Kapan sih waktu yang tepat untuk Traveling di Indonesia ?

0
56

Hai KawanJo,

Bagi KawanJo yang suka banget liburan, kali ini Travelerbaik akan bagi-bagi informasi tentang “WAKTU YANG TEPAT” untuk surfing, hiking dan diving di Indonesia.

Pertama, kapan sih WAKTU YANG TEPAT untuk surfing??
Menurut situs pemburuombak , waktu yang tepat untuk surfing itu adalah pagi hari, kenapa??
Alasan pertama yang cukup jelas adalah jika kamu surfing di pagi hari,sekitar jam 7 pagi. Kemungkinan kamu akan surfing dengan tenang karena pasti tidak akan terlalu banyak orang yang surfing di pagi hari. Kamu mungkin memang gak bisa dapetin semua ombaknya,tapi at least tingkat stress karena terlalu banyak orang saat surfing akan berkurang karena kamu akan nyaman dan merasa tenang bagaikan di pantai milik kamu sendiri. Dan ombak pun lebih sempurna pada saat pagi hari. Dan angin pun biasanya tidak begitu kencang sehingga membuat ombak akan lebih sempurna.

Adalagi alasan yang harus ketahui kenapa harus surfing di pagi hari, karena hanya di pagi hari sekitar jam 6 sampai jam 10 pagi sinar matahari akan sangat berguna buat kesehatan kamu.Sinar matahari di pagi hari baik untuk detoksifikasi, mood elevasi melalui serotonin, immunity atau kekebalan tubuh, dan peningkatan kelancaran pencernaan, juga mengandung unsur vitamin D, dan juga efektif melindungi kulit dari beberapa masalah kulit.

Jangan lupa liat kondisi cuaca juga yah guys!!

 

Kedua, kapan sih WAKTU YANG TEPAT untuk diving / menyelam??

Gak jauh berbeda dengan surfing, jika kawanJo mau menyelam di suatu daerah jangan lupa cek cuaca dan kondisi laut terlebih dahulu agar bisa menghindari kecelakaan saat menyelam.

Di bawah ini adalah rangkuman waktu terbaik menyelam di beberapa daerah di Indonesia yang diambil dari berbagai sumber (berdasarkan dry season dimana angin dan ombak sangat baik). Lihat catatan untuk waktu terbaik melihat ikan tertentu). Perlu juga diperhatikan jadwal bulan purnama untuk menghindari ombak besar yang memabukkan. Jadwal bulan purnama bisa dicek di http://www.pasanglaut.com.

English version click here

Location

Best Time

Notes

 

From

To

 

Java termasuk Ujung Kulon, Krakatau, Sangiang, Kepulauan Seribu dan Karimun Jawa

Februari

November

Bali

April

Oktober

August –   September adalah waktu terbaik melihat mola-mola di Nusa Penida

Pulau Komodo, NTT

April

Oktober

Schooling Manta biasanya di bulan September – January

Alor, NTT

Mei

September

September biasanya ada mola-mola

Banda Neira, Maluku

Maret

April

October & November adalah waktu terbaik melihat schooling hammerhead sharks

Oktober

November

Halmahera

Mei

Oktober

 Ada walking shark

Ambon

Oktober

April

Derawan, Kalimantan Timur

April

Oktober

 Ada bagan whale shark

Bunaken, Sulawesi Utara

April

Oktober

Lembeh, Sulawesi Utara

April

Oktober

Visibility berkurang di bulan August, tapi critters mudah ditemukan

Parigi, Sulawesi Tengah

Oktober

Maret

December – February waktu terbaik melihat whale sharks

Donggala, Sulawesi Tengah

Maret

Oktober

Togean, Sulawesi Tengah

Maret

November

Tanjung Bira, Sulawesi Selatan

April

Mei

August & September adalah waktu terbaik melihat manta, mola mola, hammerhead sharks

Oktober

November

Takabonerate, Sulawesi Selatan

April

October

Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Maret

Desember

Pelagic biasanya terlihat pada bulan July – August.

Buton, Sulawesi Tenggara

April

Oktober

Gorontalo, Sulawesi Utara

November

April

 Ada bagan whale shark

Pulau Weh, Aceh

April

Oktober

Raja Ampat, Papua

November

April

Nabire, Papua

Mei

Oktober

Whale sharks dapat ditemukan sepanjang tahun

Biak, Papua

Januari

Desember

Src : https://rezkito.wordpress.com/2014/09/03/waktu-menyelam-terbaik-di-indonesia/

 

Gimana dengan WAKTU YANG TEPAT untuk hiking?

Bulan November sampai Desember pun sebenarnya termasuk waktu yang tidak direkomendasikan untuk mendaki gunung. Meskipun intensitas hujan belum setinggi periode Januari sampai Maret, namun pendakian pada periode ini memiliki potensi kecelakaan yang tinggi. Badai dan kabut tebal sering terjadi di waktu tertentu saat periode peralihan tahun ini. Namun, tidak banyak pengelola gunung yang menutup jalur pendakian pada periode ini sehingga banyak pendaki yang tetap melakukan pendakian. Hal ini karena ada momen menarik seperti Natal dan Tahun baru yang akan terasa mengesankan jika dirayakan di atas gunung. Waktu terburuk lainnya untuk berlibur ke gunung adalah saat aktivitas vulkanis di gunung tersebut sedang meningkat. Peningkatan aktivitas vulkanis tidak memiliki periode yang pasti. Bisa terjadi di periode musim hujan atau peride musim panas sekalipun.

Waktu Terbaik Untuk Traveling ke Gunung Waktu terbaik untuk pergi ke gunung adalah pada saat musim panas mulai dari akhir April sampai awal Oktober. Biasanya, waktu paling pendakian paling disukai pendaki adalah pada periode Juli sampai September. Periode ini adalah puncak musim panas. Selain kecil kemungkinan terjadinya hujan, pemandangan alam di periode ini bernar-benar luar biasa. Di siang hari, langit biru akan memayungi setiap kegiatan pendakian. Langit yang cerah ini membuat momen terbit dan terbenamnya matahari menjadi sangat indah karena kilau keemasan dari matahari tak akan terhalang awan mendung. Di malam hari, langit yang cerah membuat gugusan bintang bisa terlihat jelas. Bagi penggemar fotografi astronomi, periode ini menjadi waktu yang tepat untuk memotret keindahan galaksi Bima Sakti. Di periode ini pun banyak momen yang akan terasa lebih seru jika dirayakan di atas gunung, salah satunya perayaan hari kemerdekaan Indonesia di tanggal 17 Agustus. Banyak pendaki yang sengaja datang untuk melakukan upacara pengibaran bendera di puncak gunung. Kekurangan yang dirasakan bila mendaki pada periode ini adalah terlalu banyak orang yang mendaki gunung. Banyaknya orang ini akan sedikit membuatmu kesulitan untuk mendapat spot kemah terbaik. Bahkan di beberapa gunung sering terjadi antrian untuk menginjakan kaki di puncak. Selain itu, udara di siang hari akan terasa lebih panas dan cuaca malam akan terasa lebih dingin dibanding musim hujan. Sebagai alternatif, cobalah mendaki di periode Mei sampai Juni atau di bulan Oktober. Meskipun hujan sudah mulai turun, namun jumlah orang yang melakukan pendakian di periode ini lebih sedikit. Di bulan Mei sampai Juni, ketersediaan air di gunung cukup banyak dan jalur pendakian serta titik perkemahan pun lebih bersih karena belum banyak pendaki yang datang ke sana. Sedangkan di bulan Oktober, ketersediaan air bersih menjadi lebih sedikit dan gunung terkadang sampah pun mulai berserakan. Setelah tahu waktu yang tepat untuk berlibur ke gunung, sekarang tinggal buat rencana pendakian bersama teman-temanmu. Bagi pemula, kamu bisa mendaki gunung Prau, Bromo, atau Papandayan. Bagi yang berpengalaman, cobalah pendaki gunung yang lebih tinggi seperti Merbabu, Semeru, Rinjani, Kerinci, atau Cantenz.

Src : https://www.cindenian.com/?p=1226


Semoga informasi-informasi ini berguna buat kawanJo, jangan lupa share ke teman-teman kalian semua !

WordPress spam blocked by CleanTalk.