Mengulik Beberapa Sajian Budaya di Kota Surga Wisata, Kota 1001 Goa Pacitan

0
19

Pacitan merupakan sebuah kota kecil yang berada di ujung selatan provinsi Jawa Timur, kota yang juga tempat kelahiran presiden ke – 6 Indonesia ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Trenggalek, Kabupaten Wonogiri (Jawa Tengah), dan Samudera Hindia. Kota yang dijuluki Kota 1001 Goa ini memiliki kebudayaan, wisata alam, dan sejarah yang sangat menarik untuk kamu telusuri, karena di kota ini juga terdapat situs manusia purba tertua di Indonesia yaitu Pithecanthropus Erectus. Nah semakin menarik bukan kabupaten yang satu ini? gak hanya itu aja lho KawanJo berikut merupakan beberapa upacara adat atau festival yang bisa kamu hadiri di Kabupaten Pacitan ini.

  1. Gebyar Kethek Ogleng

Source: pacitanku.com

Gebyar Kethek Ogleng merupakan salah satu festival yang berada di Pacitan tepatnya di Monumen Jenderal Soedirman, Kecamatan Nawangan. Kethek ogleng sendiri merupakan sebuah tarian yang gerakannya menirukan tingkah laku monyet yang dalam bahasa Jawa itu Kethek. Tarian yang satu ini juga menceritakan tentang Kisah Cinta Desi Sekartaji dan Panji Asmorobangun lho KawanJo, acara yang satu ini dilaksanakan setahun sekali dan biasanya pada bulan Oktober, nah bagi kamu yang penasaran sama tarian yang satu ini kamu bisa menyaksikan dan datang pada tahun depan KawanJo.

  1. Festival Rontek

Source: travelingyuk.com

Selanjutnya ada Festival Rontek, festival yang satu ini merupakan sebuah pagelaran yang diadakan yang menjadi sebuah wadah penyatuan budaya wisata di Pacitan. Festival ini biasaya diikuti oelh semua kecamatan yang ada di Pacitan, dan acara yang satu ini merupakan festival terbesar yang ada di Pacitan lho KawanJo. Tidak seperti festival yang lainnya, yang membuat festival yang satu ini unik yaitu karena irama musik yang digunakan berasal dari sebuah kentongan dan festival ini pun biasanya dilaksanakan lebih dari 2 hari. Tak hanya itu KawanJo, festival yang biasanya dilaksanakan pada malam hari ini berlokasi di Kota Pacitan, jadi buat kamu yang ingin menikmati festivalnyang satu ini tak perlu repot. Untuk tanggal pelaksanaan biasanya dilaksankan pada akhhir Agustus KawanJo, karena juga bertujuan untuk merayakan kemerdekaan Indonesia, namun sayangnya untuk tahun ini acaranya sudah berlangsung KawanJo, tapi jangan khawatir kamu masih bisa menikmati festival yang satu ini tahun depan.

  1. Tetaken

Source: bhinekamedia.blogspot.com

Tetaken merupakan sebuah upacara adat yang dilaksanakan di lereng Gunung Limo dan bertujuan untuk sedekah bumi. Upacara adat yang satu ini biasanya dilaksanakan pada 15 Muharam pada kalender islam KawanJo, Tetaken sendiri merupakan acara menyambut Pertapa dan sang murid yang sebelumnya telah bertapa di Gunung Limo KawanJo. Acara ini sangat kental sekali dengan nuansa adat dan religi, uniknya lagi sang pertapa dan muridnya menggunakan pakaian adat Jawa lho KawanJo.

  1. Upacara Adat Ceprotan

Source: pacitanku.com

Ceprotan merupakan sebuah upacara adat yang diadakan khas hanya ada di Kabupaten Pacitan saja KawanJo lebih tepatnya di Desa Sekar Kecamatan Donorojo. Biasanya acara yang satu ini dilaksanakan pada bula Dzulhijah atau dalam kalender Jawa di bulan Longkang, danuntuk harinya biasanya dilaksanakan pada hari Senin Kliwon. Upacara ini konon berdasarkan kisah Dewi Sekartaji dan Panji Asmorobangun yang menjadi asal usul nama desa sekar dan Upacara Ceprotan ini KawanJo. Ceprotan sendiri merupakan acara lempar melempar kelapa yang telah direndam dalam air selama beberapa hari agar saat dilempar mudah pecah dan tidak keras lagi.

  1. Upacara Adat Jangkrik Genggong

Source: alipz33.xtgem.com

Upacara Adat Jangkrik Genggong merupakan acara yang dilakukan untuk anak laki – laki sebagai tanda bahwa anak tersebut telah beranjak dewasa. Upacara yang dilaksanakan di  Dusun Tawang, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Pacitani ini biasanya dilaksanakan pada hari Selasa Kliwon pada bulan Dzulhijah. Ada beberapa kegiatan menarik yang bisa kamu ikuti dan hadiri di upacara yang satu ini KawanJo.

Nah itulah beberapa upacara adat atau festival yang bisa kamu hadiri di Kabupaten kecil nan indah satu ini KawanJo, jangan lupa untuk klik www.pigijo.com untuk memilih trip menarik ke kabupaten Pacitan ya Jo!

WordPress spam blocked by CleanTalk.