First Time Summit, Gunung Penanggungan

0
50

Hallo KawanJo!! udah kemana aja hari ini? Masih sekolah? Kerja? Kuliah? Buat kalian yang masih sibuk dan belum sempet pergi travelling, coba deh take your time in weekend. Ambil ransel atau koper kalian dan pergi sejauh mungkin. Nikmatin alam yang udah Tuhan kasih ke kalian.

Di beberapa blog sebelumnya saya udah pernah cerita tentang pengalaman saya summit Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa. Nah buat kalian yang belum baca bisa langsung cek tulisan saya disini ya https://blog.pigijo.com/2018/10/14/travelling-naik-gunung-yuk-siapa-takut/

Kali ini saya mau berbagi pengalaman pertama saya summit yaitu di Gunung Penanggungan, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur Indonesia 1.653 mdpl. Gunung ini memang tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan beberapa gunung yang ada di daerah Pulau Jawa. Jadi sangat cocok buat para pemula dan untuk manusia manusia sibuk yang ga punya waktu untuk  menikmati keindahan alam Indonesia.

Untuk trackingnya sendiri, Gunung Penanggungan cuma butuh waktu dua hari satu malam. Bahkan kalau KawanJo mau satu hari juga bisa. Tapi kalau cuma sehari KawanJo ga bisa nikmatin pemandangan disana. Kesannya terlalu buru buru dan ga jadi refreshing deh.

Di jalur pendakian Gunung Penanggungan ada 4 pos istirahat sebelum sampai di puncak bayangan, tempat KawanJo mendirikan tenda. Untuk sampai di masing masing pos dibutuhkan waktu kurang lebih sekitar satu jam, tergantung dari jalur yang KawanJo lewati. Meskipun Gunung Penanggungan termasuk gunung yang landai, namun track pendakiannya cukup sulit dikarenakan datarannya yang selalu naik dan penuh dengan batu batu besar. Terlebih jika KawanJo tracking disaat musim hujan, batu batu tersebut akan menjadi sangat licin dan membahayakan. Gunung Penanggungan merupakan salah satu gunung yang tidak memiliki sumber air, jadi untuk KawanJo yang mau mencoba hiking di gunung ini sebaiknya membawa persediaan air bersih yang cukup banyak. Di gunung Penanggungan juga tidak terdapat WC. Jadi apabila KawanJo ingin buang air harus mencari tempat yang pas dan tidak sembarangan.

Puncak Bayangan bersama para pendaki

Setelah sampai di Puncak Bayangan, KawanJo bisa mendirikan tenda untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan menuju puncak Gunung Penanggungan untuk melihat sunrise. Sekitar pukul 01.00 pendakian menuju Puncak Penanggungan bisa di mulai. Tetapi kelompok saya saat itu memulai perjalanan pukul 03.00 pagi. Membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 4 jam bagi pemula untuk sampai di Puncak Penanggungan. Tracknya yang sangat miring dan banyaknya batu besar membuat saya sedikit kelelahan. Tetapi ketika saya membayangkan ini merupakan summit pertama saya dan dengan embel embel Pocari Sweat dari senior saya, saya menjadi sangat bersemangat. Dan akhirnya pada pukul 06.00 kami sampai di Puncak Penanggungan. Yang membedakan Puncak Penanggungan dengan kebanyakan puncak gunung lainnya adalah puncak ini masih ditumbuhi banyak rumput hijau dan bisa dijadikan tempat untuk camping. Mungkin dikarenakan suhu udara yang masih dibatas normal. Pemandangan yang tercipta dari Puncak Penanggungan adalah kita dapat melihat dua gunung lainnya yang terletak di sebrang Gunung Penaggungan yaitu Gunung Arjuno dan Gunung Welirang.

Pemandangan  Gunung Arjuno dan Gunung Welirang

Tebing batu di jalur pendakian Gunung Penanggungan

Summit Gunung Penanggungan

Doc. Pribadi Willi Lusiana

Setelah puas menikmati pemandangan dan juga berfoto, kami turun sekitar pukul 08.00 dikarenakan matahari yang semakin terik. Menurut saya meskipun Gunung Penanggungan landai, pemandangan yang ditawarkan gunung Penanggungan tidak kalah menarik dengan gunung gunung lainnya. Ditambah lagi dataran hijau yang subur terdapat di puncak Penanggungan. Gunung ini merupakan salah satu list gunung favorit saya. Mulai dari sini, saya percaya kalau usaha ga akan pernah hianatin hasil. Kalau dibilang naik gunung capek mah udah pasti, apalagi kalau baru pertama kali. Dijalan pasti pikirannya udah pengen berhenti dan pulang aja. Tapi kalian akan berpikir ulang kalau udah sampe di Puncak. Kalian bakalan mau balik lagi, dan lupa akan lelahnya proses yang harus kalian lalui buat sampe ke puncak. Dan satu lagi, kalian akan sangat rindu kebersamaan diatas gunung bersama dengan tim kalian. 

Nah KawanJo, terbuktikan kalo liburan itu ga perlu lama lama asal pikiran kita bisa di refresh ulang dengan cara apa pun. Kan liburan versi tiap orang beda beda. Ini liburan versi saya. Kalau liburan versi KawanJo gimana? Atau masih bingung pilih liburan versi kalian sendiri? Buat refrensi liburan kalian, coba cek aja di www.pigijo.com karena dengan Pigijo travelling jadi lebih mudah dan menyenangkan. 

WordPress spam blocked by CleanTalk.