Festival Cap Go Meh: Agenda Tahunan di Singkawang dan Tempat Wisata Keren Untuk Nge-Vlog

1
155

Selamat sore, peeps! Hari Rabu terakhir di bulan Januari 2019, wah nggak kerasa, ya. Januari cepet banget berlalu dan udah mau abis aja, huhu. By the way, di bulan pertama tahun 2019 ini kamu udah ke mana aja, peeps? Atau masih ribet-ribet ngurusin kerjaan setelah liburan tahun baru kemarin, jadi belum sempet ke mana-mana? Jangan sedih, hari ini Esti bakal kasih tau kalian soal event yang akan digelar bulan Februari mendatang. Salah satunya adalah event Cap Go Meh di Singkawang, Kalimantan Barat.

Mungkin ada yang masih asing ya, sama istilah Cap Go Meh. Jadi, kita bahas dulu sedikit ya tentang Cap Go Meh, peeps. Jadi, Cap Go Meh ini sendiri adalah tradisi dari masyarakat pada dinasti Zhou. Pada tradisi ini, masyarakat waktu itu memasang lampion untuk mengusir hama, peeps. Selain itu juga mereka menambah bunyi-bunyian kayak petasan gitu sama barongsai, untuk menambah semarak sekaligus menambah peruntungan karena barongsai dan petasan itu dipercaya masyarakat Tionghoa bisa mengusir kekuatan negatif, peeps. Yah, namanya legenda dan mitos, nggak ada yang tahu kan kebenarannya? Tapi walaupun begitu, dari jaman kepemimpinan Dinasti Zhou ini tradisi masih terus berjalan sampe sekarang lho, peeps. Bahkan nggak cuma masyarakat Tionghoa aja yang ikut antusias. Hihi!

Nah, di Indonesia sendiri, mayoritas masyarakat Tionghoa menduduki wilayah Singkawang, Kalimantan Barat, peeps. Di sini, acara perayaan Cap Go Meh jadi agenda tahunan juga bahkan, peeps! Jadi, setiap tahunnya bakal diselenggarakan perayaannya. Terus, di perayaan Cap Go Meh tahun lalu ada pawai arak-arakan 9 naga buatan dan para tatung, peeps. Kemudian, sebagai wujud antusiasme warga sekitar akan acara ini, ribuan warga tumpah ruah di jalanan juga peeps, buat nonton acaranya! Bahkan, Menteri Agama RI sempet bilang lho, kalo festival ini bisa bikin Singkawang, Kalimantan Barat terkenal sampai ke manca negara! Seru ya! Nah, festival ini bisa banget jadi tempat wisata kamu sambil nge-vlog juga, peeps!

Kira-kira, festival perayaan Cap Go Meh di Singkawang tahun ini bakal seseru apa ya, peeps? Penasaran gak? Pengin ke sana sekalian short getaway bareng Esti gak? Mumpung tanggal merah, lho, peeps! Bisa banget lah! Nah, kamu langsung aja klik di sini untuk rencanakan liburan singkat kamu yang seru, hemat, mudah, nggak repot, bebas itinerary dan tinggal terima beres aja. Kamu bisa plih create your own trip untuk pergi travelling ke destinasi pilihan kamu sendiri. Terus kamu juga bisa pilih find tour package lho, peeps, untuk pergi travelling ke tempat rekomendasi pilihan lainnya. Yuk buruan, klik di sini ya!

Segitu dulu obrolan kita hari ini, peeps, by the way kalo kamu mau tau ada event apa aja selama bulan Februari sampe Juni 2019 nanti, kamu bisa liat di sini yaa!

Oke deh, sampe ketemu di obrolan selanjutnya, peeps! Adios!