6 Destinasi Bahari Unggulan Sulawesi Utara

0
205
30084130_1139555882851348_926090967306469376_n
Photo by @indoflashpacker on Instagram

Jika menyebut Sulawesi Utara, mungkin yang pertama teringat adalah Bunaken. Tak salah memang, Taman Nasional ini adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia karena keindahan ekosistem terumbu karangnya. Ternyata Sulawesi Utara menyimpan banyak destinasi bahari yang membuat para wisatawan rela datang jauh dari luar negeri. Untuk KawanJo pecinta snorkeling, diving, atau penikmat suasana laut, berikut 6 destinasi menggoda di Sulawesi Utara:

Bunaken 

Photo by @franzpedia on Instagram

Tidak sah membahas wisata Sulawesi Utara tanpa menyebut spot yang satu ini. Pulau Bunaken membentang seluas 8,08 km persegi di Teluk Manado. Untuk mencapainya kita perlu menaiki kapal cepat selama 30 menit. Keindahan bawah lautnya tak perlu diragukan lagi, bahkan tanpa menyelam kita bisa melihat terumbu karang lewat perahu katamaran. Di sekitar pulau terdapat 12 titik penyelaman untuk melihat pemandangan bawah laut beserta biotanya yang beraneka jenis.

Pulau Siladen 

Photo by @chaliciouz on Instagram

Pulau berpasir putih ini berada di sisi timur dari Pulau Bunaken. Siladen juga memiliki kekayaan terumbu karang dan biota laut yang berwarna-warni. Di pulau seluas 31,25 hektar ini juga berdiri resort-resort mewah yang menjadi favorit wisatawan mancanegara. Karena pasirnya yang putih bersihSiladen cocok untuk aktivitas olahraga pantai. Selain itu kita juga bisa mencoba menaiki perahu kaca (katamaran) dan snorkeling. 

Mahangetang 

Gunung Api Mahangetang adalah gunung api aktif bawah laut yang terdapat di perairan Kecamatan Tatoareng, Sangihe. Puncaknya terletak 8 meter di bawah permukaan laut dan diselimuti gugusan terumbu karangUntuk melihat keunikannyakita harus menyelam 6-10 meter. Oleh masyarakat setempat gunung ini juga sering disebut Banua Wuhu. Karena masih merupakan gunung aktifperut Mahangetang mengeluarkan gas berwujud gelembung air yang terlihat di beberapa spot menyelam. Kita juga akan merasakan suhu air laut di sekitar gunung ini terasa lebih hangatHati-hati menyelam di Mahangetangsebaiknya gunakan jasa pemandu profesional. 

Pulau Miangas 

Photo by @GNFI on Instagram

Miangas terkenal sebagai tapal batas Indonesia dengan Filipina. Jarak Miangas dari kota terdekat Melonguane, Indonesia adalah 110 mil, sementara dari Davao, Filipina hanya 48 mil. Jika ingin mengunjungi Miangasperhatikan jadwal kapal karena tidak tiap hari ada kapal masukapalagi jika musim angin kencang. Laut Miangas terkenal jernih, bahkan dari pertama menjejakkan kaki di pelabuhan pun kita akan terkesima. Belum ada hotel di Miangas, sehingga wisatawan yang datang biasanya menginap di rumah warga yang disewakan. Akrabkan diri dengan penduduk lokal, siapa tahu kita diberi informasi spot cantik yang masih tersembunyi. Setahun sekalipemerintah setempat mengadakan Festival Manam’miyaitu panen besar ikan yang diikuti dengan bersantap ikan bakar bersama. 

Pulau Lihaga 

Pulau seluas 8 hektar ini secara resmi tidak berpenghuni. Letaknya di Kabupaten Minahasa Utara, jika kita menyewa kapal dari Manado akan memakan waktu tempuh sekitar 3 jam. Lautnya sangat jernih dan pasirnya putih, karangnya berwarna warni cocok untuk penggemar snorkeling. Wisatawan akan betah berlama-lama di pulau kecil ini karena suasananya yang sepi jauh dari dari hiruk pikuk kota. 

Pantai Lakban 

Pantai Lakban terletak di Kecamatan RatatotokKabupaten Minahasa Tenggara. Waktu yang diperlukan untuk mencapai pantai ini dari Manado adalah 3-4 jam. Walau cukup lama, tidak perlu khawatir karena lelah akan terbayar saat melihat birunya pantai ini. Pantai Lakban membentang panjang dengan hamparan pasir halus dan ombak yang ramah untuk berenangSempatkan untuk mengelilingi area sekitar pantai dengan perahu kayu untuk menikmati alam pantai yang masih asri.

WordPress spam blocked by CleanTalk.