Rekomendasi Tempat Wisata Instagramable dan Penuh Sejarah di Jawa Timur

0
68

Selamat malam, peeps! Gimana kabar kamu hari ini, setelah aktivitas seharian? Bosan sama macet di jalan? Penat karena tumpukan pekerjaan? Butuh rencana liburan? I got your back! Kali ini, Esti mau rekomendasiin beberapa tempat yang instagramable dan harus kamu kunjungin kalo kamu pergi ke Jawa Timur.

 

Yang pertama ada Kawasan Pecinan

source: https://travel.kompas.com/read/2015/02/25/131900027/Hiruk-pikuk.Pamor.Khas.Kembang.Jepun

Kawasan Pecinan ini terletak di Surabaya dan sering kali disebut Kembang Jepun, peeps. Selain itu, tempat ini juga merupakan kawasan bisnis dan pusat kota Surabaya di masa lampau, lho. Awalnya, pada masa penjajahan Belanda, jalan yang berfungsi sebagai pembatas antara Kawasan Pecinan dan Kampung Melayu/Arab ini dinamakan Handelstraat, peeps. Lalu, ketika masa kolonialisasi Jepang, jalan ini serta merta diberi nama Kembang Jepun. Nah, buat kamu yang suka banget belajar tentang sejarah dan budaya, bisa banget jadiin Kawasan Pecinan Surabaya ini salah satu tujuan kamu saat berkunjung ke Surabaya. Ada banyak banget bangunan khas Tiongkok yang masih tegak berdiri sampai saat ini lho, peeps, mulai dari bangunan bekas gudang tembakau, bekas tempat ibadah, hingga rumah-rumah kuno dengan keindahan arsitektur khas Tiongkok. Sekaligus jalan-jalan, kamu bisa dapet pengetahuan baru, deh!

 

Yang kedua ada Bukit Kapur Jaddih

 source: https://www.exploremadura.com/2018/03/bukit-kapur-jaddih-bangkalan.html

Alih-alih jadi tempat wisata kayak sekarang, bukit ini dulunya itu tempat pertambangan batu kapur putih lho, peeps. Menurut beberapa sumber, pemandangan yang ditawarkan bukit ini tuh instagramable banget, deh. Dan kalau dulu nggak ada yang tertarik untuk ke sini karena lokasinya berdebu, sekarang malah jadi pada pengin ke sini karena bagusnya pemandangan di Bukit Kapur Jaddih ini. Terus yang bikin bukit ini unik dan harus kamu kunjungin kalo kamu berkunjung ke bagian timur pulau Jawa, bukit ini punya kolam renang yang dikasih nama Gua Potte yang menambah keindahan Bukit Kapur Jaddih peeps. Selain itu bukit ini juga menawarkan wisata sejarah melalui bungker peninggalan Belanda yang dulunya dijadikan sebagai tempat penyimpanan senjata dan lokasinya nggak jauh dari Bukit, lho, jadi sekali lagi kamu bisa refreshing sekaligus menambah pengetahuan tentang sejarah. Hihi, seru kan!

 

Selanjutnya, Gunung Bromo

 source: https://pixabay.com/en/bromo-sun-summer-sunrise-mountain-2089234/

Siapa sih yang nggak tau keindahan Gunung Bromo, ya kan, peeps? Ada yang tau karena udah pernah mendaki ke sana, ada yang tau karena postingan sosial media teman-teman. Nah, buat kamu yang belum pernah ke Gunung Bromo atau udah pernah pergi tapi mau lagi, Esti jamin kamu nggak bakal nyesel deh ke sini. Kalo timing-nya tepat, kamu bisa nikmatin sunrise atau sunset dari Gunung Bromo lho, peeps. Ada banyak banget juga spot yang bisa kamu nikmatin di sini, untuk lebih lengkapnya kamu bisa baca artikel Esti yang ini yaa!

 

Yang terakhir dan nggak kalah seru untuk dikunjungin adalah ada Desa Batik di Tuban

 source: https://stock.adobe.com/images/making-a-batik/70237497

Kalo di Jawa Tengah ada Pusat Batik di Pekalongan, nah di Jawa Timur juga ada lho di Tuban. Desa Batik ini salah satunya ada di Desa Sumur Gung dan hampir seluruh warga di desa ini turun temurun profesinya pengrajin batik, lho, peeps. Jadi kalau kamu memasuki kawasan ini, pemandangan yang bakal kamu liat adalah berbagai motif batik hasil dari kerajinan warga setempat. Terus, kalau kamu mau beli buah tangan buat sanak keluarga di rumah, kamu bisa melipir ke sini, peeps. Ada banyak model dan bahan juga yang bisa disesuaikan sama referensi kamu, lho. Lumayan kan, buat kenang-kenangan, hihi.

 

Nah, di tengah kesibukan kamu, tentunya kamu perlu seenggaknya sedikit ngasih rewards untuk diri sendiri karena udah bekerja keras, peeps. Nggak ada salahnya untuk rencanain liburan, ataupun short getaway di weekend nanti. Salah satu manfaat travelling itu bisa untuk memulihkan keproduktivitasan lho, peeps, dan masih banyak manfaat baik lainnya untuk diri kamu yang kamu bisa baca di sini.

Terus, Esti paham banget kebanyakan yang jadi concern untuk travelling adalah karena takut ribet nyusun itinerary dan takut overbudget juga, makanya Esti punya solusi nih buat kamu. Kamu bisa rencanakan liburan kamu di sini, udah pasti nggak ribet, hemat banget, nggak perlu nyusun itinerary juga jadinya kamu tinggal pilih aja deh, mau create your own trip aja untuk pergi ke destinasi wisata pilihan kamu maupun destinasi wisata yang Esti rekomendasiin di atas tadi. Atau kamu juga bisa pilih find tour package buat pergi ke paket destinasi wisata rekomendasi lainnya. Semuanya tanpa repot, mudah banget, hemat, udah gitu pulang liburan kamu bisa kembali produktif deh. Yuk, makanya jangan lupa untuk rencanakan liburan kamu di sini!

 

Alright, segitu dulu ya peeps obrolan kita hari ini. Sampai ketemu di obrolan selanjutnya! Adios!

(Headline picture source: https://unsplash.com/photos/lRssALOk1fU)

WordPress spam blocked by CleanTalk.