2 Hari Berkesan di kota Surakarta, Jawa Tengah

1
198

Kangen cerita liburan yaa? Jangan sekedar kangen aja, yuks mulai giat lagi nabungnya biar bisa liburan. Yah, minimal 3 bulan 1x liburan. Nggak rugi kok walaupun butuh biaya, semua pasti akan terbayar ketika lo liburan dan melihat dunia luar. Hampir setahun gue nggak pulang kampung, kali ini bener-bener pengen explore tempat baru yang ada di Surakarta alias Solo. Kota Solo emang bisa dibilang kecil, kalo dibanding Jakarta Selatan kalah jauhhhh. Eits! Jangan salah cuy, kota asal Bapak Presiden kita Bapak Jokowi punya beragam destinasi favorit dan ragam kuliner loh. Daripada penasaran dan cuma ngebayangin aja, nih gue kasih tau tempat-tempat yang gue datengin!

Susu Shi Jack Kotabarat

Kedai Susu paling popular di Kota Solo. Susu murni segar yang selalu ramai dipadati penikmat susu. Setiap mau nongkrong minum susu, pasti selalu nyebut “Shi Jack”. Ada beberapa cabang/franchise Susu Shi Jack, tapi yang paling ramai dikunjungi ialah kedai Susu Shi Jack di Kotabarat ini. Varian sumur (susu murni) mulai dari cokelat, sirup, STMJ, dan nama-nama unik lainnya. Nggak hanya susu murni, cemilan-cemilan yang dihidangkan enak-enak kabeh! Nasi kucing, mie goreng, nasi tempe, sate telor puyuh, ayam crispy, sosis solo, apalagi ya? Jadi laper….

Alamat : Jl. Doktor Moewardi, Manahan, Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : Mulai dari Jam 5 – 12 Malam

Harga : Mulai dari Rp.3.000,-

Wedangan Mantap

Jawa Tengah terkenal akan angkringan/wedangan yang enak-enak. Nggak ngerti lagi deh itu jimat apa yang bikin jadi kewajiban setiap main ke Jateng. Salah satu angkringan (HALAL) berkonsep rumahan ini menyajikan pilihan lauk sate-satean, martabak, dimsum, risoles, dan lainnya. Sistem ordernya ambil kesuka hati sesuai selera, tapi jangan lupa ke kasir yak! Hahaha

Alamat : Jl. Sugiyopranoto No.12, Kp. Baru, Ps. Kliwon, Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : Jam 5 – 12 Malam

Harga : Mulai dari Rp. 4.000,-

De Tjolomadu

Baru aja diresmikan tahun 2018, tempat ini langsung diserbu banyak wisatawan. Selain bisa menikmati wisata sejarah awal Pabrik Gula, setiap ke sini jangan lupa mampir ke hasil buah tangan pabrik ini ya. Cari rumah “Goela” disekitar De Tjolomadu dan kalian akan disuguhkan souvenir dan jajanan manis yang bikin naksir.

Alamat : Jl. Adi Sucipto No.1, Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam Buka : 10:00 – 21:30 WIB

Tiket Masuk Museum : Rp. 25.000,-

Candi Sukuh

Terletak nggak jauh dari pusat kota Solo, ada benda-benda warisan Indonesia jaman dahulu yang masih terjaga. Candi bercorak Hindu berada pada bagian barat lereng Gunung Lawu dikenal sebagai candi tabu. Cari tau klarifikasi lengkapnya di sini.

Alamat : Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam Buka : Pagi – disesuaikan

Tiket Masuk : Rp. 5.000/orang + Sewa Kain Seikhlasnya

 Candi Ceto

Selain Candi Sukuh, naik lagi ke arah Basecamp Gunung Lawu deh. Akan ada Candi Ceto dengan ketinggian 1496 mdpl yang serupa mirip pura di Bali. Tidak terlalu besar namun punya lahan yang luas. Tetap sopan dan santun ya, temen-temen.

Alamat : Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam Buka : Disesuaikan

Tiket Masuk : Rp. 7.500/orang

Warung Bu Dirah Tawangmangu

Kawasan Tawangmangu udah termasuk dihawa-hawa dingin nih, si gagah perkasa Lawu bisa terlihat jelas dari Balekambang, Tawangmangu. Bagi wisatawan, siapa yang nggak tau pecel popular di Tawangmangu ini? Buka dari pagi sampai habis, bumbu pecelnya gurih pedas manis ditemani sayuran fresh seperti timun, kenikir, dan lain-lain. Yummy! Belom pernah ngerasain atau belom tau warung Bu Dirah ini? Kalian harus remidi ke Tawangmangu!

Alamat : Balekambang, Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam Buka : dari Pagi sampai habis

Harga : Ketan Bubuk Juruh : Rp. 5.000,- // Nasi Pecel : Rp. 5.000,-

 

Bali Ndeso

Restoran di daerah Kemuning yang wajib didatengin, terutama buat kalian yang rindu Bali. Berkonsep gabungan budaya Bali dan Jawa dicampur menjadi satu. Beberapa bangunannya menggunakan konsep Joglo, yaitu rumah adat khas Jawa. Ukiran-ukiran yang digunakan ternyata adalah kerajinan yang didatangkan langsung dari Jepara. Sedangkan di pondok lainnya ditutup dengan atap alang-alang yang ternyata diimpor langsung dari Bali.

Alamat : Jl. Raya Kemuning, Ngranten, Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah

Jam Buka : 09:00 – 21:00 WIB

Harga : mulai dari Rp. 10.000,-

 

Bakso Garasi

Warung makan bakso alternatif saat berada di Solo. Rasa kuah dari bakso ini ringan tapi tetap terasa gurih di lidah. Soal harga, cukup merogoh kocek sekitar Rp17.000,00 untuk semangkuk bakso babat. Selain bakso, juga menyajikan sosis Solo goreng dan tahu goreng.

Alamat : Jl. Ronggowarsito No.84, Keprabon, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : 10:00 – 20:00 WIB

Harga : mulai dari Rp. 7.000,-

 

Sate Ayam Tawangmangu

Hawanya dingin, cuacanya mendung, perut konser, enaknya ngapain? MAKAAAN! Jangan ditunda-tunda kalo laper, nanti malah sakit lho. Sate Ayam udah paling top jadi hidangan diudara dingin.

Alamat : Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. (Biasa mangkal di villa/perumahan)

Jam Buka : tidak menentu

Harga : mulai dari Rp. 15.000,-

 

Sate Sapi Mbak Tug

Warung sate kere yang jadi langganan Bapak Jokowi di kota kelahirannya.  Berbagai pilihan sate yang menggiurkan ada sate babat, ginjal, kikil, usus, tempe hingga menjes atau tempe gembus dengan harga Rp 3.000/tusuk. Setiap sate akan ada siraman bumbu kacang spesial. Wuenak e!

Alamat : Jl. Arifin No.63, Kepatihan Kulon, Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Buka : 13:00 – Habis

Harga : mulai dari Rp. 3.000,- 

Dibaca aja rasanya kurang greget, jangan lupa dicatet yaa! Liburan kali ini nggak terhambat sama sekali karena gue udah mempersiapkan itinerary buat liburan ke Solo. Tinggal siapin diri terus berangkat ke tempat yang dituju deh. Praktis kan? Dijamin aman dan nyaman deh kalo lo udah punya planning jauh hari. Salah satu kunci biar traveling lo jadi gampang tuh, coba bikin itinerary liburan lo disini yaa. Cheers 😀

1 COMMENT

WordPress spam blocked by CleanTalk.