Mengenang Jejak Sejarah, Wisata Pura Dan Candi di Sekitar Bromo Tengger Semeru

0
6

Pura atau candi merupakan salah satu bangunan yang berasal dari masa kerajaan dan masih eksis hingga sekarang, walaupun telah berusia tua bukti keberadaan sejarah ini tak pernah terlupa. Buktinya candi ataupun pura yang ada di Indonesia menjadi salah satu daya taik wisata tersendiri, tidak hanya Borobudur atau Prambanan. Malang, juga memiliki destinasi candi dan pura yang menarik untuk kamu telusuri.

  1. Pura Luhur Ponten

Source: travel2photograph.wordpress.com

Pura Luhur Ponten merupakan salah satu pura yang berada di tengah – tengah wisata Bromo Tengger Semeru. Pura ini biasanya dijadikan umat Hindu beribadah, selain itu pura ini juga dijadikan ritual Yadya Kasada yang diadakan setahun sekali. Pura yang berdiri pada tahun 2000 ini manjadi manifestasi Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai Sang Pencipta.

  1. Pura Mandhara Giri Semeru Agung

Source: lokalkarya.com

Pura Mandhara Giri Semeru Agung merupakan Pura tertua yang di Indonesia, yang berada di Lumajang, Jawa Timur. Pura ini selalu ramai di setiap akhir pekan maupun pada hari libur, dan pastinya saat hari besar agama Hindu. Biasanya pura  yang juga destinasi wisata ini selalu didatangi wisatawan ataupun umat agama Hindu.

  1. Candi Jago

Source: kekunaanblogspot.com

Nama Candi Jago berasal dari kata Jajaghu yang berarti keagungan, candi yang satu ini berlokasi di Dusun Jago, Desa Tumpang, Tumpang, Malang, Jawa Timur. Candi ini cukup unik lho KawanJo, soalnya bagian atas dari candi ini hanya tersisa sebagian disebabkan tersambar petir. Tidak hanya itu saja, di candi ini kamu juga bisa melihat relief yang menceritakan tentang Parthayajna dan Arjuna Wiwaha.

Nah itulah beberapa destinasi wisata peninggalan sejarah pada masa kerajaan KawanJo, tidak melulu tentang liburan di sekitar Bromo Tengger Semeru ini kamu juga bisa sekalian belajar Jo.

WordPress spam blocked by CleanTalk.