Ada Kawasan Geopark Nasional Baru, Lho! Mau Touring ke Sana? Perhatikan Hal-hal Ini!

0
24

Hai, peeps! Gimana kabar kamu hari ini? Semoga baik dan sehat selalu, yaa! Kayak Esti yang lagi dalam keadaan baik dan senang hari ini, hihi! Mau tau kenapa?

Jadi, barusan Esti abis baca berita soal ditetapkannya Natuna sebagai kawasan Geopark Nasional. Buat Esti, ini adalah kabar baik, karena dengan ditetapkannya Natuna sebagai salah satu dari kawasan Geopark Nasional dapat melindungi warisan geologi yang ada di Indonesia, peeps. Sebelumnya, udah banyak daerah di Indonesia yang ditetapkan sebagai Geopark Nasional juga, lho. Nah kalo kamu mau baca lebih lanjut soal Geopark, kamu bisa baca tulisan ini yaa!

Kabupaten Natuna ini sendiri letaknya di Kepulauan Riau, peeps. Banyak banget keindahan di sini, jadi nggak mengherankan kalau Natuna ditetapkan jadi kawasan Geopark Nasional. Salah satu kegiatan yang populer dilakuin di sini atau di pulau-pulau lain secara umum, adalah touring, peeps. Eits, touring nggak hanya bisa kamu lakuin sama motor lho, peeps. Kamu juga bisa touring pake mobil, hihi.

Anyway, mungkin kamu bertanya-tanya ya, kok mau gitu repot-repot touring di saat pilihan transportasi udah makin banyak dan canggih sekarang. Buat sekelompok orang yang suka touring, mereka bilang kalo touring itu banyak manfaatnya lho, peeps, di antaranya selain bisa menambah banyak relasi karena banyak bertemu orang di jalan, juga bisa mendekatkan diri dengan alam, karena lebih bisa explore lingkungan sekitar sejak masih di perjalanan touring.

Tapi, seperti halnya yin dan yang, peeps, di mana ada manfaat pasti ada juga risikonya selama di perjalanan touring. Nah, untuk meminimalisir probabilitas risiko yang akan terjadi, kamu harus simak beberapa tips di bawah ya!

Image Source: https://pixabay.com/photos/harley-davidson-motorcycle-chrome-3794909/#_=_

Yang Pertama, Cek Kondisi Kendaraan Kamu Secara Berkala. Kunci supaya touring kamu aman sentosa adalah keadaan kendaraan kamu, peeps. Untuk kendaraan, banyak banget yang harus kamu cek, mulai dari knalpot, kabel, (kabel kelistrikan, kabel rem dan kabel kopling) rantai, filter udara, mur dan baut, cairan, lampu, aki, rem dan ban.  Jangan lupa perlengkapan kendaraan seperti riding gear (helmet, sarung tangan) juga harus lengkap, lho, peeps. Safety first!

Image Source: https://pixabay.com/photos/woman-person-desktop-work-aerial-3187087/

Yang Kedua, Cek Kondisi Kesehatan Kamu. Selain kamu ngecek ‘kesehatan’ kendaraan kamu, jangan lupa juga untuk ngecek kondisi kesehatan kamu sendiri, peeps. Karena selama touring itu kamu bakal dituntut untuk terus fokus mengendarai kendaraan. Kalo kamu merasa lelah atau ngantuk, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk terus jalan, peeps. Kamu bisa berhenti sebentar sambil menikmati pemandangan sekitar, kan win win solution. Hihi

Image Source: https://pixabay.com/photos/luggage-packed-travel-trip-1081872/

Yang Ketiga, Bawa Perlengkapan dan Bekal Yang Cukup. Waktu touring, kamu nggak pengin dong ya, peeps, sampe bawa kebanyakan barang yang akhirnya nggak kepake atau malah sama sekali nggak bawa barang yang ternyata malah diperluin selama touring? Nah, makanya kamu harus cerdik dalam memilih barang apa aja yang bakal kamu bawa supaya nggak kebanyakan dan nggak kekurangan juga. Eh iya, kamu juga harus sedia bekal yang cukup, peeps. Supaya kalau sewaktu kamu berhenti untuk istirahat dan jauh dari warung, kamu nggak kebingungan. Bekal yang kamu bawa bisa air putih dan makanan ringan yang mengenyangkan. Supaya energinya bisa full lagi saat kamu lanjutin perjalanan.^^

Image Source: https://pixabay.com/photos/studio-education-book-literature-4026455/

Berikutnya, Kenali ‘Medan Tempur’. Ketika kamu udah mengenali ‘medan tempur’ atau rute perjalanan yang akan kamu tempuh selama touring, peeps, kamu akan jauh lebih percaya diri saat berkendara dan lebih nyaman juga. Karena seenggaknya secara teori kamu udah menguasai ‘medan tempur’ itu. Nah, biasanya kan touring ini dilakuin berkelompok gitu ya, manfaat lain dari kamu yang udah kenal sama rute perjalanannya itu bisa ngebantu kamu banget saat terjadi hal-hal yang nggak diinginkan, kayak waktu kepisah dari rombongan kelompok atau nyasar. Jadi, jangan lupa banyak-banyak riset ya, peeps!

Image Source: https://pixabay.com/photos/motorcycle-road-bike-tour-touring-2312896/

Selanjutnya, Lakukan Touring Secara Berkelompok. Sebenernya nggak apa-apa juga kalau kamu pengin touring sendirian, peeps. Touring secara berkelompok ini disarankan supaya tiap-tiap anggotanya ada yang got each other’s back gitu. Jadi berasa lebih aman aja kalau bareng-bareng, kan.

Image Source: https://pixabay.com/photos/tools-construct-craft-repair-864983/

Yang Terakhir dan Nggak Kalah Penting Adalah Bawa Toolkit Dan Surat-Surat Penting. Toolkit yang kamu bawa bakal useful banget ketika ada kerusakan minor yang masih bisa kamu perbaiki sendiri, peeps. Sementara surat-surat penting yang kamu bawa kayak STNK, SIM dan KTP bakal useful banget supaya kamu terhindar dari razia polisi. Jadi, jangan sampe lupa ya, peeps!

Itu dia tips yang harus kamu perhatiin waktu mau touring ya, peeps!

Nah, kan di awal tadi kita udah ngobrol dikit soal kawasan Geopark baru di Kepulauan Riau ya, peeps. Esti mau ngingetin kamu nih, di Kepulauan Riau tanggal 29-31 Maret nanti bakal diadain festival Tour de Bintan. Untuk info selengkapnya kamu bisa baca di sini yaa!

Selain itu, Esti bakal ngasih pilihan paket wisata dan open trip yang hemat untuk kamu, lho! Alright, you can thank me later, loves. Hihi!

Klik di sini, untuk liat penawaran open trip Bromo.

Klik di sini, untuk liat paket wisata diving ke Bunaken.

Klik di sini, untuk liat open trip Belitung, Negeri Laskar Pelangi 3D2N

Dan masih banyak pilihan untuk promo-promo dan pilihan open trip lainnya, kamu tinggal pantengin di sini aja yaa! Kalo kamu mau langsung rencanain liburan kamu ke sini, peeps. Terus masih banyak lagi penawaran bundling liburan lainnya, peeps. Kamu bisa langsung aja buka website ini dan liat penawaran lainnya.

Yuk buruan, rencanakan liburan kamu di sini.

Oke, deh, peeps. Segitu dulu obrolan kita kali ini, yaa! Sampai ketemu di obrolan selanjutnya! Adios!^^

(Headline Image Source: Unsplash)

WordPress spam blocked by CleanTalk.