Melihat sisi lain dari Yogyakarta

0
2182

Yogyakarta terkenal sebagai kota yang punya segudang destinasi wisata, seperti Hutan Pinus Mangunan, Gunung Api Purba Nglanggeran atau Pinus Pengger yang lagi hits. Tapi tahukah KawanJO kalau kota yang terkenal sebagai kota pelajar ini mempunyai desa wisata yang masih mempertahankan kelestarian budaya Jogja dan suasana pedesaan yang masih asri. Apakah itu?

Yaitu Desa Wisata Tembi atau yang juga familiar dengan sebutan “Dewi Tembi”. Terletak di Jl. Parangtritis kilometer 8.5, Sewon, Bantul – Yogyakarta. Desa Wisata ini hanya berjarak tempuh sekitar 15 menit dari Malioboro.

Desa wisata yang biasa juga dipanggil Tembi ini masih sangat alami. KawanJO bisa menikmati pemandangan sawah yang terbentang luas yang bisa melepas penat dari riuhnya aktivitas. Nah cocok banget nih kalau KawanJO ingin berlibur bersama keluarga, karena akan banyak hal yang bisa KawanJO pelajari dari mulai kebudayaan dan kerajinan dari desa Tembi.

Keberadaan Tembi ini sebenarnya muncul dari sebuah gagasan unik dari Menteri kebudayaan Indonesia, melihat potensi yang dimiliki Tembi sebagai sebuah desa kerajinan dan desa homestay. Selain itu, Tembi juga mempunyai rumah homestay siap huni sebanyak 38 rumah, di desain dengan model pedesaan.

Apa saja ya yang bisa dinikmati di Dewi Tembi?

  • Kerajinan tangan

KawanJO bisa belajar untuk membatik kain, membatik topeng kayu, membuat kerajinan tempat pensil dan tempat tisu, membuat tembikar/keramik, sampai tatah sungging wayang, yaitu kerajinan yang memadukan seni dan sejarah wayang kulit, setelah itu memberikan warna pada polanya. Wah unik banget ya!

  • Membuat berbagai kuliner

KawanJO juga akan diajarkan bagaimana cara membuat makanan tempe dele, sagon (kue kering yang terbuat dari tepung beras ketan dicampur dengan kelapa), dan ceriping bonggol pisang. Cocok banget nih buat KawanJO yang mau ajak anak-anak untuk bisa belajar membuat kuliner tradisional

  • Outbound

Nah, di Tembi juga ada permainan seru yang bisa mengasah kemampuan individu maupun kelompok. Tersedia lomba pegang belut di sawah, estafet bakiak, bajak sawah, dan masih banyak lagi

Kapan lagi KawanJO bisa merasakan indahnya pedesaan di tengah suasana perkotaan? KawanJO bisa rasakan di Desa Wisata Tembi. Yuk traveling sambil #SupportLocalBusiness bersama PIGIJO

WordPress spam blocked by CleanTalk.