Berkunjung Ke Desa Wisata Kota Istimewa Yogyakarta

0
9

Bagi kamu yang liburan Cuma dirumah aja, yuk jalan – jalan ke Desa Wisata di Yogyakarta. Selain mengedukasi berwisata di Desa Wisata juga membuatmu lebih dekat dengan kebudayaan atau keseharian masyarakat setempat. Dibawah ini ada beberapa rekomendasi Desa Wisata buat yang wajib kamu kunjungi.

  1. Desa Wisata Pundong

Source: jogja.tribunnews.com

Pundong merupakan desa wisata yang berada di wilayah Kabupaten Bantul yang memiliki Desa Bernaa Panjang Rejo. Di Dusun ini merupakan salah satu Dusun penghasil kerajinan Gerabah dan dijadikan mata pencaharian pokok oleh masyarakat setempat. Desa yang satu ini berjarak kurang lebih 25 kilometer dari Pantai Parangtritis, dan tida hanya sebagai penghasil gerabah saja namun juga menyajikan kehidupan masyarakat dan berbagai kesenian tradisional.

  1. Desa Wisata Pucung

Source: kabarkota.com

Desa Wisata Pucung merupakan desa wisata yang dikenal sebagai desa perajin patung primitive,  patung-patung ini bersumber dari pola dan tema tradisional dari berbagai daerah seperti Asmat, Dayak, Aborigin dan sebagainya. Desa yang bertetangga dengan Desa Wisata Kasongan ini memproduksi patung primitive dengan menggunakan bahan kayu mahoni dan jati. Kemudian,  kerajinan ini dikembangkan menjadi ornament benda fungsional seprti meja sudut, tempat lilin, dan lain-lain.

  1. Desa Wisata Kasongan

Source: visitingjogja.com

Desa yang terletak di Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan ini,  berjarak sekitar 6 km dari pusat  kota Yogyakarta. Di desa ini terdapat banyak produk kualitas ekspor yang tersedia ataupun dirpoduksi seperti piring, mangkuk dan guci. Di desa yang sudah lama dikenal masyarakat ini pengunjung bisa berbelanja  juga menikmati secara langsung proses pembuatan keramik.

  1. Desa Wisata Gendeng

Source: rumahkreative.id

Desa Wisata Gendeng merupakan sentra perajin Wayang Kulit yang berada di selatan Kota Yogyakarta. Kerajinan wayang ditempat ini terbuat dari kulit Kambing dan Kerbau pilihan, walaupun pembuatan wayang terhitung rumit namun di desa ini paling tidak terdapat 10 orang perajin yang membuat wayang. Bagi kamu pecinta wayang, kerajinan wayang disini bisa dijadikan Pajangan saja  namun juga bisa diperuntukkan buat kap lampu, kipas, souvenir perkawinan, gantungan kunci bahkan pembatas buku.

  1. Desa Palgading

Source: stylo.grid.id

Di desa Palgading  merupakan sebuah desa wisata yang berada di Ngaglik, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata yang satu merupakan tempat pengrajin tas handmade, bahan tas yang dibuta di desa wisata ini terbuat dari kulit, Pelepah pisang, enceng gondok, bahkan kertas koran hingga kertas semen. Produk tas dari daerah ini sudah menjadi  langganan tetap bagi importer manca negara.

Nah gimana KawanJO? Tertarik untuk datang ke Desa Wisata Di Yogyakarta

WordPress spam blocked by CleanTalk.