Survey dan Itinerary Perjalanan itu Penting!

0
17

Salah satu keseruan merantau itu kalau ada temen yang ingin mengunjungi kita dan sekalian ingin berlibur di tempat kita tinggal.  Temenku baru saja mengunjungi tempat aku merantau dan mengajakku bertemu, padahal saat di Jakarta, hampir dua tahun kamu tidak bertemu. Dasar manusia! Hihi..

Setelah menentukan tempat untuk bertemu, kami bertukar cerita. Aku pun jadi pengin tahu, kan, bagaimana perjalanan dia ke sini dan keseruan-keseruan yang dia lalui. Setelah sadar, ternyata temanku tidak merencanakan perjalanannya dengan matang. Jadinya dia nggak tau mau ke mana dan menghabiskan banyak uangnya untuk penginapan. Aku jadi pengin sharing sama kalian apa aja, sih, yang seharusnya kita perhatikan saat ingin traveling.

  1. Itinerary itu penting!

Planning dalam sebuah perjalanan itu penting banget, loh, hukumnya. Belajar dari pengalamanku kemarin, pastikan kalian nggak beli tiket apapun itu secara mendadak atau mepet waktu! Selain bisa aja kamu kehabisan tiket yang murah, kalian juga bisa kehabisan tiket, lho. Nggak mau kan sampai batal liburan hanya karena telat membeli tiket pesawat atau kereta?

Nggak cuma tiket perjalanan, kamu juga harus perhatikan tempat kamu menginap. Survey itu penting, lho! Sekarang itu mudah banget, kok, mencari review suatu tempat. Temanku kemarin baru memesan hotel saat tiba. Selain mahal, penginapannya nggak sebanding dengan harganya. Jadi rugi, kan?

  1. Cek kendaraan dengan baik

Kalau kalian berencana traveling menggunakan kendaraan, pastikan kendaraan yang akan kamu gunakan itu dalam kondisi yang sangat baik, ya. Begitu pun saat menyewa kendaraan di tempat kamu liburan. Pastikan kamu menyewa kendaraan yang kondisinya sangat baik. Dari pengalamanku dan temanku, ada tempat penyewaan yang nggak memperhatikan kondisi kendaraannya. Bahkan motor yang temanku sewa kemarin kondisinya nggak banget. Bisa tiba-tiba mati diperjalanan. Ganggu liburan banget, kan?

  1. Cari tahu tempat yang kamu kunjungi

It’s quite funny actually, temenku nggak tau kalau udara Malang lagi dingin-dinginnya sekarang. Alhasil, dia nggak bawa baju lengan panjang dan jaket yang lebih tebal. Sepanjang perjalanan hanya bisa mengeluh kalau dia kedinginan. Padahal ia juga mau ke Bromo. Kalian tau, kan, sedingin apa di sana apalagi saat subuh?

Hal seperti ini bisa bikin liburan kamu nggak nyaman, kan? Seharusnya kamu nggak perlu mengkhawatirkan rasa dingin, malah jadi kedinginan. Plus bisa bikin sakit, lho!

So, kalau kalian ingin pergi atau traveling ke suatu tempat, jangan lupa untuk survey dan mencari informasi sebanyak-banyaknya, ya! Nggak mau kan liburanmu yang seharusnya seru dan asyik, malah bikin kamu tambah pusing? Atau nggak cek www.pigijo.com, travel planner yang akan membantu perjalanan kamu. Ssstt, banyak promonya juga, lho!

Pict: Pexels

WordPress spam blocked by CleanTalk.