Gunung < 2.000 Mdpl Ini Cocok Buat Pendaki Pemula!

3
333

Mendaki gunung sekarang-sekarang ini sedang jadi hobi baru bagi kalangan anak muda. Yang tadinya nggak suka gunung atau takut, berubah jadi punya kemauan buat naik gunung. Beda cerita dengan para pendaki yang memiliki jam terbang lama a.k.a expert, mendaki udah hal biasa bagi mereka terutama dengan medan trekking yang curam ataupun terjal. Pengalaman mereka jelas sudah jauh, lalu bagaimana dengan pendaki newbie alias pemula? Siapa bilang pendaki pemula nggak bisa naik gunung? Buat kalian belajar, bisa dimulai dari naik gunung berketinggian dibawah 2.000 mdpl sekaligus melatih fisik dan mental lho. Berikut 5 gunung yang cocok untuk pemula :

Gunung Purba Nglanggeran, Jogja (700 mdpl)

Sumber : Instagram @roh_kyt

Bisa dibilang seperti bukit batu atau gunung batu yang terletak di Kabupaten Gunungkidul memiliki ketinggian yang rendah. Gunung Purba Nglanggeran memiliki jalur pendakian yang cukup landai dan jalan setapak yang sudah dibuat nih, dipastikan aman deh buat temen-temen newbie.

Gunung Pulosari, Banten (1.346 mdpl)

Sumber : Instagram @de_yana5

Sumber : Instagram @dhika2602

Gunung ini juga eksis akan pemandangan yang nggak kalah kece dari gunung lainnya. Gunung di Pandeglang – Banten ini cukup santai dan untuk sampai ke puncak Pulosari butuh waktu sekitar 1,5 – 2 jam hiking.

 

Gunung Penanggungan, Mojokerto (1.653 mdpl)

Sumber : Instagram @putrikabut_

Sumber : Instagram @ddmatulessy_

Bagi para pendaki, Gunung ini sering dikenal sebagai kembaran Gunung Semeru karena puncak yang tandus sangat mirip dengan Gunung Semeru. Jalur pendakian favorit pendaki melalui jalur Tamiajeng, Trawas yang memerlukan waktu tempuh sekitar 4 saja. Tenang, kalo nggak kuat temen-temen bisa berkemah sejenak di Puncak Bayangan kok.

 

Gunung Batur, Bali (1.717 mdpl)

Sumber : Instagram @sergeykbn

Alternatif pendakian gunung di Bali selain Gunung Agung, ada Gunung Batur di Kintamani. Gunung ini dibilang friendly atau mudah didaki. Daya tarik gunung ini yaitu keindahan kaldera yang luas dan padang rumput menghijau. Di sana kalian bisa mencoba pendakian ke puncak Gunung Batur dengan pemandangan sekitar berupa Danau Kintamani yang indah

 

Gunung Andong, Magelang (1.762 mdpl)

Sumber : Instagram @arichaniago

Sumber : Instagram @anggabayuariska__

Selalu diserbu para pendaki nih, pemandangan di atas Gunung mungil ini bikin jatuh cinta banget. Dengan ketinggian 1762 Mdpl, temen-temen bisa mendakinya hanya dalam waktu 2 jam. Jangan kaget pas sampai atas, kalian akan disambut gunung-gunung di Jawa Tengah seperti Gunung Sumbing, Merapi, Merbabu, Sindoro, Prau. Yuk nanjak 😀

 

Jadi, mau nanjak kemana dulu nih? Buktikan kalo newbie juga punya mental dan fisik yang baja. Belajar dari bawah kemudian nanti pelan-pelan tambah tingkat ketinggian gunung-nya. Semangat! Jangan lupa jaga alam semesta yaa, buang sampah pada tempatnya.

Headline Imageanekatop10

3 COMMENTS

WordPress spam blocked by CleanTalk.