Explore Kekayaan Kuliner Kota Santri, Banten

0
9

Indonesia merupakan negara yang kaya akan kulinernya, selain itu di setiap daerahnya mempunyai cita rasa khas yang bakal mengoyang lidah. Salah satu daerah yang perlu kamu coba kulinernya yaitu Banten Kawan Jo, selain memiliki beragam kuliner yang khas lokasinya yang dekat dengan Jakarta menjadi pilihan untuk berwisata kuliner. Berikut beberapa makanan yang wajib kamu coba di daerah Banten.

  1. Pecak Bandeng

Pecak bandeng merupakan makanan kombinasi dari Pecak dan Bandeng, walaupun terkesan sederhana namun rasa pedas dalam Pecak jangan diragukan lagi Kawan Jo. Bagi kamu yang suka atau penasaran makan pecak bandeng, makanan ini hanya ada di Kecamatan Kasemen, desa Sawah Luhur, Provinsi Banten.

  1. Rabeng Banten

source: harnas.co

Rabeng Banten merupakan makanan khas provinsi Banten yang terbuat dari daging kambing, selain itu bahan dasar dari makanan ini juga berasal dari jerohan kambing. Kabarnya makanan ini kesukaan Sultan Maulana Hasanuddin, dan juga makanan itu terinspirasi dari salah satu kota di  Makkah yaitu kota Rabiq sehingga makanan ini sedikit mirip dengan makanan arab.

  1. Sate Bebek Cibeber

source: merahputih.com

Terlihat dari namanya, Sate Bebek ini berasal dari Cibeber Provinsi Banten. Walaupun makanan ini terdengar familiar ditelinga kita, namun makanan yang satu ini punya khas tersendiri lho Kawan Jo.  karena bumbunya sendiri terdiri dari rempah – rempah berbeda dari pada sate biasanya, nah buat kamu yang berkunjung ke Banten wajib nih buta nyobain kuliner yang satu ini.

  1. Laksa Tnggerang

source: viva.co.id

Makanan yang terbuat dari Mie dan Bihun ini tentunya sudah familiar ditelinga kita, sudah bisa ditebak bahwa makanan ini berasal dari kota Tanggerang. Makanan yang dilengkapi dengan suiran ayam, irisan kentang, dan kuah santan ini juga menyajikan Telur rebus. Dengan campuran yang pas, kuliner satu ini dapat mengoyak lidah kita Kawan Jo, untuk menikmati kuliner ini kamu bisa datang ke daerah Babakan Tanggerang ya.

  1. Nasi Sumsum

source: indonesiakaya.com

Selain terkenal dengan Laksanya, Banten juga memiliki makanan khas yang tidak kalah tenarnya yaitu Nasi Sumsum. Nasi Sumsum sendiri terbuat dari nasi dan sumsum tulang belakang kerbau yang telah dibumbui. Cara memasaknya pun cukup unik, yaitu dengan cara menggorengnya, lalu nasi dan sumsum dibungkus dengan daun pisang. Walaupun sudah tergolong susah dicari dan langka Kawan Jo bisa menemukan makanan ini di daerah Pasar Lama, Serang.

Nah gimana Kawan Jo? apa kalian tertarik untuk menyicipi makanan tetangga ibukota?

WordPress spam blocked by CleanTalk.