Menikmati Keindahan Alam di Candi Ijo

0
33

Buat kalian yang sedang liburan dan kalian suka dengan keindahan alam dan tempat wisata yang berkaitan dengan sejarah budaya di Indonesia pasti kalian pernah datang ke candi – candi yang ada di Indonesia seperti Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Nah kalau Candi Borobudur atau Candi Prambanan kalian pasti udah sering dengar juga kan, tapi ada juga loh candi yang unik dengan keindahan alam yang gak kalah dari candi Borobudur, prambanan, dll. Candi ini bernama Candi Ijo.
Candi Ijo di bangun di antara kurun abad ke- 10 sampai abad ke- 11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram. Candi Ijo berlokasi di sebelah Timur kota Yogyakarta di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini dinamakan sebagai Candi Ijo karena berada diatas bukit yang disebut bukit Gumuk Ijo. Candi Ijo ini merupakan candi tertinggi di Yogyakarta.
Candi Ijo terdiri dari beberapa kelompok yaitu candi induk, candi pengapit dan candi perwara. Candi induk yang sudah selesai dipagar menghadap ke barat. Di hadapannya berjajar tiga candi yang lebih kecil ukurannya yang diduga dibangun untuk memuja Dewa Wisnu dan Dewi Sri.

rentaljogja.co.id

Untuk menikmati pesona Candi Ijo paling pas di lakukan di sore hari dimana bebatuan candi terkena sinar mentari senja. Pada saat itu pengunjung juga bisa melihat sunset yang indah.
Di candi ijo juga terdapat banyak prasasti. Diantaranya ada dua prasasti yang sampai sekarang masih menyimpan misteri. 2 prasasti tersebut terletak di bangunan candi yang berada di teras ke 9. Salah satu prasasti terdapat tulisan guywan atau bluyutan yang berarti pertapaan.
Candi Ijo juga memiliki prasasti batu yang memuat mantra-mantra yang diperkirakan berupa kutukan. Mantra tersebut ditulis sebanyak 16 kali. Kemungkinan besar kedua tulisan di prasasti tersebut berkaitan dengan terjadinya peristiwa tertentu di Jawa pada saat itu. Dan sampai saat ini peristiwa tersebut masih belum terkuak.

seniberjalan.com

Di sekitar Candi Ijo terdapat lokasi penambangan Batu Gamping. Areal penambangan yang berupa tebing-tebing kapur berwarna putih ini kerap dijadikan lokasi pemotretan. Orang-orang sering menyebutnya sebagai White Canyon.

Buat kalian yang ingin berwisata ke Candi Ijo dan ingin tau bagaimana sih caranya untuk sampai kesana, dalam perjalanan ke Candi Ijo kalian pasti akan melewati Istana Ratu Boko, lalu Setelah melewati Istana Ratu Boko kalian ambil jalan ke kiri mengikuti penunjuk arah. Candi Ijo terletak tepat di kiri jalan. Jalan menuju Candi Ijo berupa tanjakan yang lumayan curam, jadi kalian bisa datang kesana dengan mengendarai kendaraan beroda dua maupun kendaraan beroda empat.

WordPress spam blocked by CleanTalk.