Selain Dikenal Berbadan Besar, Ternyata Ada Fakta Menarik Tentang Gajah Lho !

0
158

Kawan Jo, dibalik tubuhnya yang besar ada banyak fakta menarik dari hewan yang satu ini. Yap, Gajah! Nah, mau tau apa aja sih fakta menarik yang ternyata belum banyak diketahui orang-orang. Seperti yang di lansir dari bacaterus.com ini dia fakta nya, check this out~

1. Ukuran Gajah

Src Foto: https://www.dw.com/image/42609370_303.jpg

Ternyata ukuran gajah Asia dengan gaja Afrika itu berbeda lho Jo.Berdasarkan penelitian dari National Geographic, gajah Afrika bisa tumbuh dari 2,5 meter sampai 4 meter dari bagian bahu sampai kaki, terus berat badannya bisa mencapai 6.350kg. Nah, sedangkan gajah Asia mulai dari 2 meter sampai 3 meter dari bagian bahu sampai kakinya. Kalau berat badannya mencapai 2.041kg atau bahkan mencapai 4.990kg lho.

2. Makanan Gajah

Src Foto : https://statik.tempo.co/data/2015/08/27/id_431503/431503_620.jpg

Karena aktifitasnya kebanyakan makan gajah pun biasanya bisa menghabiskan tumbuh-tumbuhan sebanyak 250kg. Gajah juga menghabiskan air minum sampai 83 liter air. Kalo di akumulasiin selama satu tahun seekor gajah bisa makan sebanyak 1.600 jagung, 2.000 kentang, 3.000 kubis, apel, dan wortel. Lalu bisa juga memakan 100.000 pon buah kelapa, 1.500 pon daun pisang dan 12.000 pon rumput.

3. Gajah Betina

Src Foto : http://findonews.com/wp-content/uploads/2015/07/manfaat-gading-gajah.jpg

Dalam kawanannya, sang pemimpin yang ada di dalam kelompok gajah itu dinamakan matriakal. Biasanya dalam kelompokan terdiri dari anak gajah perempuan, induk gajah, dan saudara perempuan. Dalam kelompokan ini bisa mencapai 3 ekor sampai 25 ekor gajah betina.

4. Gajah Jantan

SrcFoto: https://www.dictio.id/uploads/db3342/original/3X/a/3/a3f02242971012a485f8e54b2fd75e867114a2dc.jpg

Gajah jantan dewasa menjalani kehidupan yang umumnya bersifat nomaden dan solitare. Kenapa bisa dinamakan demikian, karena gajah suka berpindah-pindah tempat dari satu tempat ke tempat lain nya untuk menemukan makanan dan bertahan hidup sehingga bersifat nomaden. Sedangkan gajah jantan yang bersifat soliter biasanya hidup secara menyendiri atau berpasang-pasangan tetapi tidak hidup berkelompok. Seekor gajah jantan mencapai masa puber sampai 12 sampai 15 tahun dan setelah itu akan menjadi mandiri tidak hidup bersama keluarganya.

5. Daun Telinga Gajah Afrika dan Gajah Asia

Src Foto : https://daninformen.files.wordpress.com/2015/10/192488_gajah_663_382.jpg

Selain gading ciri khas dari gajah adalah telinga nya yang lebar. Nah, kalo gajah Afrika bisa dikenali dari bentuk telinganya yang terbetang seperti bentuk benua Afrika. Lain halnya dengan bentuk telinga gajah Asia yang berukuran lebih kecil, yang lebih bulat di atasnya dan rata di sepanjang bagian bawah. Jadi tau kan cara memedakannya.

6. Gading Gajah

SrcFoto: http://3.bp.blogspot.com/zoJYv9ThCq0/U0SqP0WBBiI/AAAAAAAAAV0/IwaCYuDssk0/s1600/Gajah.jpg

Keberadaan populasi gading gajah terancam punah karena ulah manusia yang ingin memburu gading gajah untuk kepetingan pribadinya. Taring gaja dewasa tumbuh sekitar 7 inci dalam setahun. Yang dimana kegunannya ialah untuk menggali garam, air, dan akar selain itu gajah-gajah menggunakan taringnya untuk menandai pohon dalam membangun daerah kekuasaannya.

7.  Konflik Gajah Dengan Manusia

SrcFoto: https://cdn.idntimes.com/contentimages/post/20180814/e8a98ae32069de3ecceae9242d2ab02b_600x400.jpg

Kalian pasti pernah mendengar populasi gajah yang semakin menurun. Manusia dan gajah memang telah hidup berdampingan di Asia selama ribuan tahun lamanya. Namun, perubahan dramatis tentang bagaimana manusia menggunakan lahan atau mengambil tempat tinggal gajah untuk pertanian sehingga telah menyebabkan peningkatan yang rendah terhadap populasi gajah.

8. Gajah Heawan Yang Cerdas

Src Foto : https://www.beastudiindonesia.net/wp-content/uploads/2016/03/gajah.jpg

Gajah termasuk ke dalam hewan yang cerdas sehingga Smithsonian’s National Zoo memberikan gajah-gajah aktivitas latihan untuk memastikan mereka tetap cerdas dan rajin. Di program latihan ini disediakan mainan, kegiatan dan lingkungan yang merangsang secara fisik maupun mental untuk hewan-hewan tersebut.

9. Penelitian Gajah

Src Foto : https://awsimages.detik.net.id/community/media/visual/2018/11/19/c68f3f7a-2e11-4a70-92b5-8dd8ec53ef32.jpeg?w=780&q=90

Adapun habitat tentang gajah Asia telah menurun hingga 70% selama 30 tahun terakhir, dan saat ini kurang dari 40.000 gajah Asia tetap berada di alam bebas. Namun, para ilmuwan di laboraturium Geographic Information System (GIS). SCBI menggunakan citra satelit dan studi darat untuk melacak dan mempelajari gajah Asia dan habitatnya.

10. Hubungan Antar Gajah

Src Foto : https://cdn.yukepo.com/content-images/listicle-images/2017/04/29/38369.jpg

Seperti yang ita tahu gajah dikenal sebagai binatang yang sangat erat dalam mengembangkan ikatan antara teman dan anggota keluarga. Ada penelitian yang dimana ternyata gajah telah membentuk persahabtan dengan gajah lainnya dan bahkan persahabatan mereka itu sangat setia seumur hidup mereka. Makanya gajah dikenal dengan binatang yang setia lho Jo. Saking setia dan eratnya kekeluargaan di antara mereka, bahkan mereka bisa menjadi sangat sedih dengan kematian salah satu anggota yang mereka cintai. Ada juga beberapa gajah yang sengaja balik ke tempat semula yang mereka sayangi mati. Sangat jelas terlihat bahwa gajah merupakan binatang yang setia dan mengingat satu sama lainnya.

Nah, Kawan Jo kalo kalian juga pengen merasakan berpetualang bersama si besar alias si gajah ini kalian gak usah ribet karena sekarang sudah available di Pigijo lho. Kalian bisa cek info detailnya di https://www.pigijo.com/promo/detail/1227-paket-tour-di-2d1n-way-kambas-lampung. Have a nice holiday everybody 🙂

WordPress spam blocked by CleanTalk.