Pesona Kalimantan Utara, Ini DIa Listnya Jo!

0
17

Kali ini saya mau membahas tempat-tempat wisata di Kalimantan Utara.

1. Museum Roemah Boendar

Source: https://sportourism.id/adventure-travel/ingin-lihat-peninggalan-bersejarah-di-tarakan-kunjungi-saja-roemah-boendar

Roemah Boendar adalah salah satu tempat wisata sejarah yang dijadikan museum yang terletak di Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara. Dinamakan Roemah Boendar karena bentuk bangunannya yang beratapkan bundar berbentuk setengah lingkaran memanjang berukuran 12 x 6 meter.

2. Museum Kesultanan Bulungan

Source: https://backpackerjakarta.com/melihat-jejak-kerajaan-bulungan-di-museum-kesultanan-bulungan/

Museum Kesultanan Bulungan terletak pada Kecamatan Tanjung Palas Utara, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. Museum ini bisa dibilang sangat dekat dengan kota Tanjung Selor, tetapi untuk bisa sampai ke museum tersebut harus menyeberang sungai memakai perahu ataupun speedboat, sebab Kecamatan Tanjung Palas Tengah serta Kota Tanjung Selor dipisahkan dengan sungai kayan, apabila anda berada di Kota Tanjung Selor, anda dapat melihat Kecamatan Tanjung Palas Tengah, begitupun sebaliknya.

3. Taman Nasional Kayan Mentarang

Source: https://ceb.wikipedia.org/wiki/Kayan_Mentarang_National_Park

Taman Nasional Kayan Mentarang terletak di Kecamatan Malinau, Kalimantan Timur. Kayan Mentarang adalah wilayah konservasi alam terbesar di Kalimantan, dan merupakan yang terluas di Asia Tenggara. Wilayah konservasi alam ini kemudian diresmikan sebagai Taman Nasional oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1996, dan dilindungi oleh Ketetapan Kementerian Kehutanan No. 631/KTPS-II/1996, yang mengatur tentang konservasi sumber daya alam beserta ekosistemnya.

4. Taman Cendrawasih

Source: http://blogkaltara.blogspot.com/2015/01/taman-cendrawasih-tanjung-selor.html

Taman ini berlokasi di persimpangan jalan Cendrawasih dan jalan Serindit berdekatan dengan tugu PKK dan tugu Telur Pecah di kota Tanjung Selor Kabupaten Bulungan. Bentuk taman ini segi empat dengan dikelilingi pagar pintu masuk taman bukan di depan jalan utama sehingga cukup aman keluar masuk bagi anak2 yang mau bermain disini area taman cukup luas dengan jalanan taman sebagian besar dari batako dan umumnya jalanannya berbentuk lingkaran.

5. Wisata Air Terjun Karangan

Source: http://kalpos.prokal.co/read/news/3126-rp800-juta-untuk-benahi-air-terjun-karungan

Air Terjun Karangan merupakan air terjun yang terletak di Kota Tarakan.

Nah itulah Beberapa tempat-tempat wisata di Kalimantan Utara. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

WordPress spam blocked by CleanTalk.