Panta Tiga Warna, Pantai Wajib Kunjung

1
42

Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak pulau dengan beragam destinasi wisata. Salah satu destinasi wisata yang paling diminati adalah pantai. Pantai Indonesia yang memiliki daya tarik bagi wisatawan dalam negeri maupun mancanegara adalah Pantai Tiga Warna Malang. Pantai Tiga Warna terletak di Jl. Sendang Biru, Area Sawah/Kebun, Tambakrejo, Sumbermanjing, Malang, Jawa Timur 65176, Indonesia. Jika berencana berangkat dari Malang akan menempuh perjalanan sekitar 150 km jauhnya. Cukup mengikuti penunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang, Kecamatan Turen, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Pantai Sendang Biru. Akan ada petunjuk arah sesampainya di pertigaan Pantai Sendang Biru, setelah itu ikuti petunjuk  Clungup Mangrove Conservation. Penunjuk itu merupakan arah ke Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai 3 Warna. Jika menggunakan sepeda motor bisa masuk hingga pintu utama pantai clungup. Bagi pengguna kendaraan roda empat harus parkir di depan gang dan berjalan kaki sekitar 1 km hingga ke pos tiket (pusat informasi). Dari pos tiket masuk melanjutkan perjalanan melewati jalan tanah sempit 2 km, naik turun dan pastinya licin saat musim hujan yang dikelilingi pemandangan hutan mangrove menuju Pantai Clungup. Kemudian menuju Pantai Gatra ke arah kiri dengan melewati tegalan kurang lebih 3 km. Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju bukit di sebelah kiri Pantai Gatra, kita akan bertemu dengan Pantai Tiga Warna.

Clungup Mangrove Conservation


Doc. Pribadi Willi Lusiana

Wisata pantai Tiga Warna dapat dikatakan sangat ekonomis bagi para pecinta wisata laut. Tidak perlu mahal-mahal, hanya perlu membayar sebesar Rp.5000 untuk tiket masuk sedangkan biaya guide, sebesar Rp.100.000 per 7-10 orang yang dibayar saat melakukan booking. Selain kawasannya yang indah dan bersih, pantai Tiga Warna juga menawarkan objek wisata snorkling. Kegiatan snorkling di pantai Tiga Warna dilengkapi dengan penyewaan alat yang berkisar 25 ribu per jam. Seperti namanya, keindahan pantai Tiga Warna di dominasi oleh 3 warna air yang berbeda yaitu biru muda, biru tua dan tosca. Keindahan bawah laut yang ditawarkan juga tidak kalah menarik. Terjaganya kawasan Pantai Tiga Warna membuat keadaan bawah laut menjadi bersih sehingga banyak sekali jenis ikan dan terumbu karang yang dapat dilihat saat melakukan kegiatan snorkeling. 

Pantai Tiga Warna

Doc. Pribadi Willi Lusiana

Setelah lelah melakukan kegiatan snorkling, wisatawan akan kembali menikmati pantai Gatra. Pantai Gatra sangatlah berbeda dengan pantai Tiga Warna, dimana pantai Gatra hanya menyuguhi pemandangan batu karang sepanjang pantai. Maka dari itu para wisatawan diharapkan berhati hati jika ingin berenang di pantai Gatra. Ditempat ini para wisatawan dapat  berkemah di sekitaran pantai Gatra, apabila para wisatawan tidak membawa tenda, kawasan Pantai Tiga Warna menyediakan penyewaan tenda di lokasi dengan harga Rp.25.000 permalam dan menambah Rp.25.000 lagi untuk sewa lahan.  

Pantai Gatra


Doc. Pribadi Willi Lusiana 

Keseruan berkunjung ke pantai Tiga Warna juga dapat dirasakan dengan kegiatan tracking yang lumayan jauh. Pemandangan sunset yang indah juga membuat tempat ini menjadi wajib dikunjungi. Destinasi wisata pantai ini merupakan salah satu yang terbaik di Kota Malang. Jadi tunggu apalagi KawanJo, buruan cek website Pigijo trus berangkat!!