Mengenal Salah Satu Suku Tertua Di Jawa, Suku Tengger

0
15

Membahas Suku Tengger memang tidak ada habisnya, selain budayanya yang unik upacara adat yang dimilikinya pun beragam. Suku yang tinggal di sekitar Wisata Gunung Bromo, Jawa Timur Indonesia ini menempati sebagian wilayah Kabupaten Pasuruan, Lumajang, Probolinggo, hingga  Malang KawanJo. Orang-orang suku Tengger mayoritas  beragama Hindu taat dan mereka percaya bahwa mereka merupakan keturunan langsung dari Majapahit.

Dalam kegiatan sehari – hari, suku tengger  menggunakan bahasa Jawa. Namun, bahasa suku Tengger sedikit berbeda dengan bahasa Jawa Modern KawanJo, pasalnya bahasa yang digunakna Suku Tengger merupakan turunan dari bahasa kawi dan kalimat kuno, Sehingga bahasa suku tengger ini disebut sebagai bahasa jawa tengger.

source: goodnewsfromindonesia.id

Dalam sistem permasyarakatan suku tengger sangat menjunjung tinggi nilai persamaan dan demokrasi dalam kehidupan bermasyarakat. Seperti keturunan Majapahit lainnya masyarakat suku tengger memiliki hukum sendiri yang berlaku dan harus ditaati oleh semua masyarakat suku tengger, selain itu masyarakat tengger juga menghormati para pemimpin agama dan spiritual seperti dukun dan lainnya.

source: ayokelilingmalang.wordpress.com

Suku Tengger juga punya tarian yang khas lho KawanJo yaitu Tari Ratu Anteng dan Joko Seger biasanya tari ini ditampilkan sebelum acara puncak Kasada Gunung Bromo. Dari seni bangunan sendiri suku tengger dipengaruhi oleh kebudayaan hindu yang tercermin pada wujud pura dan rumah adat. Selain itu banyak upacara adat yang diselenggrakan suku tengger lho Sob, salah satunya Kasada Gunung Bromo yang rutin diselenggarakan setiap setahun sekali. Gimana KawanJo tertarik buat berkunjung ke salah satu suku tertua di Jawa ini?

WordPress spam blocked by CleanTalk.