Keindahan Belitung Yang Lain di Desa Wisata Kreatif Terong

0
382

Belitung memang mampu menyuguhkan apa yang wisatawan butuhkan. Mulai dari wisata pantai dan pulau, laut, hutan, sungai, hingga kuliner, semua ada di sana. Namun, lebih dari sekadar trip layaknya set film Laskar Pelangi yang digemari wisatawan, apa KawanJo pernah mendengar mengenai Desa WIsata Kreatif Terong yang ada di Belitung?

Desa wisata di salah satu destinasi prioritas itu merupakan salah satu destinasi yang pas untuk liburan keluarga di Belitung. Desa ini memiliki letak yang sangat strategis di jalur pelintasan pesisir pantai utara Pulau Belitung dan jalur lintasan pariwisata Tanjungpandan, Tanjung Kelayang dan Tanjung Tinggi. Dengan jarak cuma 10 km dari pusat kota Tanjungpandan dan dengan waktu tempuh antara 10-15 menit adalah sebuah super kemudahan untuk mencapai ke Desa Wisata Kreatif Terong ini. Mempunyai pantai laut yang sangat landai dan luas adalah sebuah anugerah yang luar biasa dengan pasir putih yang sangat bersih. Beragam kegiatan dan atraksi desa wisata menjadi sebuah pertunjukkan yang menarik dan unik bagi para wisatawan yang berkunjung ke desa wisata Terong ini. Pemandangan sunset yang sangat indah menjadikannya spot foto yang menarik dan indah.

Lalu, aktivitas apa yang bisa dilakukan ketika mengujungi desa kreatif ini?

Mukat, Cara Pancing Tradisional Nelayan Lokal.

KawanJO dapat terjun langsung untuk mengikuti aktivitas nelayan tradisional untuk mencari ikan, kepiting dan udang yang dilakukan dengan cara tradisional, yaitu membentangkan pukat tersebut di saat air laut pasang  atau surut. Aktivitas ini bisa dilakukan di siang ataupun di malam hari.

Nyume, Cara Pancing  dengan Perahu 

Nyume’ atau Nyanda’ adalah istilah lain dari kebiasaan nelayan tradisional mancing cumi dengan menggunakan jungkong (perahu kecil). Aktifitas ini bisa dilakukan siang atau malam hari tergantung kondisi pasang surut air laut. Kadang satu jungkong berukuran sedang dapat memuat maksimal dua orang dewasa, dan ukuran paling kecil hanya dapat memuat satu orang dewasa.

Perkebunan Sayur di Desa Wisata Kreatif Terong? Ada juga!

Kata siapa Belitung tidak punya daerah yang sejuk? Justru Desa Wisata Kreatif Terong menyuguhkan aktivitas di perkebunan sayur untuk KawanJO sambil masakmasak ala kebun dan kita bisa melanjutkan dengan pesta makan siang bersama di kebun dengan nuansa alam yang sejuk.

‘Ngeremis’ di Pantai Desa Wisata Kreatif Terong

Ngeremis adalah aktivitas masyarakat desa untuk mencari kerang-kerangan kecil (keremis) di sepanjang pantai saat air laut surut. Untuk mencari keremis ini cukup dengan menggunakan sebuah potongan bambu pendek yang sudah dibelah. Mencari keremis ini lebih seru lagi jika dilakukan sore hari beramai-ramai sambil melihat mentari tenggelam. Gimana KawanJO, tertarik dong?

Berniat ke sana? Yuk kita traveling dan #SupportLocalCommunity bersama Pigijo!

WordPress spam blocked by CleanTalk.