6 Cara Memulai Bisnis Tour & Travel yang Sukses

0
136

Apakah kamu berencana untuk memulai bisnis travel? Jika ya, kamu harus siap untuk memenuhi semua aspek penting dari menjalankan bisnis travel dengan sukses. Menemukan lokasi yang sempurna, mendapatkan izin hukum dan mendekati mitra, ada beberapa langkah penting yang harus diambil.

Inilah 6 Langkah Mudah Cara Memulai Bisnis Travel yang Dijamin Sukses

1. Temukan Niche

Pertama-tama, kamu harus mengetahui niche pasar kamu. Ini merupakan aspek penting.

Salah satu kesalahan yang banyak dilakukan oleh pemilik bisnis dan bahkan bisnis travel baru adalah mereka ingin menjual segalanya.

Dengan cara itu, mereka mengundang persaingan keras dari mana-mana. Itu bukan hal yang bijaksana untuk dilakukan untuk startup karena mungkin kurang dalam pengalaman dan sumber daya.

Jadi, cari tahu pasar kamu.

Ketika kamu menentukan segmen pasar tertentu, kamu mengurangi persaingan karena tidak banyak operator yang aktif di dalamnya.

Niche apa yang terbaik untuk bisnis travel?

Untuk mengetahuinya, kamu perlu melakukan penelitian yang komprehensif.

Carilah niche yang sedikit pesaing namun aktif dalam niche itu, dengan itu agensi kamu dapat tumbuh dengan cepat.

Misalnya, jika kamu meneliti pasar, kamu mungkin mengetahui bahwa beberapa pasangan yang baru menikah lebih suka pergi backpacking. Mereka tidak ingin menghabiskan bulan madu mereka dengan cara yang konvensional dan santai.

Sebaliknya, mereka mencari tujuan petualangan.

Jika kamu menemukan bahwa tidak banyak agen perjalanan yang menyediakan paket perjalanan khusus untuk pasangan seperti itu,

Kamu dapat mulai melakukannya. Itu mungkin niche kamu. Tetapi lakukan penelitian yang luas.

2. Buat Rencana Bisnis yang Efektif

Rencana bisnis yang efektif membuat kamu tetap di jalur yang benar.

Ini memandu kamu dalam upaya untuk menjalankan agensi dengan sukses.

Tetapi rencana bisnis bukan tentang menetapkan tujuan secara acak dan memiliki ide kasar tentang apa yang akan kamu lakukan.

Jauh lebih dari itu. Kamu sebenarnya harus menyiapkan rencana terperinci.

Rencana bisnis kamu harus menyertakan beberapa poin penting. Itu harus didasarkan pada analisis pasar dan strategi penjualan. Pastikan untuk menyebutkan persyaratan pendanaan dan proyeksi keuangan. Uraian bisnis kamu harus tepat dalam rencana agar kamu memiliki gambaran yang jelas tentang tujuan bisnis kamu.

Pertimbangkan untuk memasukkan beberapa poin lainnya juga. Rencana tersebut harus menyatakan sumber daya yang tersedia bagi kamu untuk memulai agen perjalanan.

Jangan lupa untuk menentukan tujuan dan sasaran bisnis. Pada saat yang sama, kamu harus mengidentifikasi segala kendala yang mungkin kamu hadapi dalam mengoperasikan perusahaan.

Rencana tersebut harus menyebutkan strategi kamu untuk menghilangkan rintangan.

3. Bangun Branding

Membangun Branding penting untuk semua jenis bisnis termasuk bisnis travel. Branding adalah tentang menciptakan persepsi tentang perusahaan  dan produk atau layanan yang dijualnya.

Salah satu cara efektif untuk membangun persepsi positif adalah dengan membuat visual berkualitas tinggi seperti desain logo dan templat web berkualitas yang mengesankan.

Rancang barang-barang lain seperti brosur, kartu nama, dll. Pastikan warna dan tipografi semua visual sama untuk konsistensi brand.

Jika kamudapat menyampaikan pesan branding kamu dengan sukses melalui barang-barang ini, pelanggan akan berpikir positif tentang layanan yang kamu berikan.

4. Tetapkan Tujuan Praktis

Banyak agen Travel menetapkan tujuan tinggi dalam antusiasme mereka untuk menghasilkan uang besar secara instan.

Tetapi kebanyakan dari mereka akhirnya mencapai sangat sedikit dari tujuan yang ditetapkan. Ini mengarah pada membangun frustrasi.

Para ahli menyarankan bahwa agen harus menetapkan target penjualan yang realistis dan menjaganya tetap rendah ketika mereka memulai agen perjalanan.

Pertama, pertimbangkan pengeluaran, biaya, pengeluaran, dan gaji pribadi kamu. Setelah menyisihkan jumlah ini, uang yang kamu dapatkan juga akan menjadi penghasilan dari penjualan.

Jadi, cari tahu target penjualan kamu.

5. Jangan menunggu Peluang Penjualan

Beberapa agen memiliki kecenderungan menunggu peluang penjualan.

Ini adalah agen yang tidak ingin keluar dari zona nyaman mereka.

Mereka menunggu kondisi membaik dan akhirnya kehilangan tujuan penjualan mereka dengan selisih yang panjang.

Daripada menunggu klien memasuki pintu agensi kamu, cara yang lebih baik adalah mendekati mereka. Kamu harus melakukan segalanya untuk menghubungi klien potensial.

Setiap kali kamu mendapat kesempatan, jangan sia-siakan!

6. Buat Blog

Berapa banyak bisnis yang tidak memiliki blog pada situs web mereka?

Menurut beberapa survei, pelanggan akan memutuskan mengkonversi setelah melihat 2 sampai 4 rekomendasi di dalam blog?

Jadi inilah bagian terpenting dalam blog, bukan hanya untuk memperkenalkan bisnis dan banranding kamu namun ini menambah nilai dan kepercayaan pelanggan atau calon pelanggan terhadap bisnis travel kamu.

Pigijo.com adalah contoh kecil untuk menjalankan bisnis Travel yang Sukses, dengan menambahkan blog pada situs ini adalah ide cerdas, bukan hanya mendapat lalu lintas yang meledak, mereka juga memungkinkan banyak penulis menuliskan pengalaman mereka disini dan bahkan tidak sedikit merekomendasikan branding mereka disini.

Poin pentingnya adalah, mulailah membuat blog dan kamu akan mendapatkan “banyak” calon pelanggan yang bersumber dari konten blog yang banyak diterbitkan oleh kebanyakan, Travel blogger.

Kesimpulan

Ketika kamu ingin memulai bisnis Travel sebagai agen, kamu harus mengurus banyak aspeknya. Ketahui niche pasar, siapkan rencana bisnis, dapatkan dana, cari tahu lokasi yang bagus, dan bangun hubungan pelanggan dan hal-hal lain bersama dengan izin resmi!

Jika kamu menikmati artikel ini, pertimbangkanlah untuk melihat postingan saya sebelumnya tentang, Tips untuk Merencanakan Liburan yang Sempurna di Tahun 2019 saya berbagi 7 Kiat hebat disana!

***

Kredit Gambar

Gambar UnggulanTomy Saputra / Iamtomys.com

Author bioTomy Saputra adalah freelancer blogger dan pemasar konten yang fokus dalam menulis di niche marketing e-Commerce, dan CRO. Anda dapat mengunjungi situsnya untuk membaca lebih banyak postingnya.

WordPress spam blocked by CleanTalk.