Apa Itu Itinerary?

0
61

Halo Traveller,

Bagi kalian yang bertanya-tanya, apa itu itinerary? Yang bener tulisannya itinerary atau itenerary? Terus Penting gak sih itinerary? Sama gak sih itinerary dengan Itin, Itenary? Mari kita simak pembahasan berikut ini,

Traveller Baik akan kasih kamu penjelasan tentang Itinerary. Itinerary atau  itenerary atau itin atau itenary adalah hal yang sama hanya tergantung kebiasaan traveller menyebut namanya yaitu rencana yang dibuat untuk mempermudah perjalanan travelling kamu baik itu dari segi budget, destinasi tujuan, tempat menginap, mau kesana naik transportasi apa, disana ada apa aja yang wajib dikunjungi, berapa lama kamu travellingnya dan segala hal yang membuat travelling kamu menjadi lebih mudah dan lancar.

Contoh kasusnya sebagai berikut : Kamu dan teman-teman kamu ingin travelling atau jalan-jalan ke pantai di Sumatra Utara.

Ini dia tips untuk membuat itinerary :

1. Tentukan Tujuan Destinasi kamu secara garis besar contohnya Tentukan Provinsi atau Kota Tujuan

Karena dalam kasus ini kamu sudah mempunyai tujuan travelling ke Sumatra Utara, jadi kita lanjut ke langkah selanjutnya yah.

Jika Belum ditentukan, kamu atau traveller harus menentukan Destinasi secara garis besar contohnya : “Mau ke Sumatra Utara” atau “ke Medan”.

 

2. Tentukan Berapa Lama Travellingnya

Tentukan Tanggal keberangkatan kamu dan kesudahan travelling kamu, jangan sampai pilih tanggal atau durasi. Liburan terlalu lama bisa membuat bosan, terlalu cepat juga hanya membuat penasaran.

Contohnya: pilih tanggal 25 Desember-2 Januari karena bertepatan dengan liburan akhir tahun.

 

3. Tentukan juga berapa orang yang dalam travelling

Jika kamu solo traveller, jangan kuatir. Kamu bisa ikut dalam open trip di sini.

Jika kamu traveller bersama komunitas jangan sampai ada teman kamu yang terlupakan supaya rencana perjalanan kamu tidak berantakan

 

4. Temukan atau pilih Destinasi secara detil untuk durasi kamu travelling (biasanya 1-7hari)

contohnya di Sumatra Utara kamu ingin ke danau toba pada hari pertama untuk snorkelling dll. lalu ke nias pada hari ke dua dan begitu juga pada hari selanjutnya. Temukan Promo Destinasi pada saat kamu menyusun itinerary di sini.

 

5. Tentukan kegiatan apa saja yang dapat kamu lakukan disana pada durasi kamu travelling

Banyak pilihan kegiatan pada saat travelling apakah memancing, snorkelling, diving, nature photography, hunting makanan, bersantai-santai bareng teman dan keluarga atau hal-hal lainnya. Diskusikan Bersama-sama agar travelling kamu tidak hanya mudah tapi juga asik dan seru.

 

6. Jangan lupa tentukan transportasi untuk perjalanan kamu

Menentukan transportasi menuju tempat travelling dan pulang travelling atau bisa juga menentukan transportasi apa yang akan dipakai di tempat travelling.

Menentukan transportasi untuk perjalanan tidak kalah penting dengan point-point sebelumnya supaya travelling kamu lebih mudah.

 

7. Sesuaikan dengan budget

Point terpenting dalam itinerary adalah penyesuaian dengan budget yang kamu punya. 😊

 

Jadi gimana nih penjelasan serta tips dalam membuat itinerary? Mau traveller atau backpacker setidaknya tau tentang penting itinerary dalam perjalanannya supaya cerita perjalananmu atau pengalaman travelling terasa lebih (semoga) lengkap.

Ingin membuat itinerary lebih mudah? Cek di sini.

WordPress spam blocked by CleanTalk.