Pengaturan Kamera Landscapes untuk Foto Traveling yang Memukau

0
239

Fotografi pemandangan adalah salah satu bentuk seni fotografi paling populer saat ini.

Dengan lanskap, kmau dapat menangkap warna, suasana hati, dan tekstur yang tak ada habisnya, memanfaatkan keindahan alam yang kamu temukan di sekitar kamu. Hari yang mendung dapat membuat foto traveling yang memukau.

Terlebih lagi, fotografi lanskap tidak memerlukan banyak peralatan khusus. Kamu dapat memulai dengan tidak lebih dari kamera dan beberapa perangkat lunak pengedit foto.

Tapi apa pengaturan kamera terbaik untuk Landscapes, dan bagaimana kamu bisa mengatur diri kamu untuk sukses?

Hari ini, kita akan melihat bagaimana kamu dapat meningkatkan peluang kamu untuk mengambil gambar yang menakjubkan dengan:

  1. Menyiapkan kamera kaku dengan benar
  2. Meningkatkan kedalaman bidang
  3. Menggunakan white balance yang sesuai
  4. Mengelola ISO
  5. Menguasai filter dan kecepatan rana

Pengaturan Kamera untuk Landscapes


Dibandingkan dengan beberapa bentuk fotografi lainnya, mendapatkan pengaturan kamera terbaik untuk Landscapes mudah dilakukan. Sebagian besar ahli merekomendasikan pemotretan sepenuhnya dalam Aperture priority mode, karena ini akan memungkinkan kamu untuk mengontrol kedalaman bidang dalam gambar. Kamu juga dapat memilih untuk menjaga manual pencahayaan agar kamu dapat membuat bidikan yang tenang dan sangat unik. Pastikan kamu menghindari getaran apa pun saat mengambil gambar.

Selain itu, jika kamu mengatur mode pengukuran ke “Evaluative / Matrix” kamu dapat memastikan bahwa kamera kamu secara konsisten membaca cahaya dari semua area di sekitar kamu. Ini akan memberikan kedalaman yang lebih dalam pada foto kamu dan juga meningkatkan tingkat pencahayaan kamu, kamu selalu dapat menggunakan kompensasi eksposur untuk menerangi atau menggelapkan gambar seperlunya.

camera-settings

Tingkatkan Kedalaman Bidang


Kedalaman bidang adalah salah satu tantangan paling mendesak saat mengatur kamera kamu untuk lanskap. Kedalaman bidang dalam foto kamu adalah area yang paling fokus. Gambar lansekap mendapat manfaat dari bidang yang luas sehingga kamu bisa mendapatkan semua yang ada dalam adegan dari latar belakang ke latar depan dalam fokus yang tajam.

Memaksimalkan ketajaman gambar dan penguasaan kedalaman bidang seringkali melibatkan penggunaan teknik pemfokusan yang benar, dan aperture sempit sekitar f / 16. Cara terbaik untuk fokus pada lanskap adalah dengan mengganti lensa dan kamera kamu menjadi manual dan memutar gelang fokus ke bagian bingkai yang benar. Selama kamu mengatur aperture kecil, menggunakan lensa sudut lebar, dan mempertahankan fokus kamu sekitar sepertiga dari jalan ke gambar kamu, kamu harus baik-baik saja.

depth-of-field

Menggunakan White Balance Yang Tepat


Kamera kamu akan datang dengan paket awal dengan berbagai pengaturan white balance, termasuk mode otomatis. Dalam sebagian besar situasi, pengaturan otomatis akan berfungsi dengan baik, tetapi jika kamu memotret matahari terbenam atau matahari terbit, kamu harus kreatif.

Pengaturan kamera terbaik untuk lanskap akan tergantung pada waktu kamu memotret. Gunakan preset white balance siang hari untuk nada yang lebih hangat di matahari terbenam dan matahari terbit. Kamu juga dapat mempertimbangkan menggunakan preset berawan atau teduh untuk menonjolkan nada hangat pada gambar tertentu.

Landscape-photography

Pilih ISO Kemungkinan Terendah


Mencari ISO yang tepat untuk fotografi lanskap kamu mungkin sulit, tetapi dalam kebanyakan kasus, yang terbaik adalah tetap menggunakan tingkat serendah mungkin.

Ingat, ISO menunjukkan sensitivitas kamera kamu terhadap cahaya. Semakin tinggi ISO kamu, semakin sensitif kamera kamu. Walaupun ISO yang lebih tinggi bagus ketika kamu memiliki kecepatan rana yang tinggi, ISO juga dapat menambahkan banyak gangguan digital ke dalam gambar kamu.

Untuk menghindari gandum, kebanyakan fotografer lanskap profesional akan memilih opsi ISO100 untuk gambar lanskap statis.

Landscape-settings

Menguasai Filter dan Kecepatan Rana


Terakhir, untuk menambahkan beberapa keajaiban tambahan ke pengaturan kamera terbaik untuk lanskap, kamu dapat mempertimbangkan menggunakan filter polarisasi. Alat-alat ini memperdalam warna biru, menghilangkan silau, dan meningkatkan saturasi warna, membantu kamu memaksimalkan bidikan kamu.

Atau, filter kerapatan netral paling cocok untuk membantu kamu mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke lensa – bagus untuk saat kamu ingin menyoroti awan dan air secara kreatif. Filter dan pengaturan kamera yang kamu pilih akan berdampak pada kecepatan rana kamu. Jika kamu mendapati kecepatan kamu lebih rendah dari 1/125 per detik, penting untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan tambahan.

Kesimpulan


Memiliki foto traveling yang hebat memang sangat berharga untuk membagikan momen, namun tidak cukup sampai disini, kamu bisa memamerkannya di blog Travel kamu, dengan gambar yang berkualitas ini juga dapat menjadi daya tarik untuk mengembangkan blog kamu ke tingkat selanjutnya. ( Baca artikel sebelumnya: Tips menjadi Travel blogger yang sukses)

Kami harap artike ini membatu kamu mempelajari bagaimana mengatur kamera lanskap untuk foto perjalanan kamu. Jika kamu menyukai artikel ini pertimbangkanlah untuk melihat Panduan cara memulai blog, Step by Step.

Post ini ditulis oleh Tomy Saputra , founder di Iamtomys.

WordPress spam blocked by CleanTalk.