Kuliner Paling Hits Saat Mudik Lewat Jalur Pantura

0
39

Buat kalian yang mau mudik lewat jalur pantura, ngak usah takut kelaparan di jalan, karena hari ini aku mau recommend kamu tempat-tempat kuliner yang akan mengisi perut keroncongan dan siap melanjutkan perjalananmu.

1. RM Panorama – Indramayu, Jawa Barat

Cobain pindang gombnyang kepala ikan manyung yang bikin nagih di RM Panorama Jalan Tambak Raya, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat. Tempatnya nyaman untuk makan dan bersantai setelah perjalanan panjang, tempatnya juga luas. Selain pindang gombyang, menu lainnya seperti udang bakar, ikan bawal bakar, dan ikan etong bakar yang gak kalah nikmat.

Related image

Source: liputan6.com

2. Empal Gentong Mang Dharma – Cirebon, Jawa Barat 

Sudah terlalu banyak orang yang bilang ini adalah salah satu empal terbaik yang harus dicoba saat mudik, 

Lokasi Empal Gentong Mang Dharma bisa ditempuh dari lampu merah Grage Mall. Bila kamu datang dari arah timur (Jakarta), kamu bisa belok ke kiri, lurus terus, lalu belok ke kanan. Persis di lengkung jalan menuju tikungan terdapat Empal Gentong Mang Dharma, yang tepatnya beralamat di jalan Slamet Riyadi No. 1, Krucuk.

Image result for empal gentong mang darma

Source: travelingyuk.com

Racikan bumbunya yang berasal dari resep rahasia keluarga sejak 80 tahun dijamin enak. Potongan kecil daging dan jeroan sapi diguyur kuah santan penuh aroma rempah dan dimasak dengan gentong tanah liat yang dibakar di atas tungku. Harga satu porsi Rp 17 ribu dan disarankan kalau berkunjung ke sini sebelum jam makan siang biar tidak kehabisan.

3. Nasi Jamblang Ibu Nur – Cirebon, Jawa Barat

Ketika lapar melanda saat memasuki kawasan Cirebon, wajib banget nyobain nasi jamblang yang populer di sana. Salah satu yang terkenal adalah Nasi Jamblang Ibu Nur di Jalan Cangkring II No. 34, Kejaksaan, Cirebon, Jawa Barat.Image result for nasi jamblang bu nur

Source: tehsusu.com

Daun jati dijadikan alas nasi, kita bisa memilih berbagai macam lauk pauk. Lauk yang favorit antara lain cumi saus hitam, otak sapi goreng, perkedel kentang krispi, dan tempenya yang kering. Harus dicoba, gengs!

4. Mie Kocklok Hotel Slamet –  Cirebon

Mie Koclok Hotel Slamet buka pada malam hari. Kedai ini berada di halaman Hotel Slamet (jalan Siliwangi No. 95), yang berada di seberang jalan menuju Stasiun Kejaksan Cirebon. Mie koclok disajikan dengan tauge dan irisin tipis telur rebus. kKuahnya putih kental mirip sate padang.Related image

Saat merasakan nikmatnya kudapan khas Brebes ini Kamu pun bisa sekaligus menginap di hotel Slamet untuk beristirahat melepas lelah selama perjalanan mudik.

Source: phinemo.com

5.Sate Kambing Batibul Bang Awi – Tegal, Jawa Tengah

Salah satu kuliner khas Tegal adalah sate kambing batibul. Teksturnya empuk banget, karena daging yang dipakai adalah daging kambing yang masih belum berumur 4 bulan, gajihnya (lemak) bersih dan tidak bau. 

Image result for sate kambing batibul bang awi

Source:  liputan6.com

Jangan lupa nyobain sop kambingnya juga, karena enggak kalah enak . Lokasinya jauh dari keramaian, tapi mudah ditemukan karena berada di pinggir jalan yang menghubungkan kota Slawi dan Tegal, tepatnya di Jalan Raya II Ujungrusi, Adiwerna, Tegal.

6. Rujak Teplak Mitra – Tegal, Jawa Tengah 

Rujak teplak itu seperti pecel tapi olahan bumbu teplak terdiri dari singkong yang dicampur dengan bumbu cabai. Rasanya tentu aja enak! Jika takut kepedasan, kamu bisa menetralisir rasa pedas dengan bumbu kelapa rebus. Rujak Teplak Mitra berada di jl. HOS Cokroaminoto Tegal.

Image result for rujak teplak mitra

Source: jatenglive.com

7. Nasi Grombyang Pak H.Warso – Pemalang, Jawa Tengah

Semangkuk  nasi putih disiram kuah segar semacam gabungan antara soto dan rawon, karena warnanya agak gelap. Di atasnya terdapat irisan besar daging kerbau yang empuk nan gurih, serta juga potongan daun bawang.

Image result for nasi grombyang bpk. h. warso kabupaten pemalang jawa tengah

Source: travelingyuk.com

Porsinya tidak terlalu besar, sehingga pas untuk mengganjal perut sebelum melanjutkan perjalanan. Berlokasi di Jalan RE Martadinata Ps. Anyar Pelutan Pemalang, warung Pak H. Warso sangat terkenal dan banyak dikunjungi pemudik.

Nah, kalian ngiler sama yang mana? 

Semoga perjalanan mudik kalian selalu happy dan dalam keadaan full belly setelah baca ini,ya…

Au revoir!

WordPress spam blocked by CleanTalk.