Berawal Dari Pabrik Gula, De Tjolomadu Jadi Destinasi Wisata Favorit Di Surakarta.

1
250

Wah, senangnya main ke biang-nya madu alias biangnya gula ahaay! Pasti diantara kalian ada yang suka banget sama makanan atau minuman manis, ibarat kopi tanpa gula, pahit serupa tau kalo gebetan cuma jadiin kita pelampiasan. Duh, nyesek banget . Tapi, tempat ini emang bener dulunya sebagai tempat memproduksi gula sebagai salah satu bahan makanan pokok karena dibutuhkan oleh beberapa pihak.

 

Pabrik Gula ini melambangkan perekonomian praja mangkunegaran. Melihat peningkatan hasil gula, Mangkunegaran IV membangun pabrik gula lagi dinamakan Tasikmadu. Pabrik Gula Colomadu dan Pabrik Gula Tasikmadu berada di satu area yaitu Kabupaten Karanganyar. Seru ya merintis bisnis dari nol sampai bisa buka tempat ke-2 buat meningkatkan bisnisnya, emang sih pasti tantangannya besar banget. Saat Jepang masuk ke Indonesia pada jamannya, semua sistem berubah yang mengharuskan rakyat mengembangkan padi. Pada saat itu, mulai perpindahan tangan dan berubahan yang terjadi dengan terpaksa tahun 1998 Pabrik Gula Colomadu diberhentikan. Siapa sangka, Pabrik Gula bersejarah setelah dianggurin akhirnya direvitalisasi menjadi tempat wisata yang megah tanpa mengurangi alat-alat peninggalan dan suasana asli pabrik gula lawas. 

Harga tiket masuk De Tjolomadu yaitu Rp. 25.000/orang (dapat 1 botol air mineral) yang akan menyuguhkan wisata budaya, fasilitas edukasi, ruang pamer, hall untuk konser, dan ada kafe jugaaa. Disulap drastis banget ya pabrik lawas ini, toppp!

Sumber : Instagram (de_tjolomadoe)

Kalo temen-temen lagi berkunjung atau ingin liburan ke kota Surakarta, sempetin mampir ke bekas Pabrik Gula ini. Belajar sejarah sambil menikmati suasana disekitar gedung yang luas, kadang-kadang setiap long weekend ada food bazaar juga. Nyesel kalo nggak mampir :p. Lokasinya mudah dijangkau dari Bandara Adi Soemarmo, sekitar 10 menit perjalanan.  

Bagi gue, traveling itu kemana aja. Bisa wisata alam, wisata sejarah, wisata budaya, berwisata pada umumnya gitu. Tempat ini bagus untuk didatangi selain mengenang sejarah, juga mampu merubah pola pikir diri kita sendiri. Secara otomatis kita jadi melek akan keadaan *anjay berattt hahaha.

Oh iya, ke De Tjolomadu belom komplit kalo nggak masuk ke “Goela”, Toko Cendera Mata. Menjual beragam cemilan, permen, baju, topi, gantungan kunci, dan pernak-pernik lainnya buat dikoleksi. Permen jelly warna-warni itu bikin kepengen puolll. 

De Tjolomadu

Alamat : Jalan Adi Sucipto No.1, Paulan Wetan, Malangjiwan, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jam Buka : 10:00 – 21:00 WIB

Kontak : +6281 1263 1861 (WA Business)

Instagram : de_tjolomadoe

 

Jangan sampai ketinggalan informasi seputar tempat kekinian terbaru ya, temen-temen. Pantau terus update terbaru di Blog Pigijo. Ribet ngurusin kendaraan? Gampang, tinggal pilih kendaraan yang mau disewa selama di Surakarta, klik di sini.

1 COMMENT

WordPress spam blocked by CleanTalk.