Sambil Mudik Jalan-jalan Ke Tempat Wisata Religi, Yuk!

0
32

Source: idntimes.com

Waktu mudik sebentar lagi tiba, hore!

Sebelum mudik, lebih baik merencanakan mau pergi kemana dari jauh-jauh hari, jadi bisa melakukan persiapan yang lengkap.

Nah,  hari ini aku mau rekomendasi tempat-tempat wisata religi di Indonesia yang bisa kamu kunjungi sambil mudik.

Inget ya, mudik itu nggak cuman buat umat muslim, tapi umat non-muslim pun bisa bermudik ria.

oke, kita mulai list-nya!

1. Masjid Agung Jawa Tengah, Semarang

Masjid  di lahan 10 hektare ini dirancang menggunakan gaya arsitektur campuran Jawa, Islam, dan Romawi. Nuansa Romawi terasa banget pada bangunan 25 pilar di pelataran masjid yang bergaya koloseum Athena dihiasi kaligrafi yang indah. Di area depan masjid, akan terasa nuansa seperti berada di Masjid Nabawi karena ada enam payung raksasa dengan ketinggian 20 meter.

Masjid ini berlokasi di  Jl. Gajah Raya, Gayamsari, Sambirejo, Kota Semarang.

Image result for masjid agung semarang

Source: moneysmart.id

2. Taman Wisata Iman Sitinjo, Dairi

Sumatera Utara punya Taman Wisata Iman (TWI) untuk penyuka wisata religi. Tidak menutup untuk hanya satu agama melainkan bisa dikunjungi semua agama, karena di dalamnya terdapat gereja, kuil, vihara dan masjid.

Terletak sekitar 10 km atau 30 menit dari Ibu Kota Kabupaten Dairi, Sidikalang, dan sekitar 154 km atau 6 jam dari Medan.

Tempatnya berlokasi di Sitinjo I, Sitinjo,Kabupaten Dairi, Sumatera Utara.

Image result for Taman Wisata Iman Sitinjo, Dairi

Source: pariwisatasumut.net 

3. Masjid Tiban, Malang

Masjid indah selanjutnya berada di kota Malang. Masjid Tiban ini pasti membuat semua orang berpaling dan menoleh saat melewatinya.

Gimana gak, sekilas arsitektur masjid yang didominasi warna biru ini menyerupai bangunan vihara di Thailand dengan paduan nuansa Cina, Jawa, Eropa, dan Arab.

Masjid mewah ini juga memiliki area kolam renang dengan perahu yang dapat disewa, akuarium, perpustakaan, hingga area satwa. Kalian bisa berisitirahat disini, dan untuk yang membawa anak-anak bisa membiarkan anaknya meregangkan kaki dan bermain sejenak.

 Kamu bisa mengunjungi tempatnya di Jl. Anggur, Sananrejo, Turen, Malang, Jawa Timur 65175, Indonesia.

Source: Instagram @pinkyapinky

4. Patung Tuhan Yesus Memberkati, Toraja

Patung ini memiliki tinggi 40 meter menghadap Kota Makale. Ikon wisata Tana Toraja ini mengalahkan tinggi patung Kristus Penebus di Brazil jika dihitung dari permukaan laut. Dari kawasan Buntu Burake, wisatawan juga dapat menikmati pemandangan kota Makale dan gunung-gunung yang indah yang mengelilingi Toraja.

Wisata ini berlokasi di  Buntu Burake, Makale, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Source : Instagram @joshuafavian

5. Masjid Sunan Ampel, Surabaya

Masjid Sunan Ampel merupakan Masjid tertua ke-3 di Indonesia.  Masjid ini dahulu merupakan lokasi berkumpul para ulama saat membahas upaya penyebaran Islam di tanah Jawa. Di sini kamu bisa mempelajari sejarah peradaban Islam dengan lebih mendalam.

Pada bagian sebelah barat masjid, terdapat makam Sunan Ampel yang hingga kini juga ramai dikunjungi para peziarah. Berlokasi di Jalan KH Mas Mansyur, Kelurahan Ampel, Surabaya Utara.

Related image

Source: ksmtour.com

6. Gua Maria Sendangsono, Yogyakarta

Sebuah pintu dengan dinding samping terbuat dari batu akan mengantarmu masuk ke kompleks ziarah yang luas, terbagi atas kapel-kapel kecil, lokasi Jalan Salib, Gua Maria, pendopo, sungai dan tempat penjualan perlengkapan ibadah.

Banyak orang memanjatkan doa dengan bersimpuh dan menyalakan lilin di depan gua ini. Sekadar info, patung Bunda Maria yang ada di kompleks ini didatangkan khusus dari Spanyol.

Berlokasi di Semagung, Samagang, Banjaroyo, Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gua Maria Sendangsono, Tempat Ziarah Umat Katolik di Kulon Progo

Source: 1001indonesia.net 

7. Masjid Terapung, Makassar

Masjid Amirul Mukminin lebih dikenal dengan sebutan Masjid Terapung karena berada di timur laut Pantai Losari. Masjid Terapung yang mampu menampung hingga 500an jemaah ini memiliki luas 1.683 meter persegi dan ditopang 164 tiang.

Selain Pantai Losari, Masjid ini juga merupakan landmark kota Makassar. berlokasi di Jalan Penghibur No.289, Losari Kota Makassar, Sulawesi Selatan

Related image

Source: pinterest.com

Sekarang setelah aku kasih list tempat-tempat tadi, gimana? tertarik?

Sambil mudik ajaklah teman dan keluraga kalian ke tempat-tempat ini biar hatinya makin tentram, guys!

Segini dulu dari aku,

Au revoir!

WordPress spam blocked by CleanTalk.