuat hati deg-deg an sekali.

 

WordPress spam blocked by CleanTalk.