Persiapan Yang Wajib Kamu Perhatikan Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Naik Gunung

1
29

Tentunya, setiap orang punya tujuan masing-masing saat ingin mendaki gunung. Saat ini mendaki gunung menjadi salah satu hal yang digemari kalangan anak muda. Mulai dari menghabiskan waktu liburan atau olahraga. Di Indonesia banyak gunung yang bisa kamu tanjak. Mulai dari Gunung Merbabu, Gunung Sumbing, Gunung Semeru, Gunung Rinjani, dan masih banyak lainnya.

Terlepas dari apapun tujuan kamu, mendaki gunung merupakan salah jenis traveling yang perlu persiapan sangat matang, loh. Apa saja yang harus diperhatikan setelah kamu mendapat izin untuk naik gunung dari orang tua? Check it out!

  1. Mencari Informasi

Informasi tentang destinasi yang kita kunjungi itu sifatnya sangat penting. Kamu bisa cari tahu soal lokasi yang kamu tuju, bagaimana trek pendakiannya, ada berapa jalur untuk menuju puncak, dan sebagainya.

Informasi seperti ini bisa kamu dapatkan di internet atau teman-temanmu yang sudah pernah ke sana. Jangan sungkan untuk bertanya, ya! Biar perjalanan kamu semakin mudah dan lancar.

  1. Cek Perlengkapan

Informasi sudah terkumpul semua, tentunya kamu juga jadi tahu, dong, barang apa saja yang harus dibawa. Agar lebih mudah, kamu bisa bikin catatan di ponsel kamu biar nggak lupa. Barang-barang yang harus kamu persiapkan saat ingin mendaki itu sepatu gunung, tenda, sleeping bag, kompor kecil, serta jangan lupa bawa kantong plastik buat sisa sampah saat kamu mendaki nanti, ya. Kita harus tetap menjaga kebersihan!

  1. Kesehatan dan Kebugaran Tubuh

Mendaki gunung memerlukan fisik yang kuat dan sehat. Jadi saat kamu memutuskan untuk mendaki gunung, apalagi untuk pertama kali, pastikan kamu olahraga teratur sebelum hari H, ya. Salah satunya jogging secara rutin.

  1. Makanan dan Perlengkapan Logistik

Kalau semua sudah siap, perhatikan juga makanan dan minuman serta perlengkapan logistik, nih. Bawa makanan dan minuman seperlunya dan yang mudah kamu makan, ya. Jangan bawa makanan yang bikin kamu repot sendiri hihi.

Jangan lupa juga untuk bawa pakaian ganti yang nyaman untuk mendaki gunung. Hindari pemakaian jeans atau tebal karena bikin kamu susah gerak, lho.

  1. Surat Izin Pendakian (SIMAKSI)

Nah! Ini nggak kalah penting. Kalau semua sudah dipersiapkan dengan matang, jangan lupa untuk mencari dan mendapatkan surat izin pendakian, ya. Surat ini berguna agar identitas dan kegiatan kamu selama mendaki tercatat. Jika ada kejadian dan kamu butuh pertolongan, pengurus dan warga setempat bisa segera menolong kamu. Surat ini juga sebagai salah satu bentuk perjanjian kalau selama mendaki kamu tidak akan merusak alam, guys. Sebelum mandapat simaksi ini, kamu juga akan di-briefing terlebih dahulu agar kamu lebih siap.

Setelah semua siap, nggak ada salahnya kalau kamu bikin itinerary lagi, ya. biar persiapan kamu sebelum mendaki gunung semakin matang. Mulai dari akomodasi kamu ke tujuan, lewat jalur darart, air, atau udara. Kamu bisa klik di sini untuk mengetahui beberapa gunung yang cocok untuk pemula, lho!

Foto: Instagram/@ridwan_mnwr

1 COMMENT

WordPress spam blocked by CleanTalk.