Destinasi Horror dan Spooky di Indonesia

0
65

Destinasi horror dan spooky di Indonesia

Hi KawanJO dan sobat blogger lainnya,
Destinasi horror dan spooky emang memiliki daya Tarik kuat untuk wisatawan Greget buat mengunjunginya. Mau tau Destinasi apa saja yang greget untuk dikunjungi? Berikut ini Traveller Baik sudah merangkum tempat-tempat atau destinasi yang bernuansa horror dan spooky di Indonesia.

1.      Alas Purwo


Banyuwangi, daerah diujung timur pulau jawa yang memiliki julukan The Sunrise of Java ini selain keindahan yang luar biasa juga memliki segudang misteri. Di balik keindahan alam banyuwangi terdapat satu tempat misteri yang konon merupakan tempat paling angker se-pulau jawa yaitu “Alas Purwo” yang dipercaya dapat membawa Anda ke dimensi mahluk dunia lain. Nama Alas Purwo sendiri diambil dari kata Purwo, yang dalam Bahasa Jawa berarti kawitan atau permulaan. Sehingga Alas Purwo memiliki arti hutan pertama atau hutan tertua Pulau Jawa. Bagi masyarakat Banyuwangi tempat ini dikenal sangat angker dan termasuk tempat yang sangat keramat.

2.     Goa Belanda dan Goa Jepang

Menikmati wisata alam sambil belajar dan mengenal sejarah adalah salah satu sarana yang disediakan oleh Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Seperti dibahas sebelumnya, pada taman hutan raya ini terdapat dua buah situs bersejarah yaitu Goa Belanda dan Goa Jepang. Dapat kita lihat dari nama kedua Goa tersebut, tentu saja kedua Goa ini dimanfaatkan pada saat Indonesia masih berada dalam jajahan Belanda dan Jepang. Goa Belanda, berjarak kurang lebih 1 kilometer dari pintu gerbang Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda melalui gerbang Dago Pakar. Goa Belanda ini didirikan pada tahun 1912 oleh kolonial Belanda. Awal mulanya Goa ini merupakan sebuah terowongan yang digunakan untuk menyadap aliran air sungai Cikapundung yang digunakan oleh PLTA Bengkok. Terowongan yang kini diebut Goa Belanda ini sendiri berdiri sepanjang 144 meter, dengan lebar 1,8 meter. Dan untuk memperkuat kegiatan militer Belanda pada zamannya, dibangunlah jaringan goa sebanyak 15 lorong dan dua pintu masuk setinggi 3,2 meter. Luas pelataran yang digunakan untuk membangun Goa Belanda ini seluas 0,6 Ha dan luas seluruh Goa beserta lorongnya sekitar 548 meter. Pada masa Perang Dunia ke II, Belanda memanfaatkan Goa Belanda ini sebagai station radio telekomunikasi Belanda. Sedangkan pada masa kemerdekaan, Goa Belanda ini dimanfaatkan oleh para pejuang Indonesia sebagai gudang mesiu.

3.     Lawang Sewu

Gedung tua ini juga jadi saksi bisu dari pertempuran sengit antara Angkatan Pemuda Kereta Api (AMKA) melawan penjajah Jepang demi mengambil alih jalur kereta api. Setidaknya, belasan pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran ini dan dimakamkan tepat di halaman gedung.

Penduduk Semarang lalu menyebut gedung ini dengan nama Lawang Sewu karena terdapat banyak sekali pintu. Sebenarnya jumlah pintunya hanya sekitar 342 saja, tapi karena sangat banyak akhirnya masyarakat setempat menyebut Lawang Sewu atau Pintu Seribu.

Konon keangkeran Lawang Sewu mulai dirasakan ketika banyak rakyat Indonesia dan tentara Belanda yang mati secara tragis di sini. Kisah nyata misteri Lawang Sewu bisa Kamu baca di halaman selanjutnya, termasuk dari kisah penampakan yang pernah terekam kamera sebuah acara uji nyali.

4.     Tidak terawat dan menyeramkan – Taman Festival Sanur

Tempat wisata ini dibangun pada tahun 1997 dan berlokasi di daerah Pantai Padang Galak, Desa Kesiman Petilan, Sanur. Taman Festival ini dulunya punya banyak wahana yang keren serta megah, loh. Mulai dari gedung pertunjukan, amphitheater, theater 3D, kebun binatang, wisata alam, hingga gunung buatan yang bisa meletus non-stop!

Taman Festival ini memang dibangun pada tahun 1997. Namun, di tahun 1999, tempat ini ditutup. Hal tersebut dikarenakan kebangkrutan. Menurut salah satu pengunjung yang pernah datang ke Taman Festival pada masanya. Area ini memang sangat megah, bisa dibilang mewah. Oleh karenanya, hanya dalam waktu dau tahun saja, pembangunan tempat ini tidak dapat diselesaikan karena tidak adanya dana.

Dan kini Taman Festival ini sudah mangkrak selama 17 tahun lebih. Tidak lagi indah dan megah. Hanya menyisakan akar-akar pohon, semak, sampah, mural-mural dan seni grafiti, serta hening.

5.     Desa mistis dengan mayat yang terserak di tanah – Desa Trunyan

Pulau Dewata memang surga untuk liburan. Bukan hanya garis pantai yang indah, di sana pula terdapat beragam tempat wisata Bali  yang keren dan sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Desa Trunyan, sebuah kawasan yang hingga kini mampu menarik perhatian wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara. Lalu apa sih keunikannya?

Trunyan merupakan salah satu desa yang berada di daerah Kintamani. Destinasi satu ini terkenal akan tradisi pemakaman yang unik. Biasanya pemakaman selalu identik dengan peti atau kain kafan, tapi tidak begitu di Trunyan. Mayat hanya diletakkan begitu saja di atas tanah. Bukan sembarang tanah, warga Trunyan meletakkan mayat di bawah sebuah pohon yang sudah bertahun-tahun tumbuh di sana. Kerabat dari orang-orang mati cukup menyiapkan bambu sebagai pagar di samping makamnya. Nampak sederhana tidak seperti pemakaman di tempat lain. Selain dipagari dengan bambu ukuran satu meteran, juga ada sesaji yang di letakkan persis di dekat area makam.

Kendati dibiarkan terbuka tanpa tertimbun tanah, mayat yang ada di makam Trunyan ini tidak menimbulkan bau busuk. Malah bau harum yang tercium. Usut punya usut, bau harum tersebut berasal dari pohon besar bernama Taru Menyan yang berada di tengah makam. Warga sekitar pun percaya jika akar dari pohon ini yang menyerap bau busuk dari mayat. Beberapa mayat yang sudah menjadi tulang belulang dikumpulkan menjadi satu. Hal ini agar mayat yang baru dapat diletakkan di sebelah pohon Taru Menyan. Tidak semua orang mati bisa diletakkan di makam ini. Tentu saja ada persyaratannya, mulai dari status hingga kematian yang wajar atau tidak. Trunyan juga memiliki hal lain yang tak kalah menarik. Yaitu Barong Brutuk, sebuah gerakan tari dengan mengenakan kostum seram seperti di bawah ini. Pernah melihat di tempat lain?

6.     Hotelnya para hantu Bali – P.I Bedugul

Ketika mendengar kata Bali, pasti yang ada dipikiranmu adalah tempat wisata seperti pantai indah dengan sunset dan sunrise yang siap memanjakan mata atau air terjun tersembunyi yang siap menantang naluri petualanganmu.

Tapi tahukah kamu, Bali juga memiliki beberapa tempat yang dipercaya angker, salah satunya yaitu hotel PI Bedugul. Saking angkernya sampai dijuluki “The Ghost Palace”, dimana diketahui hotel ini sudah sejak lama tidak berpenghuni.

Konon katanya hotel yang berada 50 km di utara Kuta ini memiliki beberapa kisah horor yang pasti bisa membuatmu merinding bila mendengarnya.

7.     Gerbang menuju istana Laut Selatan – Pantai Parangkusumo

Membahas dunia gaib tak bisa dipisahkan dengan sosok Nyi Roro Kidul yang sangat melegenda di kalangan masyarakat Indonesia. Sosok cantik rupawan ini dikenal sebagai penguasa laut selatan yang istananya sendiri dikabarkan berada di pantai Parangkusumo dan Parangtritis. Dua pantai tersebut dikatakan sebagai pintu gerbang dari istana Nyi Roro Kidul. pantai Parangkusumo dan Parangtritis memiliki pemandangan alam yang sangat indah dengan pasirnya yang lembut dan gulungan ombak besar.

Sayangnya banyak kejadian ganjil yang terjadi di kawasan ini bahkan warga sekitar pun selalu memberi nasihat kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai Parangkusumo dan Parangtritis untuk tidak menggunakan pakaian berwarna hijau. Warna hijau adalah warna kesukaan Nyi Roro Kidul bila ada yang melanggar biasanya orang tersebut akan terseret dan tak pernah kembali bahkan jasadnya tak pernah ditemukan. Banyak yang mengira bahwa orang-orang yang hilang itu tinggal di istana Nyi Roro Kidul dan dijadikan budaknya.

8.     Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg menjadi salah satu tempat wisata yang favorite untuk dikunjungi ketika sedang berada di Yogyakarta. Namun siapa yang menyangka jika benteng yang dahulunya merupakan tempat pertahanan Belanda ini selain menyimpan kekayaan sejarah, juga menyimpan cerita horor di dalamnya. Menurut cerita yang berkembang di masyarakat sekitar, bahka ketika malam tiba sering terlihat penampakan berupa noni Belanda yang berkaki kuda. Tak hanya itu, ada juga yang menyebut pernah melihat hantu perempuan. Dan yang lebih seram ada sebuah cerita mengatakan bahwa pernah mendengar suara pasuka tentara yang sedang berlatih, dimana setelah dilihat ternyata tanpa kepala. Tak berhenti di situ saja, kisah mistis lainnya terjadi pada tahun 1988 saat Pasar Bringharjo sedang mengalamai renovasi ada sebuah kejadian menggemparkan dimana terdengar teriakan yang sangar kencang dari dalam benteng ini. Setelah diusut, ternyata suara tersebut dikabarkan adalah suara teriakan dari arwah yang menjadi tawanan pada zaman Belanda dahulu.

9.     Mansion eksotis dengan nilai historis tinggi – Tjong A Fie Mansion

Berlokasi di Medan, menurut beberapa kabar yang beredar, rumah Tjong A Fie ini tidak hanya kental akan history yang tersimpan didalamnya namun juga cerita mistis dan terkenal angker. Banyak yang melihat ada aktivitas mahluk tak kasat mata di Rumah tjong a fie mansion medan ini.

Ada sebuah situs online yang mencoba membuktikan kebenaran kabar tersebut dengan membawa ahli supranatural untuk menyingkap misteri dibaliknya. Hasil dari penerawangan si ahli supranatural tersebut adalah Tjong A Fie mansion memiliki keseimbangan energi Yin dan Yang.

Alasan inilah yang membuat rumah tua ini tetap kokoh bertahan hingga sekarang meskipun telah 100 tahun lebih. Ahli supranatural tersebut melanjutkan penerawangannya ke sudut-sudut rumah dan benar memang terdapat penjaga mahluk-mahluk astral disini. Di bagian entrance atu pintu gerbang terdapat mahluk menyerupai pendekar china.

10.   Benteng kokoh dan luar biasa – Fort Rotterdam

Bila sedang berada di Makassar tak lengkap jika tak mengunjungi wisata sejarahnya yang berupa benteng. Salah satu benteng yang ada di kota ini bernama benteng Fort Rotterdam yang merupakan peninggalan zaman kerajaan Gowa Talo.  Benteng yang dibangun pada tahun 1545 ini menjadi saksi  perjuangan warga Makassar dalam melawan penjajahan Belanda.  Benteng Fort Rotterdam sering dijuluki sebagai benteng Panyyua atau penyu. Kenapa penyu? Bila kamu melihat benteng Fort Rotterdam dari ketinggian struktur bangunan akan nampak  seperti bentuk hewan penyu.

Penyu sendiri bermakna kebesaran  kerajaan Gowa talo baik di daratan maupun di lautan.  Ketika penyerangan terjadi di tempat ini banyak sekali mayat Belanda yang ditemukan di dalam benteng tersebut. Wajar saja bila banyak pengunjung melihat penampakan orang Belanda pada beberapa titik di benteng tersebut.  Salah seorang pengunjung bahkan mengaku sempat melihat tentara Belanda yang berjalan di atas benteng dengan dada yang dipenuhi oleh darah.  Benteng ini juga kerap dijadikan event – event acara besar seperti halnya Lawang Sewu di Semarang.

11.  Tana Toraja

Tana Toraja merupakan salah satu tujuan wisata terbaik yang ada di Sulawesi Selatan. Dari Makassar, Tana Toraja dapat diakses dengan dua rute, yaitu darat dan udara. Rute darat membutuhkan waktu cukup lama, berkisar 8-9 jam. Sedangkan rute pesawat dari Makassar menempuh waktu selama 50 menit. Namun, penerbangan hanya tersedia pada hari dan jam tertentu saja.

Keindahan alam dan budaya leluhur yang dimiliki orang Toraja menjadi daya pikat tersendiri. Memasuki pusat kota Toraja, kamu akan disuguhkan kemegahan rumah-rumah tongkonan yang menjadi simbol kekayaan tradisi leluhur ini.

Tidak berhenti sampai di situ. Kamu akan melihat berbagai hal unik dari upacara adat, kuburan batu, hingga kuburan khusus bayi. Ya, Toraja menjadi salah satu daerah di dunia yang menyakini kesakralan kematian bayi.

Dikenal dengan sebutan Passiliran, kuburan bayi yang berada di Kambira ini tidak boleh kamu lewatkan saat berlibur ke Toraja. Mengandung filosofi mendalam, berikut ini tujuh fakta tentang kuburan bayi Kambira yang fenomenal.

12.  Taman horor di jantung Jakarta – Taman Langsat Mayestik

Taman Langsat yang terkenal angker hingga diangkat menjadi sebuah film ini juga dibenarkan oleh Ki Joko Bodo. Ki Joko Bodo yang dikenal sebagai ahli spiritual dan ikut membintangi film Taman Langsat Mayestik ini membenarkan bahwa taman tersebut memiliki energi dan aura yang kental dengan dunia gaib. Terutama keberadaan pohon beringin yang berada di taman ini sejak ratusan tahun lalu konon sebagai sumber energi yang besar dan berbahaya bagi orang yang berniat usil di tempat ini.

Di balik kisah horor dari Taman Langsat ini mengingatkan kita untuk bisa lebih menjaga sikap dan perbuatan. Konon, di dunia ini selain ada kehidupan manusia juga ada kehidupan dari alam lain yang tak pernah bisa kita lihat dengan mata telanjang. Percaya atau tidak itu kembali kepada setiap pribadi manusianya.Dilarang mengenakan warna hijau! – Pelabuhan Ratu, Sukabumi

13.  Episentrum ‘Segitiga Bogor’ yang misterius: Gunung Salak

Gunung Salak yang terkenal angker dan sulit, memang memiliki trek yang nggak mudah. Maka dari itu, nggak terlalu banyak pendaki yang rela menghabiskan akhir pekannya ke sini. Mending ke Gunung Gede atau Pangrango, yang sejatinya jauh lebih tinggi daripada Gunung Salak.

Tapi, kalau kamu emang petualang sejati, kamu bisa melewati beberapa jalur yang bisa kamu tempuh untuk mencapai puncak Salak. Kamu bisa mengawali pendakianmu dari jalur Giri Jaya (Curug Pilung), atau bisa melewati jalur Pasir Reungit (Bogor). Kalau kamu pengin jalur yang lebih enak dan cepat, kamu bisa lewat jalur Cidahu (Sukabumi) dan juga jalur Kutajaya (Cimelati).

Sebelum memutuskan untuk mendaki, kamu harus izin dulu dengan kuncen yang menjaga Gunung Salak. Demi keselamatan!

14.  Tempat para pemuja setan?: Rumah Gurita, Bandung

Rumah ini mulai menjadi trending topic setelah banyaknya media didunia maya yang membahas sebuah rumah besar yang bergaya cukup aneh yang terletak di Jalan Terusan Sukadamai 1 No. 6, Sukajadi, Bandung.

Yah cukup aneh, karena diatas rumah tersebut terdapat sebuah patung gurita raksasa yang berwarna hitam legam dan seakan-akan keluar dari sarangnya untuk mencari mangsa. Tentunya patung gurita itu menjadi ikon yang sangat unik namun sekaligus sangat misterius bagi kebanyakan orang.

Tak hanya sampai disitu saja, Rumah Gurita menjadi semakin terlihat angker dan menyeramkan setelah cat tembok rumah yang berwarna putih sudah banyak yang mengelupas sehingga menjadi tampak sangat kusam. Pada beberapa bagian tembok rumah juga terdapat lumut yang mengering, sehingga semakin menegaskan bahwa rumah tersebut cukup angker dan menyimpan aura negatif.Anehnya, entah darimana asal usulnya, Rumah Gurita yang bergaya cukup aneh itu dianggap sebagai tempat pemujaan setan atau aliran sesat. Selain itu, banyak orang yang juga menganggap bahwa Rumah Gurita adalah gereja setan. Namun, dari informasi warga sekitar rumah justru bertolak belakang dari banyaknya kabar yang telah beredar di berbagai media elektronik. Warga sekitar justru mengatakan bahwa tidak pernah ada kegiatan aneh didalam rumah tersebut. Bahkan menurut salah satu warga yang pernah masuk, rumah tersebut layaknya rumah pada umumnya, hanya saja rumah tersebut jarang ditempati oleh pemiliknya yang bernama Frans karena kesibukannya.

Anehnya, entah darimana asal usulnya, Rumah Gurita yang bergaya cukup aneh itu dianggap sebagai tempat pemujaan setan atau aliran sesat. Selain itu, banyak orang yang juga menganggap bahwa Rumah Gurita adalah gereja setan. Namun, dari informasi warga sekitar rumah justru bertolak belakang dari banyaknya kabar yang telah beredar di berbagai media elektronik. Warga sekitar justru mengatakan bahwa tidak pernah ada kegiatan aneh didalam rumah tersebut. Bahkan menurut salah satu warga yang pernah masuk, rumah tersebut layaknya rumah pada umumnya, hanya saja rumah tersebut jarang ditempati oleh pemiliknya yang bernama Frans karena kesibukannya.

Gimana nih kawanJO? Setelah baca informasi mengenai destinasi yang mengandung cerita-cerita mistis, kawanJO tertarik untuk mengunjunginya gak ?
hihihihi..

Mau Mengunjungi tempat-tempat di atas? Cek di sini

WordPress spam blocked by CleanTalk.