Nglanggeran, Surga di Bawah Kaki Gunung Api Purba

0
5065

KawanJO, pernah  dengar daerah bernama Nglanggeran? Sebuah desa di Yogyakarta, di kaki gunung api purba yang berumur sekitar 60 tahun. Dahulu, Nglanggeran hanyalah desa terpencil pengekspor TKI, namun kini masyarakat kembali ke desa untuk membangun desa wisata Nglanggeran. Kini Nglanggeran, Desa Wisata Terbaik I Indonesia CBT Awards 2017. 

Penghargaan itu diraih karena banyak dukungan dari masyarakat untuk membangun Nglanggeran yang indah sebagai sebuah desa wisata. Akhirnya, penghargaan itu diraih karena Nglanggeran mampu memberikan kontribusi kesejahteraan sosial, melibatkan kepengurusan dari masyarakat, menjaga dan meningkatkan kualitas  lingkungan, mendorong terjadinya partisipasi interaktif antara masyarakat lokal & wisatawan, menyediakan jasa perjalanan wisata dan pramuwisata yang berkualitas, termasuk mengenai kualitas makanan, minuman, akomodasi dan kinerja friendly tour operator (FTO).

Jika KawanJO penasaran, di Nglanggeran ada 3 tipe wisata yang dapat dipilih, di antaranya ada:

Educational Tourism 

Banyak edukasi yang bisa KawanJO pilih di antaranya adalah edukasi membajak sawah, menanam padi, edukasi tanaman hidroponik dan kakao atau olahan coklat.  Ada juga edukasi tentang peternakan kambing yang kemudian dapat menjadi minuman susu dari kambing serta produk lainnya. 

Cultural Tourism

KawanJO bisa menikmati Budaya Ungguh-Ungguh Jawa dan Karawitan. Ada juga Jathilan yaitu sebuah kebudayaan Desa Wisata Nglanggeran dimana suatu seni tarian yang menggunakan aksesoris kuda lumping dan menggunakan pakaian tradisional tari. 

Adventure Tourism

Bagi KawanJO yang ingin melakukan aktivitas lebih menantang, coba juga Trekking, Tyrolean (menyebrangi jurang/lembah dengan tali), Cliffswing, Outbond, serta Flying Fox yang dapat KawanJO nikmati bersama pemandangan indah Nglanggeran.

Di sekitar desa, KawanJO dapat menjumpai embung yang merupakan kolam seperti telaga di ketinggian sekitar 500 meter dengan luas sekitar 5.000 m2 yang berfungsi menampung air hujan untuk mengairi kebun buah kelengkeng, durian, dan rambutan di sekeliling embung. Pada musim kemarau, para petani bisa memanfaatkan airnya untuk mengairi sawah. Sampai di sisi embung, KawanJO bisa melihat matahari terbenam dan melihat gunung api purba di seberang embung.

Mau jalan-jalan sambil berkontribusi untuk lingkungan juga? Nglanggeran salah satu jawaban untuk KawanJO! Yuk kita traveling dan #SupportLocalCommunity bersama Pigijo!

WordPress spam blocked by CleanTalk.