7 Hal Ini Nggak Boleh Lupa Kamu Bawa Saat Hiking!

0
83

Selamat akhir pekan, peeps! Ada rencana apa nih, di weekend kamu kali ini? Atau kamu cuma mau stay di rumah aja? Its totally okay, peeps! By the way, kamu udah nonton film 5cm belum, peeps? Emang sih, itu film lama. Tapi, Esti lagi keinget nih sama scene mereka waktu mendaki gunung. Hm, terus Esti juga jadi wondering kira-kira apa aja ya yang harus dibawa waktu hiking tuh?

Nah, sambil santai-santai, peeps, yuk kita ngobrol soal essentials yang gak boleh lupa kamu bawa saat hiking!

 

1. Tas Gunung

Udah pasti lah ya, peeps. Masa aja kamu hiking bawa paperbag doang, hihi. Nah, mungkin di antara kita ada yang bertanya-tanya, kenapa sih harus tas gunung? Emang gak bisa pake ransel aja? Well, bisa sebenernya, peeps. Dengan catatan, kamu cuma one day trip aja hiking-nya, jadi sampe puncak bentar terus langsung turun lagi, deh. Tapi, kalo kamu harus camping atau bertenda dulu selama hiking, barang yang kamu bawa ketika kamu pake ransel itu nggak akan memadai, peeps. Oh ya, jangan lupa juga untuk bawa cover bag-nya yang untuk melindungi tas dari hujan ya, peeps!

 

2. Map dan Kompas/GPS

Saat hiking di alam bebas, tanpa kompas dan map mungkin kita akan merasa kayak lagi tersesat kan, peeps. Nah, dengan adanya dua alat ini, kamu bisa tau posisi kamu berada, berapa jauh lagi ke tempat tujuan dan kamu juga bisa menemui beberapa sumber air terdekat, peeps. Jadi, nggak perlu khawatir takut tersesat, deh! Buat Esti sendiri, tersesat di alam bebas itu masih jadi hal yang menyeramkan, peeps. Tapi, tersesat di hati doi jauh lebih menyeramkan sih, peeps! Hahaha

 

3. Peralatan Cadangan

Seperti yang udah Esti bahas di poin sebelumnya, ketika hiking kita pasti perlu banyak barang untuk dibawa sesuai kebutuhan kan, peeps. Nah, jangan lupa juga bawa cadangan untuk beberapa barang yang cepet habis, peeps. Contohnya kayak baterai, makanan dan minuman. Selain tiga hal itu, pakaian cadangan juga mesti kamu bawa sesuai kebutuhan, peeps. Kamu bisa nyiapin pakaian cadangan dengan membedakannya jadi pakaian aktivitas, pakaian saat hiking dan pakaian untuk tidur. Pakaian yang Esti maksud di sini udah merangkap kayak jaket, kaos, celana dan undergarments ya, peeps. Jangan lupa juga untuk bawa jas hujan dan sendal, untuk memudahkan aktivitas kamu di daerah perkemahan waktu hiking nanti.

 

4. P3K

Ini nggak kalah penting dari poin-poin yang Esti udah sebutin sebelumnya, peeps. Biasanya obat-obatan yang harus ada itu obat luka luar, obat flu, pain reliever, obat anti alergi, vitamin, minyak angin, obat sakit perut maupun obat khusus untuk sakit tertentu. Just in case of an emergency, its better to be prepared right?

 

5. Trekking Pole

Apasih, tekking pole itu? Trekking pole itu sebuah tongkat yang bisa jadi alat bantu tumpuan kamu saat hiking, peeps. Ini sebenernya masuk ke bagian just in case of an emergency thing, karena kita nggak pernah tau medan hiking di depan kayak apa dan just in case kaki kita terkilir nanti, kita bisa pake trekking pole ini untuk mengurangi beban di kaki kita, jadi kita tetep bisa mendaki dengan bantuan trekking pole ini.

 

6. Tenda, Matrass dan Sleeping Bag

Tenda ini wajib hukumnya untuk dibawa, waktu kita nginep di gunung, peeps. Karena tenda bisa melindungi kita dari angin, hujan, dingin, binatang dan gangguan lainnya. Tapi, sebelum kamu memutuskan untuk bawa tenda, pastiin dulu apakah kamu perlu bawa tenda sendiri atau nggak ya, peeps. Karena si tenda ini lumayan berat juga kalo dibawa. Nah, untuk matrass dan sleeping bag, ini adalah tempat tidur kamu selama kamu ada di daerah perkemahan. Tips dari beebrapa pendaki senior, kamu bisa lapisin matrass kamu pake alumunium foil supaya merasa lebih anget, karena seperti yang kita tau dari pelajaran IPA, alumunium foil itu salah satu konduktor yang baik kan, peeps. Sehingga panas tubuh kita bisa dihantarkan dengan baik sama alumunium foil ini.

 

7. Miscelanious

Hal lain yang nggak boleh ketinggalan untuk kamu bawa selama hiking itu adalah SPF/Sunblock, Sunglasses, Senter, Tissue Basah dan Kering, juga Kantong. SPF/Sunblock fungsinya jelas untuk melindungi kulit kita dari tabir surya supaya nggak kebakar, peeps. Untuk Sunglasses sendiri, fungsinya supaya kita bisa terhindar dari silaunya matahari. Senter, sebagai alat bantu penerangan untuk menuntun perjalanan kamu. Tissue Basah dan Kering, ini bisa kamu buat lap peralatan makan atau bisa juga untuk mandi darurat saat nggak ada air. Terus, Kantong ini fungsinya untuk naro baju-baju kotor kamu selama hiking, peeps.

 

Nah, jadi itu dia essentials yang nggak boleh lupa dibawa saat hiking, peeps. Dengan berbekal tips di obrolan kali ini, kamu bisa lho, peeps, luangin waktu sebentar untuk travelling. Kenapa? Kamu bisa baca benefit dari travelling di tulisan Esti yang ini yaa! Terus, kalo kamu udah fix banget kepengin liburan nih, Kamu tinggal pergi ke website ini, terus kamu bisa customized tujuan trip kamu, pemesanan akomodasinya, waktu keberangkatannya, juga kamu bisa customized aktivitas apa aja yang pengin kamu lakuin, jadi kamu nggak perlu pake itinerary buatan orang karena kamu bisa bikin sendiri sesuai yang kamu mau! Nah setelah itu bakal muncul beberapa rekomendasi dengan harga yang affordable dan kriterianya sesuai preferensi yang udah kamu isi, deh. Cucok banget kan?

 

Eh, kamu juga bisa lho klik di sini buat liat berbagai macam pilihan liburan ke berbagai macam destinasi wisata yang up to date, peeps! Terus masih banyak lagi penawaran bundling liburan lainnya, peeps. Kamu bisa langsung aja buka website ini dan pantau ke sini untuk liat penawaran lainnya. Yuk buruan, rencanakan liburan kamu di sini.

Psst. Ada banyak promo juga lho, dan lagi sekarang transaksinya bisa kamu lakukan di AkuLaku. Super mudah, super hemat, super happy dan liburan kamu bakal super seru!

 

Oke, peeps, segitu dulu obrolan kita kali ini, yaa. Sampai ketemu di obrolan selanjutnya! Adios!^^

(Header Image Source: Unsplash)

WordPress spam blocked by CleanTalk.