Tips Traveling Menggunakan Motor Pada Saat Musim Hujan!

0
144

Source: lifeofarider.com

Traveling menggunakan motor atau lebih terkenal dengan sebutan touring. Traveling menggunakan motor pada saat musim hujan seperti sekarang akan lebih menyulitkan dibandingkan menggunakan mobil. Para pengendara motor harus lebih berhati-hati dalam mengendarai motornya, karena jalanan akan menjadi licin dan hujan yang lebat akan menimbulkan kabut dan membuat pandangan menjadi sedikit buram karena mata akan terkena rintikkan hujan yang turun. Berikut tips traveling menggunakan motor pada saat musim hujan:

 Perhatikan Kondisi Motor

Kesahatan motor juga sama pentingnya dengan kesahatan tubuh kita pada saat ingin traveling. Ban motor usahakan dalam kondisi yang baik, karena musim hujan seperti sekarang akan membuat jalanan sangat licin. Jika permukaan ban sudah halus sebaiknya diganti, sebab hal tersebut akan rawan terjadinya kecelakaan dan akan sulit mencari bengkel ditengah perjalanan yang sedang hujan. Dan pastikan lampu motor kalian dalam kondisi baik juga. Karena musim hujan akan cenderung gelap dan akan membantu pengelihatan kalian dalam perjalanan.

Jas Ujan

Bagi kalian yang suka touring sebaiknya kalian menggunakan jas hujan model baju dan celana. Jangan menggunakan jas hujan model kalong karena akan sangat berbahaya jika jas hujan tersebut menyangkut ke ban atau rantai motor kalian. Usahakan mengenakan jas hujan berbahan dasar tebal, karena jika kalian menggunakan jas hujan berbahan plastic tipis biasa, air hujan akan dengan mudahnya tetap membasahi tubuh kalian.

3.    Alas Kaki dan Tas Berbahan Karet / Anti Air

Untuk touring akan lebih aman menggunakan sepatu agar dapat melindungi kaki. Akan tetapi pada musim hujan seperti sekarang menggunakan sepatu berbahan kain akan terasa sangat tidak nyaman. Sepatu tersebut akan menampung air, kaki akan terasa sangat dingin dan akan sangat sulit dikeringkan yang akan menimbulkan bau kaki. Oleh karena itu, sebaiknya menggunakan sepatu atau alas kaki berbahan karet atau minimal sepatu anti air agar mudah dikeringkan dan tidak membuat bau kaki.

Tas merupakan suatu wadah untuk menyimpan barang-barang kalian pada saat bertraveling, jadi memakai tas berbahan anti air dimusim hujan akan menyelamatkan barang-barang berharga kalian seperti gadget yang ada didalamnya agar tidak basah. Jika kalian tidak memiliki tas berbahan anti air kalian bisa menggunakan cover ransel anti air.

4.    P3K dan Obat-Obatan

Anak touring akan selalu berhadapan dengan kerasnya jalanan maka kotak P3K merupakan barang wajib yang harus dibawa dan pasti akan rentan terkena penyakit pada saat bertreveling saat hujan. Angin sepanjang perjalanan ditambah tubuh yang basah terkena hujan akan membuat kondisi badan sedikit melemah. Maka ada baiknya membawa perlengkapan obat-obatan agar perjalanan traveling tetap aman terekendali.

Dengan kondisi cuaca apapun traveling menggunakan motor akan terasa menyengkan jika kita sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Perhatikan kondisi badan dan kendaraan, jika semua sudah terkordinir dengan baik jadi bisa berani traveling deh. Oiya, buat kalian yang suka touring bisa banget tuh ngerencanain perjalanan kalian dengan pigijo.com. Agar punya tujuan destinasi disetiap daerah yang kalian lewati.

See ya!

WordPress spam blocked by CleanTalk.