Pasir Hitam Manis, Pantai Kondang Bandung Malang

Photo by @megalstari_ on Instagram

Hello…

Jawa Timur menyimpan begitu banyak destinasi pantai yang masih sangat terjaga keindahannya. Untuk kesekian kalinya aku bakal ngebahas tentang pantai yang ada di Malang. Pantai yang satu ini berbeda dengan pantai pada umumnya, loh!

Pada tahun 2017 aku dan teman-temanku memutuskan untuk berkemah atau ngecamp dipinggir pantai. Kegiatan ini seringkali aku dan teman-temanku lakukan pada saat libur semester tiba. Kali ini aku berkemah di bibir pantai Kondang Bandung. Pantai ini bukanlah pantai tujuan utama aku dan teman-teman. Karena pada saat perjalanan menuju pantai yang kami tuju, kami tersasar cukup jauh.

Hasil bertanya pada warga sekitar kamipun diberi rekomendasi pantai terdekat lokasi kami pada saat itu. Dikarenakan hari sudah sangat malam dan kami yang sudah cukup lelah kamipun menuju pantai kondang bandung untuk bermalam dibibir pantainya.

Doc Pribadi Mega

Lokasi pantai Kondang Bandung ini ada di Dusun Sumber Blimbing, Desa Purwodadi, Kecamatan Donomulyo. Untuk sampai di lokasi pantai wisatawan wajib memiliki nyali yang besar karena harus melewati hutan jati dan kendaraan kalian harus diparkir di atas bukit hutan jati. Hal ini dikarenakan lokasi pantai yang ada dibawah hutan pohon jati dengan kondisi jalan yang tidak dapat dilewati kendaraan sehingga wisatawan harus trekking sekitar 200meter memenuruni bukit dengan jalan yang sedikit curam dan dipenuhi bebatuan putih seperti karang yang sangat licin.

Rasa panik, takut dan cemas menyelimuti kami pada saat kami berjalan menuju pantai. Karena hutan jati yang kami lewati cukup seram pada malam hari. Kamipun merasa terjebak di tengah hutan dengan roda motor yang terjebak lumpur, tak ada rumah warga yang dapat dimintai tolong, kami tidak tahu arah pulang dan kami tidak tau lokasi pantai kondang bandung ini haha

Pilihan kami hanya 2 yaitu mencari keberadaan pantai ini dan kami bermalam atau kami putar balik pulang dengan resiko semakin kesasar masuk kedalam hutan. Dengan bermodalkan insting kami, kami berjalan sambil mempertajam pengelihatan dan pendengaran kami. Dari jauh sayup-sayup terdengar suara ombak namun tak Nampak pantai pantai sedikitpun.

Pada saat kami mulai menyerah dan pasrah ingin berkemah di tengah hutan jati, kami mencoba meninggalkan kendaraan kami di atas dan mencoba turun kebawah hutan jati tersebut. DAN KAMI MENEMUKAN PANTAI KONDANG BANDUNG INI!!!!

Namun ekspektasi kami tentang pantai yang biru dengan pasir yang putih hilang. Pada saat kami sampai dibibir pantai kami mendapati air yang keruh dan pasir yang hitam yang katanya mengandung besi. Tidak ada pilihan lain kami harus membangun tenda diatas pasir hitam untuk beristirahat mengumpulkan tenaga untuk pulang.

Doc Pribadi MegaDoc Pribadi Mega

Pada pukul 05:00 pagi kami terbangun dan terkejut. Air keruh didepan tenda kami menghilang seakan terserap pasir hitam. Ternyata kami bukan mendirikan tenda dibibir pantai, tetapi kami mendirikan tenda dipinggir sungai air tawar. Pasti kalian gak paham, yakan?

Jadi gini pada pagi hari air akan surut dan kalian bisa bermain diatas pasir hitam nan berkilau dipantai ini diantara 2 tebing. Namun pada saat siang ke sore air akan kembali pasang dan mengisi jalur yang aku sebut sungai air tawar tersebut. Kamipun merasa sangat terheran ada pantai seunik dan sekeren ini.

Pada saat kami berkemah disana tidak ada sarana pendukung sama sekali. Pantai ini bisa dibilang masih perawan, karena benar-benar jarang terjamah orang. Kami ngecamp disana sampai sore hari pengunjung yang datang hanya para pencari ikan. Sarana dan prasarana seperti kamar mandi saja saat itu masih baru ingin dibangun dan tidak ada warung. Tidak ada tarif masuk pada saat itu haha

Rasa sesal karena tersasar pada malam hari rasanya terbayarkan pada saat melihat keindahan pantai kondang bandung pada pagi-siang-sore. Pantai ini merupakan pantai yang sangat berkesan untuk aku dan teman-teman.

Oh iya, bagi kalian yang suka tantangan dan berani travelling silahkan jelajahi pantai-pantai dimalang yang belum terjamah banyak orang. Namun bagi kalian yang suka liburan yang terencana dan gak mau ribet bisa banget tuh buka salah satu web travel planner gitu. Namanya Pigijo.com, menurutku sih web pigijo sangat membantu, coba aja kalian buka Pigijo.com

Sekian tentang pantai hitam manis ini haha. kalian juga bisa buka link berikut buat destinasi pantai lainnya yang ada di Malang.

Pantai Watu Leter

Pantai Kondang Bandung

See ya!

WordPress spam blocked by CleanTalk.