Ada Rencana Ingin Mendaki? Berikut Perlengkapan Wajib Dibawa Saat Naik Gunung

0
82

Selera tiap orang dalam berpetualang itu bisa kemana aja, ada senang bersatu dengan alam, juga ada yang senang menikmati indah-nya keunikkan dari kota-kota di seluruh Indonesia. Kalau bahas soal alam Indonesia itu kayak kisah percintaan deh, nggak ada ujungnya, ahay! Balik ke topik, jangan baper dulu yah. Temen-temen pasti ada yang suka atau sering naik gunung, gunung mana yang paling favorit dan bikin susah move on nih? Dibalik kegiatan mendaki pasti banyak banget kejadian di luar ekspektasi. Namanya alam, susah diprediksi baik situasi, kondisi, maupun cuaca.

Tapi, disitulah tantangan yang sebenarnya buat mengukur diri sendiri seberapa mampu-nya kalian dalam menghadapi tantangan yang ada. Maka dari itu sebagai penambah bantuan dalam accident yang terjadi di luar sana, temen-temen wajib banget bikin daftar perlengkapan apa aja yang harus dibawa saat naik gunung. Yakin perlengkapan mendaki kalian udah lengkap? Coba cek bareng-bareng yok!

Tas (Carrier atau Daypack)

Sumber : tribunnews.com

Tas gunung memiliki desain khusus dan berbeda dari tas biasa. Ukuran Carrier beragam mulai dari 40L, 55L, 60L, 90L, dan lainnya. Segala perlengkapan logistik bisa dijadikan satu dalam tas gunung ini. Pandai-pandai dalam menyusun agar muat banyak.

Sepatu Gunung

Sumber : lazada.co.id

Jangan enggan memakai sepatu gunung, demi keamanan untuk diri sendiri. Ini perlengkapan wajib saat mendaki, karena sepatu gunung punya alas empuk, waterproof, grip tebal dan anti slip untuk menjajal medan pendakian di alam liar.

Jaket Gunung & Sarung Tangan 

Sumber : blibli.com

Selanjutnya, temen-temen yang naik gunung pasti udah tau gunung itu sedingin apa? Gunakan jaket windproof/ waterproof/windbreaker untuk menghindari udara dingin dan air yang masuk ke badan. Jaket gunung dan sarung tangan berfungsi untuk menghindari terkena hipotermia (kedinginan).

Tenda

Pengganti kamar dirumah kalian nih, tenda. 1 Tenda bisa berkapasitas 4-6 orang, sesuaikan dengan jumlah orang saat mendaki. Pastikan memilih tenda sesuai kapasitas, berat, dan model (single layer/double layer). Kebanyakan orang membawa tenda dome.

Sleeping Bag & Matras

Sumber : amazon.co.uk

Dibungkus secara ringkas, sarung untuk tidur-mu di dalam tenda akan menghangatkan badan sekaligus selimut. Pilihlah sleeping bag berbahan seperti, polar, dacron, dan polar-dacron. Jangan lupa bawa matras sebagai pengganti kasur-mu, yaitu sebagai alas tidur. Belom tentu tempat kalian singgah, tapak tanah-nya landai.

Headlamp atau Senter

Sumber : petzl.com

Membantu memudahkan aktivitas pendakian pada malam hari, ketika di alam bebas kalian akan kesulitan melihat keadaan sekitar. Bisa headlamp atau senter, kalau nggak mau ribet pilihlah headlamp yang bisa diikat dikepala.

Cooking Set

Sumber : ebay.com

Kegiatan mendaki adalah kegiatan yang menguras tenaga, maka itu butuh amunisi juga si perut. Peralatan masak-nya jangan segala panci, kompor, teflon, segala perabotan rumah dibawa juga ya! Cukup bawa nesting dan kompor. Cooking set untuk mendaki yang praktis dan muat dalam tas gunung.

Survival Kit

Sumber : amazon.com

Dalam keadaan darurat, Survival Kit akan sangat dibutuhkan. Diluar alam sana, kita nggak tau apa yang akan terjadi, lebih baik berjaga-jaga ya!

Dry Bag dan Rain Cover

Hindari air hujan atau barang basah dengan menggunakan rain cover dan dry bag. Rain cover bisa melindungi carrier dari basah saat musim hujan dan dari debu serta kotoran. Fungsi dry bag juga bisa untuk menampung air dari sumber mani. Ukuran dry bag beragam mulai dari 5L – 30 L.

Trekking Pole

Sumber : prepforshtf.com

Tak jarang pendaki mengabaikan penggunakan trekking pole, ada yang merasa ribet. Padahal trekking pole sangat membantuk menahan tubuh kalian saat melakukan pendakian yaitu memimalisik nyeri lutut dan memberi keseimbangan saat melintasi medan yang terjal.

Jas Hujan

Wajib dibawa dalam tas kalian nih. Fungsinya gado-gado deh mulai dari pengganti jaket ala waterproof, bisa jadi rain cover, atau menjadi atas tenda darurat. 

Sebenarnya masih banyak lagi perlengkapan yang harus dibawa saat naik gunung sesuai kebutuhan juga, 12 perlengkapan yang dijabarkan diatas itu termasuk perlengkapan umum yang wajib dibawa jika hendak naik gunung. Jangan diabaikan loh ya, diatas gunung sana nanti kalian bisa kesusahan karena nggak ada indomart. Jangankan indomart, mungkin warungpun jarang buka. Kapan bersatu dengan alam lagi? Salam lestari.

Headline Imagewww.theadventurejunkies.com

WordPress spam blocked by CleanTalk.